Tips Praktis Dan Efektif Cegah Anak Merokok

Tips Praktis Dan Efektif Cegah Anak Merokok

Pergaulan anak sekarang memang sangat bebas. semuanya bisa didapatkan dengan mudah. Sekarang melihat anak merokok, seks, alkohol dan lainnya sangat mudah ditemui. Peran orang tua sangat penting. Orang tua sudah tidak bisa mendidik anak-anak dengan cara yang lama. Orang tua harus bisa mengikuti perkembangan zaman sekarang. Salah satu hal yang harus Anda ajarkan ke anak-anak adalah kebiasaan merokok. Anda harus cegah anak merokok. Pasti Anda semua sudah tahu kalau merokok tidak baik untuk kesehatan. Saat ini sangat mudah mendapatkan rokok di pasaran. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anak Anda merokok. Cegah anak merokok harus dilakukan dengan benar supaya anak-anak tidak terjun ke pergaulan bebas.

Berikan Contoh Yang Baik

Salah satu cara cegah anak merokok adalah dengan selalu memberikan contoh yang baik. Jika Anda ingin anak Anda selalu bersikap baik, Anda harus selalu mencontohkan hal-hal yang baik. Anak-anak selalu mencontoh atau meniru orang dewasa. Dalam ilmu psikologi anak-anak seperti spon yang sangat mudah menyerap apapun. jika Anda ingin anak Anda merokok, Anda juga tidak boleh merokok. Jika pun Anda merokok, jangan pernah merokok di depan anak Anda. Ketika anak-anak melihat Anda merokok, mereka pasti akan bertanya. Mereka juga bisa mencobanya secara diam-diam ketika tidak diketahui oleh Anda.

Komunikasi Yang Baik

Komunikasi selalu menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan orang tua dan anak. Banyak konflik antara orang tua dan anak karena kurangnya komunikasi yang baik. Untuk cegah anak merokok, Anda harus selalu menjalin hubungan yang baik dengan anak Anda. Jadilah orang tua yang hanya bisa menuntut anaknya saja, tetapi juga bisa menjadi seorang sahabat yang mendengar keluh kesahnya. Anak-anak yang masuk masa remaja, sangatlah rawan terhadap pergaulan bebas. Jangan jadi orang tua yang membebaskan anaknya atau terlalu ketat kepada anak-anak. Jadilah orang tua yang tegas tapi tetap memberikan kebebasan yang baik. Jika anak-anak terlalu dibebaskan, mereka merasa tidak dipedulikan sehingga akan melakukan hal seenaknya. Begitu juga ketika Anda terlalu ketat, mereka mungkin akan baik di rumah atau ketika ada Anda. tetapi ketika di luar rumah dia bisa menjadi brutal.

Beri Pengetahuan Tentang Rokok

Melarang bukan berarti anak-anak tidak boleh tahu apapun tentang rokok. Hal yang terbaik untuk cegah anak merokok adalah dengan cara memberi pengetahuan tentang rokok. Di Indonesia merokok menjadi hal yang biasa. Dimana-mana bisa kita temukan orang merokok dengan bebas. Bagi anak-anak yang masuk masa remaja mereka pasti akan penasaran dengan rokok. Apalagi di masyarakat umum, banyak yang bilang kalau tidak merokok tidak gaul. Diskusikan dan beri tahu mengenai bahaya merokok, kerugian merokok dan masih banyak lainnya. sehingga mereka tahu mana yang baik dan benar. Daripada mereka penasaran dan mencobanya sendiri di luar sana. Lebih baik Anda beri tahu dengan cara yang baik kepada anak Anda.

Lakukan Pengawasan Dengan Baik

Kenakalan remaja terjadi karena kurangnya pengawasan yang baik dari orang tua. Orang tua yang terlalu sibuk bekerja akan membuat waktu bersama anak-anak dan pengawasan yang kurang. Sehingga anak-anak mencari kebahagiaan lain di luar sana. Untuk cegah anak merokok Anda harus melakukan pengawasan dengan baik. Jangan memberikan pengawasan yang terlalu ketat. Ketika anak-anak mendapatkan pengawasan yang terlalu ketat, membuat mereka ingin membangkang atau menentang semua peraturan. Jadi Anda hanya perlu melakukan pengawasan yang biasa saja. Tidak terlalu ketat dan tidak terlalu membebaskan. Anda harus bisa mengatur dimana Anda memberikan pengawasan dan dimana Anda membebaskan anak Anda.

Lingkungan Dan Pergaulan

Cegah anak merokok memang tidak mudah melihat pergaulan anak sekarang yang sangat bebas. Masalah lingkungan dan pergaulan merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah pergaulan bebas. walaupun Anda sudah mendidik anak Anda dengan baik di rumah. Tetapi pergaulan atau lingkungan di sekolah tidak baik. Anak-anak tetap bisa menirunya. Oleh karena itu selalu perhatikan lingkungan dan pergaulan anak Anda. Lakukan diskusi dengan baik. Jangan mengatakan tidak boleh seolah Anda diktator yang melarang. Tetapi beri nasehat dengan benar dan baik. Selalu perhatikan siapa saja yang berteman dengan anak Anda.

Tanamkan rasa percaya diri kepada anak Anda. Selalu ajarkan hal-hal yang baik. Ketika anak Anda bertanya tentang rokok, Anda harus bisa menjawabnya dengan baik. Tak perlu terlalu dipaksakan, tetapi beri penjelasan dengan baik. Seringlah ajak anak Anda diskusi tentang rokok. Ini akan membuat dia semakin tahu bahayanya merokok. Yang paling penting, Anda juga jangan merokok. Itulah beberapa cara cegah anak merokok. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.