Tips Penting Untuk Menjaga Kesehatan Saat Menstruasi

Tips Penting Untuk Menjaga Kesehatan Saat Menstruasi

Perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi memang membuat wanita mengalami banyak masalah. Tidak hanya gangguan fisik saja melainkan juga gangguan secara mental. Mengingat hal ini tentunya sudah sepantasnya bagi kaum wanita untuk menjaga kesehatan saat menstruasi. Baik kesehatan fisik, mental dan juga organ intim kewanitaan. Nah berikut in kami berikan tips untuk mengatasi berbagai masalah saat menstruasi.

Tips Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental Saat Menstruasi

Saat menstruasi kadang kadang tubuh terasa penat, mudah lelah dan mengalami banyak gangguan fisik. Misalnya ada yang mengalami nyeri pada perut, sakit pinggang dan masalah lain. Nah untuk menjaga kesehatan saat menstruasi anda perlu sedikit rileks dengan semua kegiatan anda. Mandi air hangat bisa menjadi terapi yang sangat mudah untuk dilakukan. Mandi air hangat memiliki dampak menyegarkan syaraf syaraf tubuh yang tegang. Hal ini bisa mengusir penat dan juga membuat kegiatan mandi semakin bersih.

Ketika sedang menstruasi, bukan berarti anda tidak boleh melakukan kegiatan fisik. Justru untuk menjaga kesehatan saat menstruasi anda perlu sedikit berolahraga. Nyeri saat menstruasi bukan menjadi halangan untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan santai saat pagi hari. Hal ini justru bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan nyaman. Selain itu, anda juga bisa melakukan yoga. Kegiatan yoga bisa dilakukan didalam rumah sehingga nada tak perlu repot keluar rumah. carilah gerakan yoga yang bisa meredakan nyeri haid dan menjaga kesehatan tubuh secara komprehensif saat sedang menstruasi.

Selain beraktifitas ringan seperti beroleh raga, untuk menjaga kesehatan saat menstruasi anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti menghindari daging yang berwarna merah. Mengapa ? ternyata mengkonsumsi daging yang berwarna merah sata hadi mampu memicu nyeri dan pendarahan yang berlebihan sehingga sebaiknya jangan mengkonsumsi daging tersebut saat sedang menstruasi. Selain daging yang berwarna merah, jenis bahan makanan yang perlu dihindari saat menstruasi adalah garam. Kurangi konsumsi garam saat menstruasi. Hal ini penting sekali dilakukan mengingat saat menstruasi sering mengalami perut kembung karena kekurangan cairan. Nah garam bisa mengakibatkan tubuh mudah kembung. Sehingga anda perlu sedikit mengkonsumsi garam agar tidak kembung dan tidak kekurangan cairan.

Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Saat Menstruasi

Menjaga kesehatan organ intim saat menstruasi wajib dilakukan. Saat menstruasi kesehatan organ intim harus diperhatikan. Terutama saat mencuci daerah kelamin. Saat menstruasi pastikan anda membersihkan daerah organ intim dengan bersih. Ganti pembalut secara rutin dan beberapa kali dalam sehari. Basuhlah alat kelamin dengan benar. Caranya dari arah depan ke belakang. Jangan sampai terbalik dari belakang ke depan karena bisa menyebabkan bakteri justru menyebar. Kegiatan membasuh organ intim seperti ini sangat penting guna menjaga kesehatan saat menstruasi.

Saat menggunakan pembalut anda juga harus cermat. Pilih pembalut yang paling pas dan nyaman ketika digunakan. Perhatikan anjuran atau pemberitahuan dari kementrian kesehatan mengenai jenis pembalut yang baik untuk digunakan. Pilihlah pembalut dengan daya serap yang bagus dan merek yang legal dan terdaftar. Saat menarik pembalut dari celana dalam perhatikan alurnya, yaitu dari atas ke bawah. Buanglah pembalut dengan plastik sampah atau koran sebelum dibuang ketempat sampah. Jangan lupa cuci tangan saat menggunakan pembalut yang baru. Hal semacam ini patut diperhatikan agar kesehatan saat menstruasi pada organ genital tetap terjaga.

Guna menjaga kesehatan saat menstruasi, memilih pakaian juga perlu diperhatikan. Tidak hanya pakaian dalam namun juga pakaian luar. Pakailah celana atau rok yang longgar sehingga area genital bisa bernapas dengan leluasa. Hindari pakaian yang menyulitkan sirkulasi udara atau terlalu ketat atau terlalu panas. Pakailah bawahan dari bahan katun yang longgar sehingga area genital tetap kering dan nyaman. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah lecet atau ruam yang ditimbulkan saat menggunakan pembalut. Hal ini mungkin banyak dialami oleh wanita. Lecet atau ruam ini karena infeksi akibat pinggir pembalut. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan lebih sering mengganti pembalut agar kondisi kulit tetap kering dan bersih. Selain itu anda bisa menggunakan antiseptic atau salep untuk mengatasi lecet atau ruam yang di derita.