Tips Paling Manjur Menjaga Kesehatan Kuping

Tips Paling Manjur Menjaga Kesehatan Kuping

Kuping atau telinga merupakan salah satu organ tubuh yang cukup sensitif terhadap penyakit. Kuping adalah salah satu panca indera pada manusia dimana memiliki peran penting yaitu untuk mendengarkan suara apa saja dimana saja dan kapan saja. Karena itulah sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan kuping agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang. Menjaga kesehatan kuping bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti membersihkan menggunakan cotton bud atau ear candle. Disamping itu juga perlu didukung dengan nutrisi tinggi. Akan sangat fatal sekali jika seseorang tidak mampu mendengar dan menjadi tuna rungu sehingga harus menggunakan bahasa isyarat untuk bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Langkah apa saja yang bisa kita lakukan? Simak berikut ini.

Membersihkan Kuping

Membersihkan kuping menjadi kegiatan wajib dalam rangka menjaga kesehatan kuping kita. Melakukan pembersihan kuping bisa dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya menggunakan cotton bud. Cotton bud merupakan alat pembersih telinga berbentuk kecil yang terbuat dari komposisi lidi plastik yang dibungkus kapas pada bagian ujungnya.Cara penggunaan cotton bud ini cukup mudah, cukup memasukkan kedalam telinga kita pelan-pelan saja dan jangan terlalu dalam. Jika sudah didalam bisa dilakukan putaran perlahan-lahan agar tidak menyakiti telinga.

Menjaga kesehatan kuping dengan membersihkan kuping menggunakan ear candle yang mana merupakan alat pembersih telinga berbahan lilin yang bentuknya berongga dan mengerucut. Alat ini menjadi alat tradisional dari india yang dipercaya efektif untuk membersihkan kotoran didalam telinga. Cara kerja alat ini cukup unik yaitu dengan memasukkan ujung yang berkerucut ke dalam telinga namun jangan terlalu dalam kemudian bagian atasnya dibakar dan ditunggu selang beberapa menit, hal ini harus dilakukan dengan tiduran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lilin ear candle lama kelamaan akan habis seperti lilin, jika sudah pada batas yang ditentukan di ear candle-nya bisa langsung dilepas dan dibuka pelan-pelan, maka akan terlihat kotoran didalam telinga menempel pada alat pembersih telinga tersebut. Hal ini dikarenakan saat terjadinya pembakaran lilin tersebut kotoran dalam telinga akan terangkat dari pengasapannya. Metode ini sudah banyak diterapkan di salon-salon kecantikan dan menjadi alternatif yang tepat untuk menjaga kesehatan kuping kita. Ear candle juga bisa dilakukan sendiri karena alat tersebut sudah beredar di pasaran.

Memeriksakan Kuping

Memeriksa telinga menjadi bagian penting juga dalam kehidupan menjaga kesehatan kuping apalagi jika seseorang sudah mengalami gangguan pendengaran. Meski tidak harus dilakukan rutin paling tidak sebulan sekali kita perlu untuk mengontrol kesehatan kedua telinga untuk mengetahui sampai seberapa tingkat sehatnya telinga sekaligus bisa mengecek jika terjadi gangguan pada telinga kecuali memang sudah mendapatkan resep dokter untuk selalu kontrol telinga karena adanya penyakit telinga yang dideritanya.

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Menjaga kesehatan kuping juga perlu dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayur-sayuran maupun buah-buahan yang mengandung kalium tinggi seperti kentang, bayam dan yoghurt. Selain itu telinga juga membutuhkan kandungan folat seperti buah melon, strawberry dan juga telur. Telinga juga memerlukan magnesium yang akan melindungi telinga dari radikal bebas, magnesium terdapat di buah pisang dan juga sayur brokoli. Zat lainnya seperti seng yang terdapat di kacang mete, cokelat, almond akan membantu dalam pencegahan infeksi di telinga. Vitamin D dan vitamin B12 juga penting untuk tetap menjaga kualitas kemampuan pendengaran kedua telinga kita.