Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Baik Dan Benar

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Baik Dan Benar

Menjaga kesehatan gigi merupakan sebuah hal yang penting bagi kita. Bahkan tidak hanya kesehatan gigi saja, semua kesehatan pada setiap badan kita harus diperhatikan dengan baik. sebab setiap bagian dari tubuh kita ini memiliki peranan serta fungsinya masing-masing. Perawatan gigi dengan baik, tentunya akan mencegah kita terserang sakit gigi. Dimana sakit gigi itu sendiri memiliki rasa yang begitu menyiksa dan membuat kita tidak enak makan. Merawat kesehatan gigi sangat penting agar gigi selalu bersih, sehat dan mulut menjadi tidak bau. Mungkin anda merasa sudah menyikat gigi setiap hari namun kenapa masih bisa terserang sakit gigi? Bila ini terjadi pada anda, sebaiknya anda memperhatikan sedikit ulasan ini.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Tips cara menjaga kesehatan gigi ini tidak hanya dengan menggosok gigi dua kali sehari saja. Ada beberapa hal lain yang sebaiknya anda perhatikan juga dalam menjaga kesehatan gigi agar senantiasa sehat, berikut ini tipsnya.

  1. Jangan Terlalu Sering

Terlalu sering menggosok gigi ternyata tidak baik juga bagi gigi anda. Aturan 2 hingga 3 kali sehari ini merupakan jumlah yang ideal untuk merawat kesehatan gigi. Bila anda menyikat gigi lebih dari 3 kali sehari, ini justru akan merusak email gigi dan berbahaya bagi gusi.

  1. Jadikan Kebiasaan

Jadikan menyikat gigi sebagai kebiasaan yang bersifat wajib setelah makan, atau paling tidak pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

  1. Hindari Menyikat Dengan Cepat

Berikan paling tidak 30 detik untuk menyikat setiap deret gigi yakni samping kanan, kiri dan depan gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi sangatlah perlu menghilangkan setiap sisa makanan yang menempel disela gigi. Bila kita menyikat dengan cepat, kemungkinan besar masih ada sisa makanan disela gigi yang siap menjadi sarang kuman atau bakteri penyebab sakit gigi dan gigi berlubang.

  1. Jangan Terlalu Keras

Gigi memiliki banyak sekali sela-sela gigi yang mampu menjadikan sarang bakteri dan kuman. Terkadang kita berfikir dengan menyikat gigi secara keras akan menghilangkan bakteri dan kuman dalam mulut. Namun ternyata menjaga kesehatan gigi seperti ini justru akan merusak gigi dan membahayakan gusi. Agar kita dapat mengatur keras tidaknya menyikat gigi, peganglah sikat gigi dengan posisi seperti memegang pensil, bukan seperti memegang pel.

  1. Dengan Teknik Yang Benar

Teknik menyikat gigi dengan benar, dapat menjadi penentu kebersihan gigi. Peganglah sikat gigi dengan baik pada sudut 45 derajat dari gusi kita. Kemudian gerakkan secara lembut dan perlahan dan tidak terlalu keras di setiap sisi gigi. Menyikat gigi bagian depan kita dapat menggerakkan sikat secara berulang dari atas kebawah, dan jangan melewatkan bagian belakangnya. Sedangkan bagian sisi kanan dan kiri, gunakan gerakan membulat di setiap sisi luar gigi. Jangan lupa juga bagian dalam gigi dengan gerakan maju mundur berulang kali.

  1. Membersihkan Bagian Lain Mulut

Menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi saja saya rasa belum begitu efektif, karena mulut menjadi sumber utama masuknya sesuatu dan sangat berpotensi menjadi sarang kuman atau bakteri. Cara merawat kesehatan gigi ini dengan membersihkan bagian lidah dan bagian sisi dalam pipi kita. tentunya dengan cara yang lembut dan juga teratur.

Itulah tadi sedikit tips mudah menjaga kesehatan gigi dengan baik dan benar. Semua anggota badan dalam tubuh kita memang sebaiknya kita jaga dengan baik. Seperti halnya gigi yang harus kita jaga, menjaga gigi agar selalu bersih dapat membuat kita tidak sakit gigi serta menghindari bau mulut yang tidak sedap. Jadi jangan lupa untuk menyikat gigi dengan baik setiap hari ya.