Tips Menyehatkan Dalam Bekerja Shift Malam

Tips Menyehatkan Dalam Bekerja Shift Malam

Bagi anda yang bekerja pada waktu malam atau shift malam, penting kiranya untuk menyimak artikel ini. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips menjaga kesehatan dalam bekerja shift malam. Berbagai resiko lebih besar terjadi pada pekerja shift malam ketimbang mereka yang bekerja dengan jam normal. Pasalnya melakukan aktifitas kerja yang melawan siklus tidur alami bisa mengakibatkan gangguan tidur atau kelelahan yang cukup kronis. Selain itu hal ini dapat menurunkan refleks tubuh dan kemampuan kognitif seseorang. Menjaga kesehatan dalam bekerja shift penting dilakukan karena pekerja shift malam mempunyai resiko lebih besar untuk terserang penyakit. Tidak hanya itu saja, para pekerja malam cenderung mempunyai sistem imun yang lemah. Hingga akhirnya mereka rentan terserang penyakit.

Meskipun mempunyai resiko tentu anda tidak langsung memutuskan untuk berhenti kerja karena ada kebutuhan yang harus anda penuhi. Pekerjaan merupakan aktifitas rutin yang sulit untuk dihindari. Namun anda tidak perlu cemas jika pekerjaan anda menuntut untuk masuk malam. Beberapa cara berikut dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit dan menjaga kesehatan dalam bekerja.

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Pekerja Shift Malam

Agar anda bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan, tentu yang pertama dilakukan adalah konsumsi makanan sehat. Untuk menjaga sistem imun, para pekerja malam dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tinggi. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah segar yang mengandung antioksidan dan serat tinggi. Selain itu perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga kesehatan dalam bekerja. Air putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Bekerja malam hari selain mengurangi energi ternyata juga mengurangi air dalam tubuh.

Faktanya, para pekerja shift malam cenderung lebih banyak minum kopi dibanding minum air putih. Mengingat jika bekerja di malam hari tentu seseorang akan mengalami rasa kantuk. Maka untuk mengatasi hal tersebut mereka akan menyeruput secangkir kopi supaya rasa kantuk menghilang. Sebenarnya boleh saja konsumsi kafein asalkan takarannya tidak berlebihan. Untuk menjaga kesehatan dalam bekerja baiknya anda cukup minum secangkir kopi, jika lebih dari itu maka anda akan mengalami dehidrasi. Lebih parahnya anda akan mengalami susah tidur pada siang harinya. Selain kopi hindari pula konsumsi minuman berenergi untuk menjaga kondisi tubuh.

Sebagai pekerja malam anda dituntut untuk bisa mengontrol asupan gula dalam tubuh. Konsumsi gula berlebih akan memicu kenaikan berat badan. Jadi tubuh anda akan mudah gemuk dan beresiko lebih untuk terserang penyakit diabetes. Selain gula hindari juga konsumsi makanan berminyak karena akan memicu kolesterol tinggi dalam tubuh. Memang makanan berminyak sering dijadikan cemilan pengganjal rasa kantuk. Tapi ada baiknya snack tersebut anda ganti dengan makanan yang lebih bergizi untuk tetap menjaga kesehatan dalam bekerja. Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur agar tubuh tetap bugar. Meskipun anda pekerja shift malam, bukan berarti hal tersebut menjadi alasan tidak berolahraga. Sedikitnya anda bisa melakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

Jika seseorang bekerja dengan shift maka ketika tidak sedang melakukan pekerjaan malam usahakan untuk tidur normal. Pastikan anda mengganti waktu tidur anda setelah usai bekerja. Selain itu usahakan selalu mengatur pencahayaan yang masuk ruang istirahat agar tidak terlalu terang. Demikian tadi beberapa tips menjaga kesehatan dalam bekerja shift malam. Selain cara tersebut anda bisa juga mengkonsumsi multivitamin namun sebelumnya harus berkonsultasi dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat.