Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Tips Menjaga Kesehatan Rambut

 

Menjaga kesehatan rambut sangat penting bagi wanita. Untuk menjaga kesehatan rambut anda membutuhkan cara yang tepat agar tidak salah dan membuat rambut justru rusak. Merawat kesehatan rambut, bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan anda bisa memanfaatkan bahan bahan alami yang ada disekitar anda. Nah bagaimana cara merawat rambut dengan mudah dan alami? simak artikel dibawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Rambut Secara Alami

Untuk menjaga kesehatan rambut secara alami, anda bisa melakukannya dengan menggunakan bahan bahan alami. Berikut ini ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan. Pertama, jus daun seledri. Seledri memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan rambut. Nah cara merawat rambut dengan jus seledri sangatlah mudah. Caranya, buatlah jus seledri kemudian diamkan semalaman. Selanjutnya keesokan harinya oleskan jus tersebut keseluruh bagian rambut secara merata. Diamkan hingga satu menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.

Merawat kesehatan rambut juga dapat dilakukan dengan menggunakan lidah buaya dan alpukat. Kedua jenis buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk rambut. Lidah buaya dan alpukat bisa digunakan untuk shampo yang bisa digunakan sehari hari. Selain itu, anda juga bisa menggunakan lidah buaya dan alpukat untuk membuat masker rambut. Caranya sangatlah mudah. Ambil daging lidah buaya dan alpukat, kemudian dihancurkan atau di blender. Selanjutnya setelah tercampur rata, oleskan kerambut anda. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih layaknya keramas. Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan hal ini seminggu dua atau tiga kali.

Pernah mendengar labu untuk merawat kesehatan rambut ? jangan salah, labu botol yang berwarna hijau sangat baik lho untuk menjaga kesehatan rambut secara alami. Labu botol bisa anda gunakan sebagai nutrisi untuk menyehatkan rambut. Cara aplikasinya juga sangat mudah. Cara menggunakannya, buatlah jus labu botol kemudian oleskan keseluruh bagian rambut. Diamkan hingga jus labu tersebut meresap kedalam kulit kepala. Diamkan hingga 30 menit. Setelah 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa menggunakan jus labu botol ini sebagai shampo untuk menguatkan rambut.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Saat Dirumah

Menjaga kesehatan rambut selain menggunakan bahan bahan alami yang telah disebutkan diatas, juga perlu memperhatikan kebiasaan kita saat dirumah. Ada beberapa kebiasaan kita sehari hari yang ternyata mempengaruhi kondisi rambut kita. Misalnya adalah kebiasaan menyisir rambut. Kegiatan ini tentu sering kita lakukan. Nah sebenarnya ada teknik khusus yang dapat dilakukan agar kegiatan menyisir rambut tidak membuat rambut mudah rontok. Perhatikan saat menyisir rambut, sisirlah dari bagian bawah rambut terlebih dahulu kemudian bagian atas. Hal ini penting dilakukan guna mengurangi terjadinya kerontokan rambut akibat rambut yang kusut. Nah tahukah anda bahwa sisir plastik juga bisa menghantarkan arus listrik statis. Hati-hati, hal ini justru bisa membuat rambut anda rusak. Oleh karena itu hindari sisir dengan gigi plastik.

Rambut juga perlu anda perhatikan. Jika anda melihat rambut sudah mulai banyak yang bercabang, kering dan Nampak kusut tidak menarik, sudah saatnya anda untuk segera merawat rambut. Kesehatan rambut bisa dilihat dari kondisi fisik rambut. Oleh karena itu rapikan rambut terutama pada bagian yang bercabang tersebut dengan rutin. Misal anda perlu merapikan rambut paling tidak tiga bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan agar rambut anda tetap terjaga kondisi dan bentuknya. Saat beraktifitas diluar ruangan, sebaiknya anda juga menggunakan pelembab atau serum rambut yang mengandung keratin. Hal ini naik untuk menjaga agar rambut tidak rusak oleh paparan sinar uv.

Menjaga kesehatan rambut tak lepas pula dari kegiatan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat akan membuat tubuh termasuk rambut juga diberi nutrisi yang sehat. Dengan nutrisi yang sehat tentunya akan menyuplai kebutuhan makanan semua organ dan sel tubuh dengan bahan yang sehat pula. Oleh karena itu perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayuran dan juga perbanyak minum air putih. Penting sekali untuk mengkonsumsi buah atau sayur yang baik untuk kesehatan rambut seperti lemon, jeruk, dan buah-buahan lainnya.