Tips Mengembalikan Kemesraan Bagi Pasangan Suami Istri

Tips Mengembalikan Kemesraan Bagi Pasangan Suami Istri

Seiring bertambahnya usia pernikahan, kebosanan dalam hubungan bisa saja terjadi. Ini merupakan masalah bagi banyak pasangan suami istri. Gairah seks akan menurun secara perlahan dan anda tidak bisa lagi merasakan kehangatan di atas ranjang. Ini bisa menjadi faktor pemicu cekcok di dalam rumah tangga, bisa juga terjadi akibat hubungan yang tidak harmonis. Jika anda sedang berada di fase ini, maka segeralah mencari solusi. Jangan biarkan masalah berlarut-larut sebab ini bisa membesar.

Bahkan tak jarang ketidakhangatan di ranjang membuat pasangan memutuskan untuk berpisah. Memang terdengar berlebihan jika suami istri memutuskan berpisah karena tidak ada kehangatan, tapi seks adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Jadi meski terdengar aneh, hal ini bisa saja terjadi. Jika anda dan pasangan sedang perang dingin, jangan menunggu hingga salah satu memecah kebuntuan. Anda perlu berinisiatif untuk berkomunikasi dan mencairkan suasana. Setiap masalah bisa diperbincangkan, jadi jangan ragu untuk berbicara kepadanya setiap kali menemukan masalah. Berikut ini tips mengembalikan kemesraan bagi pasangan suami istri:

Luangkan waktu bersama

Komunikasi bisa terganggu akibat suami istri sibuk dengan urusan masing-masing. Tidak ada yang melarang jika istri ingin mencari pekerjaan demi mencukupi kebutuhan rumah tangga. Tapi bukan berarti anda bisa lupa dengan tugas utama sebagai seorang istri. Suami adalah kepala rumah tangga yang biasanya bekerja untuk mencari nafkah. Tapi jika istri melakukan hal yang sama, setidaknya jangan lupa bahwa anda adalah seorang istri. Tugas istri adalah melayani suami. Jika timbul permasalahan, segera bicarakan.

Ini sangat membantu dalam mencari solusi. Perang dingin hanya akan membuat semuanya serba rumit. Turunkan ego dan mau mengalah demi keutuhan rumah tangga. Kapan terakhir kali anda ngobrol berdekatan bersama pasangan? Perbincangan di atas ranjang sebelum tidur tidak masuk hitungan. Ngobrol berdekatan maksudnya waktu dimana anda menghabiskan waktu yang lama untuk berbicara dan lebih mengenal watak pasangan.

Anda bisa berlibur di rumah atau pergi ke tempat-tempat romantis yang sering didatangi dulu. Ini akan membangkitkan semua memori yang berkesan. Bahkan kalau perlu, lakukan honeymoon kedua. Kegiatan ini tidak harus dilakukan berulang-ulang, tapi kalau tujuannya adalah merekatkan hubungan, mengapa tidak? Atau jika terbentur masalah pekerjaan, setidaknya pulang lebih awal dan rencanakan dinner romantis. Intinya berikan waktu yang lebih bagi pasangan untuk saling melengkapi diantara keduanya.

Lupakan kesalahan

Terkang sulit untuk melupakan kesalahan orang terutama jika ia adalah orang terdekat. Tapi anda harus ingat bahwa menjadi orang pemaaf adalah kunci hidup bahagia. Tidak peduli seberapa besar kesalahan yang pernah diperbuat, belajarlah memaafkan. Jika anda sudah mampu memaafkan secara tulus, maka masalah di masa lalu akan pergi dari ingatan anda. Bekas memorinya mungkin masih ada, tapi setidaknya kalian berdua tidak akan terbelenggu oleh masalah tersebut dalam jangka waktu lama. Jangan juga mengungkit masalah jika tidak perlu sebab ini bisa memantik api kemarahan dan membuat hubungan kembali memanas.

Berbicara dari hati ke hati

Mata adalah jendela hati. Jika pandangan anda lain-lain saat berbicara, itu artinya anda tidak serius mendengarkan. Hilangnya keintiman adalah masalah yang serius, jadi perlu disikapi secara serius. Awalnya akan terasa aneh jika anda tidak terbiasa berbicara dari hati ke hati dengannya, tapi lama-lama akan terbiasa. Cobalah untuk memandangnya secara langsung sebab kita jadi lebih mudah memahami isi hati pasangan jika berbicara sambil menatap.

Curhat ke ahli

Ada orang-orang yang punya keahlian khusus dalam merekatkan kembali hubungan rumah tangga. Cobalah berbicara dengan pakar seks soal masalah yang sedang dihadapi. Ia akan membantu mencarikan solusi untuk semua permasalahan yang ada. Tapi anda juga harus mau mendengarkan dan menjalankan tips-tips yang diberikan. Jika tetap berkeras hati dan tidak mau berubah, maka curhat ke pakar pun tidak akan membantu. Itu tadi tips mengembalikan kemesraan bagi pasangan suami istri.