Tips Ampuh Berhenti Merokok Yang Mudah

Tips Ampuh Berhenti Merokok Yang Mudah

Bagi orang yang sudah terlanjur merokok, pasti kesulitan untuk berhenti. Tetapi Anda tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk berhenti merokok. Kebiasaan merokok bisa menganggu kesehatan tubuh. Rokok mengandung nikotin yang sangat tinggi. Nikotin bisa mengakibatkan kanker paru-paru. Orang-orang yang mengisap asapnya saja pun bisa beresiko terkena kanker paru-paru. Oleh karena itu sebelum terlambat lebih baik, Anda segera melakukan cara-cara untuk tidak merokok lagi. Yang paling penting Anda harus yakin dan disiplin. Berikut ini beberapa cara alami dan mudah yang bisa Anda lakukan, supaya bisa menghilangkan kebiasaan merokok. Berhenti merokok akan memberikan manfaat yang sangat banyak sekali untuk Anda. Oleh karena itu Anda harus disiplin dengan diri Anda sendiri.

 

Perbanyak Aktivitas Fisik

Dengan memperbanyak aktivitas fisik, dapat membantu Anda berhenti merokok. Perbanyak aktivitas tidak hanya dengan olahraga saja. Ketika Anda sering berkeringat dan bergerak, keinginan merokok jadi berkurang. Orang yang sering duduk-duduk, akan lebih mudah merokok. Terutama sibukan bagian tangan Anda. Ketika tangan sering bergerak atau digunakan, keinginan untuk merokok menjadi berkurang. Ketika tangan hanya nganggur saja, Anda pasti ingin memegang rokok dan merokok. Olahraga dapat membantu system metabolisme tubuh menjadi lebih sehat. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan mulut tidak terasa kering.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Jika Anda ingin berhenti merokok, cobalah untuk perbanyak konsumsi air putih. Air putih dapat membantu mengangkat racun-racun didalam tubuh. Termasuk racun yang dikeluarkan oleh rokok. Buat orang yang suka merokok, merokok dengan minum air putih tidak akan enak rasanya. Rasanya seperti ada yang hambar. Jadi perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya. Sehingga Anda bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bisa berhenti merokok. Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Jangan minum air putih dingin, tapi minumlah air putih yang biasa. Terlalu banyak minum air putih dingin, akan membuat system didalam tubuh terganggu.

Perbanyak Konsumsi Sayuran Dan Buah

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah tidak hanya untuk orang yang ingin sehat atau diet saja. Tapi untuk orang yang ingin berhenti merokok, perbanyak konsumsi sayuran dan buah sangat membantu. Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ini dapat membantu membuang semua racun-racun didalam tubuh. Ketika Anda merokok, ada banyak sekali racun yang masuk ke dalam tubuh. Nikotin-nikotin dari dalam rokok akan mengendap ke tubuh. Oleh karena itu semua racun tersebut harus dihilangkan dari dalam tubuh Anda. selain itu ketika Anda perbanyak konsumsi sayuran dan buah, terutama buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C akan membuat mulut terasa asam. Jadi ketika merokok tidak akan enak rasanya.

Cari Pengganti Rokok

Orang yang suka merokok biasanya mulut akan terasa asam ketika tidak merokok. Terutama setelah makan, biasanya mereka akan langsung merokok. Untuk bisa berhenti merokok, Anda harus mengganti makanan lain selain rokok. Misalnya dengan makan permen, makan buah atau cemilan lainnya. Permen termasuk pengganti rokok yang paling efektif. Dengan makan permen akan membuat mulut terasa lebih segar. Jadi Anda tidak ingin untuk merokok lagi. Anda harus benar-benar menahan diri Anda sendiri. tegaslah dengan diri Anda. jika ingin merokok, langsung hindari dengan makan makanan lain pengganti rokok.

Minta Dukungan Dari Orang Terdekat

Tanpa adanya dukungan dari orang lain akan susah untuk berhenti merokok. Dengan adanya dukungan dari orang terdekat, akan membuat Anda lebih yakin dan percaya diri untuk tidak merokok lagi. Orang terdekat Anda harus selalu mengingatkan Anda ketika Anda ingin merokok. Kalau perlu pilihan seseorang yang bisa tegas kepada Anda. Buatlah taruhan atau denda. Jika Anda merokok, Anda harus membayar sejumlah uang atau benda yang sudah disepakati. Buat hukuman yang berat supaya Anda semakin takut untuk melanggarnya.

Semua hal yang saya sebutkan diatas akan sia-sia saja, jika tidak ada niat dan kemauan yang tinggi dari diri Anda. Anda harus meyakinkan diri sendiri untuk selalu disiplin berhenti merokok. Jangan mau dihasut oleh teman-teman yang masih merokok. Mungkin pada awal percobaan akan terasa sulit. Tetapi setelah beberapa bulan pasti Anda sudah terbiasa. Ada banyak sekali manfaat berhenti merokok yang bisa Anda dapatkan. Seperti tubuh yang lebih sehat, pikiran yang lebih sehat dan hati yang lebih senang. Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.