Solusi Menjaga Kesehatan Pada Hubungan Suami Istri

Solusi Menjaga Kesehatan Pada Hubungan Suami Istri

Hubungan intim dalam berumah tangga sangat penting untuk menjaga keharmonisan. Menjaga keromantisan tidak hanya perlu dilakukan oleh suami, tapi juga istri. Intinya kedua belah pihak harus berusaha untuk memenuhi kepuasan satu sama lain. Jika hanya satu pihak yang aktif, maka ini bisa berakhir pada kebosanan. Menjaga kesehatan pada hubungan suami istri adalah hal yang sangat penting. Masing-masing bisa menghadapi masalah dengan fungsi seksualnya.

Misalnya, suami bisa mengalami disfungsi ereksi atau impotensi jika sudah memasuki usia lanjut. Kemudian wanita juga bisa kehilangan hasrat seksual seiring waktu, apalagi jika sudah memasuki masa menopause. Meski usia memegang peran penting dalam menurunnya kualitas seksual seseorang, faktor-faktor lain seperti gaya hidup tidak bisa disepelekan. Jika ingin sehat secara seksual, maka anda perlu mengikuti beberapa tips berikut ini:

Konsumsi herbal

Herbal telah dipakai sejak lama untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ada banyak sekali herbal dengan manfaat yang berbeda-beda. Ginseng merupakan salah satu herbal yang dipercaya manjur untuk menjaga vitalitas pria. Jika dikonsumsi secara rutin, tanaman berbau khas yang satu ini bisa mengobati disfungsi ereksi. Tidak hanya untuk pria saja, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh wanita. Mereka yang sudah mengalami menopause bisa mengkonsumsinya untuk meningkatkan hasrat seksual yang menurun drastis.

Maca juga merupakan obat tradisional yang dipercaya mampu mendongkrak libido. Orang-orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas biasanya mengalami penurunan hasrat seksual. Kondisi ini bisa dibantu dengan mengkonsumsi maca karena di dalamnya terdapat zat antidepressan. Ini bisa membantu mengembalikan keintiman bagi pasangan yang mengalami penurunan kualitas seks. Ada pula Ginkgo Biloba, herbal yang telah dikenal lebih dari 300 tahun. Manfaatnya sangat banyak, termasuk sumber antioksidan. Selain bisa mengobati disfungsi ereksi, herbal ini juga bisa membantu meningkatkan daya ingat dan memori. Di dalamnya juga terdapat senyawa relaxant untuk memberikan efek menenangkan pada otot.

Jaga berat badan

Untuk menjaga kesehatan pada hubungan suami istri, belajarlah menjaga berat badan ideal. Banyak pasangan suami-istri tidak lagi mementingkan soal penampilan ketika berumah tangga, apalagi saat sudah punya banyak keturunan. Padahal menjaga bobot tubuh tujuannya bukan hanya memuaskan pasangan saja, tapi juga bisa menjauhkan anda dari berbagai penyakit. Kaitannya dengan fungsi seksual, tumpukan lemak di dalam tubuh bisa mempengaruhi kerja testosterone yang merupakan hormon penting dalam menjaga hasrat seksual.

Untuk menjaga berat badan, selain melakukan olahraga, anda juga bisa mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat seperti buah dan sayur tidak hanya baik karena kaya akan vitamin dan mineral, tapi juga rendah kalori. Mengkonsumsi keduanya akan menjauhkan anda dari penyakit arteri koroner.

Berhenti merokok

Anda juga bisa menjaga kesehatan pada hubungan suami istri dengan melakukan hal-hal kecil seperti berhenti merokok. Tidak mudah memang berhenti merokok apalagi kalau sudah kecanduan. Tapi jika punya niatan serius, anda pasti bisa melakukannya. Rokok berdampak buruk pada kesehatan karena bisa memicu terjadinya kanker, salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Selain itu, mengurangi rokok juga akan berdampak langsung pada kesehatan kardiovaskuler.

Pembuluh darah yang menyempit adalah salah satu penyebab penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Untuk mencegahnya, maka mulai dari sekarang kurangi atau hentikan sama sekali kebiasaan buruk tersebut. Ada berbagai zat berbahaya di dalamnya, seperti nikotin yang bisa melemahkan ereksi dan membatasi aliran darah menuju penis.

Tetap aktif

Yang dimaksud aktif disini bukan hanya saat berhubungan intim saja, tapi juga aktif dalam keseharian. Meski pekerjaan menuntut anda untuk banyak duduk, jangan lupa meluangkan waktu untuk berolahraga. Olahraga punya banyak manfaat positif, seperti membakar lemak berlebih, meningkatkan sistem imun, vitalitas tubuh, serta memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar, fungsi ereksi juga tetap terjaga.

Nitrat oksida merupakan zat penting dalam memelihara fungsi ereksi dan jumlahnya bisa dijaga dengan banyak melakukan olahraga. Manfaatnya akan terasa saat anda sudah memasuki usia senja. Banya orang yang saat memasuki usia ini mengalami masalah dengan kehidupan seks akibat faktor degeneratif. Tapi dengan membiasakan diri berolahraga sejak muda, masa tua anda akan lebih bergairah. Nah, itu tadi beberapa tips untuk menjaga kesehatan pada hubungan suami istri.