Seks Terasa Menyakitkan Akibat Endometriosis

Seks Terasa Menyakitkan Akibat Endometriosis

Seks terasa menyakitkan akibat endometriosis – pengalaman seks yang menyenangkan tidak terjadi pada setiap wanita. Beberapa karena sesuatu dan lain hal mengalami ketidaknyamanan saat berhubungan intim. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah endometriosis. Jika anda memiliki masalah ini, sebaiknya segera mencari terapi sebab rasa sakit tidak akan hilang jika anda tidak menanganinya. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan di italia, lebih dari setengah populasi wanita dengan endometriosis mengalami rasa sakit ketika berhubungan intim. Rasa sakit tersebut muncul ketika melakukan penetrasi.

Banyak wanita malu mengungkapkan secara langsung jika mereka bermasalah dengan endometriosis, padahal rasa sakit tersebut jika tidak ditangani bisa bertahan lama. Endometriosis dalam tahap awal juga sudah bisa memicu rasa sakit. Jika anda membiarkannya begitu saja, bisa saja terjadi masalah yang lebih serius di kemudian hari. Maka dari itu, segera periksa kondisi kesehatan anda untuk memastikan apakah penyebab rasa sakit adalah endometriosis atau yang lainnya. Endometriosis adalah sebuah kondisi dimana jaringan di uterus / endometrium tumbuh di luar uterus.

Meski endometriosis memiliki ukuran yang berbeda-beda, tapi biasanya rasa sakit lebih dipicu oleh lokasi munculnya jaringan tersebut. Jika endometriosis muncul di belakang vagina atau di bagian bawah uterus, biasanya rasa sakit akan lebih intens dirasakan. Mereka yang enggan melaporkan kondisi tersebut biasanya mengalami sakit yang hilang pergi. Tapi jika sakitnya sudah terlalu parah, mereka akan kesulitan untuk menyembunyikannya. Dan jika sudah begini, solusi terbaik adalah memeriksakannya ke dokter sebab rasa sakit yang muncul tidak akan hilang sebelum mendapatkan perawatan medis.

Kemudian faktor emosi juga memegang peran penting di sini. Jika seorang wanita sudah mengalaminya selama beberapa waktu, faktor emosi akan membuat rasa sakit semakin menyiksa walaupun intensitasnya tidak berubah. Ini menyebabkan orang tersebut kesulitan menikmati moment seks bersama pasangannya. Seks seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tapi jika salah satu merasa tidak nyaman, seks bisa berubah hambar. Jangan biarkan masalah tersebut berlarut-larut. Segeralah mencari solusi agar kenyamanan seks anda tidak terganggu dalam waktu panjang.

Seks terasa menyakitkan akibat endometriosis

image source: youtube.com

Rasa sakit cenderung mengalami peningkatan ketika endometriosis tidak mendapatkan penanganan segera. Hanya dokter yang bisa mencari solusi dari permasalahan tersebut. Jika anda perlu tips untuk mengurangi rasa sakit, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Ubah posisi seks

Yang pertama, anda bisa mencoba gaya yang berbeda. Gaya misionaris merupakan salah satu posisi favorit saat berhubungan intim. Tapi jika anda memiliki endometriosis, gaya seperti justru bisa menyebabkan munculnya rasa sakit. Cobalah gaya lain seperti menyamping ataupun doggy style. Kemudian jika tidak memungkinkan bagi anda untuk melakukan penetrasi akibat rasa sakit yang parah, sebaiknya jangan memaksakan diri. Ada banyak alternatif untuk memuaskan pasangan, seperti dengan berciuman, menyentuh, menggesek-gesekkan tubuh, dan memijat. Seks tidak harus dengan penetrasi meskipun ini merupakan salah satu aktivitas terpenting.

Hindari masa ovulasi

Berikutnya, lakukan seks di waktu-waktu tertentu. Intercourse bisa terasa lebih menyakitkan jika anda melakukannya selama periode menstruasi. Rasa sakit umumnya muncul ketika terjadi ovulasi. Jadi hindarilah masa tersebut untuk berhubungan intim. Ada banyak dalam setiap bulan dimana anda bisa berhubungan intim tanpa masalah.

Bersikap terbuka

Banyak wanita berusaha menyembunyikan rasa sakit agar tidak mengecewakan pasangan. Padahal ini sangat tidak baik untuk keharmonisan hubungan dalam jangka panjang. Jika anda selalu menyembunyikan rasa sakit, itu berarti anda tidak menikmati seks yang dilakukan. Ini justru bisa menimbulkan permasalahan baru di kemudian hari. Sebaiknya bicaralah terus terang jika merasakan ketidaknyamanan saat melakukan penetrasi. Kami yakin pasangan bisa mengerti hal tersebut, apalagi kondisi itu dipicu oleh masalah medis seperti endometriosis. Ia pasti bersedia mendampingi anda untuk mencari pengobatan terbaik. Sekian ulasan seputar seks terasa menyakitkan akibat endometriosis.