Seks = Olahraga? Riset Membuktikan Bercinta Setara 30 Menit Jogging

Seks = Olahraga? Riset Membuktikan Bercinta Setara 30 Menit Jogging

Jakarta – Tidak sempat berolahraga setelah seharian beraktivitas dan makan banyak? Bakar kalori tersebut dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan bercinta. Eits, tapi jangan senang dulu tentu ada aturannya agar bercinta setara dengan 30 menit jogging.

Riset yang dilakukan Universitas Quebec Kanada membuktikan seks bisa setara dengan olahraga asal dilakukan selama satu jam. Dalam risetnya, peneliti merekrut 20 pasangan berusia 18-35 sebagai responden. Mereka diminta bercinta satu minggu sekali selama sebulan dan lari menggunakan treadmill selama 30 menit. Selama diteliti, responden menggunakan gelang khusus sehingga energi yang mereka keluarkan dapat dihitung. Responden juga diminta mengisi kuisioner untuk mengetahui tingkat kesenangan mereka.

Setelah diteliti diketahui, pria menghabiskan 120 kalori selama bercinta setengah jam. Sedangkan wanita dalam jangka waktu yang sama, seks membakar 90 kalori.

Jumlah kalori yang dibakar pria dan wanita saat bercinta itu, menurut para peneliti, sama dengan ketika Anda berlari atau jogging selama 30 menit. Malah pada pria, bercinta dalam jangka waktu tertentu bisa membuat mereka membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan treadmill.

Dalam penelitian berjudul Energy Expenditure During Sexual Activity In Young Healthy Couples itu diketahui juga, ketika dirata-ratakan pria membakar 4,2 kalori per menit saat bercinta. Sedangkan ketika treadmill kalori yang terbakar adalah 9,2. Pada wanita, 3,1 kalori terbuang dalam satu menit ketika seks dilakukan. Sedangkan saat jogging, 7,1 kalori terbakar per menitnya.

“Hasil penelitian ini bisa menjadi rujukan bahwa aktivitas seksual bisa dipertimbangkan sebagai salah satu bentuk olahraga,” demikian para peneliti menulis dalam hasil risetnya yang dipublikasikan oleh Public Library of Science seperti dikutip Mail Online.

Para peneliti juga mengatakan, pria dan wanita yang menjadi responden dalam riset ini mengaku lebih senang melakukan aktivitas seks untuk membakar lemak ketimbang harus lari di treadmill selama 30 menit. Berdasarkan jawaban dari kuisioner yang dibagikan, responden menyebut membakar kalori dengan seks jauh lebih mereka nikmati.

“Aktivitas seksual adalah hal penting dan relefan dalam kehidupan manusian. Dan ternyata aktivitas itu berdampak baik pada kesehatan mental, fisik dan sosial manusia begitu juga kualitas kehidupan mereka,” tambah peneliti lagi.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply