Riset: Dibandingkan 20 Tahun Lalu, Suami-Istri Kini Makin Jarang Bercinta

Riset: Dibandingkan 20 Tahun Lalu, Suami-Istri Kini Makin Jarang Bercinta

Jakarta – Seks ternyata bukan lagi menjadi kegiatan menarik untuk pasangan menikah masa kini. Penelitian terbaru mengungkapkan dibandingkan 20 tahun lalu, suami-istri sekarang ini lebih jarang bercinta. Begitu jarangnya ada yang sampai lebih dari setahun tidak berhubungan seks.

Riset tersebut dilakukan oleh Austin Institute dengan melibatkan 16 ribu responden berusia 18 sampai 60 tahun. Para responden ini ditanya tentang perilaku dan aktivitas seksual mereka.

Dari penelitian tersebut terungkap pernikahan tanpa seks benar-benar ada di zaman sekarang ini. Ada 20% pasangan menikah di Amerika Serikat yang tidak bercinta selama sebulan terakhir. 12% pasangan mengaku menjalani pernikahan tanpa bercinta selama tiga bulan terakhir. Dan ada 6% pasangan yang sama sekali tak berhubungan seks selama lebih dari setahun.

Menurut riset itu, rata-rata pasangan menikah di Amerika Serikat bercinta 1,2 kali setiap minggunya atau sekitar lima kali dalam sebulan. Data yang diungkapkan ini menunjukkan adanya penurunan aktivitas seksual pada pasangan masa menikah dibandingkan 20 tahun lalu.

Penelitian yang dilakukan pada 1994 mengungkapkan, ada 1,3% pria dan 2,6% wanita menikah yang mengaku tidak bercinta dengan pasangannya selama setahun. Sedangkan di 2014, presentasenya bertambah menjadi 4,9% pria dan 6,5% wanita.

Seperti dikutip Your Tango, profesor sosiologi di Georgia State University, Denise A. Donnelly, melihat hasil riset ini bukan sebagai sesuatu yang mengejutkan. Dia justru melihat wajar jika pasangan sekarang ini tidak bercinta sesering pasangan pada 20 tahun lalu.

“Dulu sebelum adanya alat kontrasepsi yang terpercaya, berkurangnya frekuensi bercinta merupakan cara untuk mengurangi jumlah anggota keluarga. Dan pasangan yang tidak bahagia (yang biasanya jarang bercinta), tetap bertahan pada pernikahan karena ekspektasi sosial atau karena mereka memiliki anak bersama yang harus dibesarkan,” ujar Denise.

Sedangkan pasangan masa kini yang jarang bercinta, bukan berarti karena mereka berhenti saling mencintai. Mereka melihat seks seperti sepatu. Ketika Anda menemukan sepatu yang tepat dan nyaman, Anda akan terus memakainya selama beberapa saat, namun seiring berjalannya waktu keinginan untuk memakai sepatu tersebut berkurang. Tapi bukan berarti Anda tak suka lagi sepatu tersebut, hanya saja Anda sudah tahu bagaimana sepatu itu bisa membuat kaki terlihat bagus dan Anda sudah memakainya di setiap kesempatan. Sama seperti sepatu, seks yang hebat bersama pasangan ini adalah sebuah investasi meskipun jarang dilakukan. Hanya saja pasangan perlu terus memperbaiki dan melakukan sesuatu yang berbeda agar seks tersebut tetap terasa menarik.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply