Peran Penting Fisika Kesehatan Dan Pengertiannya

Peran Penting Fisika Kesehatan Dan Pengertiannya

Peran penting Fisika Kesehatan dan pengertiannya. Kesehatan merupakan anugerah dari Tuhan yang sangat mahal harganya. Namun membicarakan masalah medis memanglah tidak pernah habis pembahasannya. Pernahkah Anda mendengar mengenai fisika kesehatan? Bagi para pencinta ilmu kesehatan, mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Akan tetapi bagi masyarakat awam, istilah dari ilmu ini masih terasa janggal. Padahal saya sangat percaya, Anda pernah bahkan sering menggunakan alat fisika medis ini. Hmm pasti sudah mulai penasaran nih, apasih sebenarnya ini? Apa kaitannya antara fisika dengan ilmu kesehatan?

Pengertian Fisika Kesehatan

Fisika medis atau fisika kesehatan memang bukanlah sebuah ilmu baru di Indonesia. Ilmu ini telah lama berkembang dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam jurusan ilmu fisika itu sendiri, terdapat study khusus yang mempelajari kesehatan dan sering dikenal dengan biofisika. Pengertian fisika kesehatan atau fisika medis adalah ilmu yang mempelajari tentang aplikasi ilmu fisika dalam bidang medis. Dapat dikatakan pula penggabungan antara ilmu fisika dalam aplikasi kesehatan. Dua kajian ilmu ini yakni fisika dan kesehatan, sama sama bermanfaat bagi tubuh. Dengan bantuan ilmu fisika, kita dapat mendeteksi kesehatan tubuh secara mendalam.

Peran Penting Fisika Kesehatan

Ketika ada pertanyaan muncul sejauh mana peran penting fisika kesehatan di dunia medis? Jawabannya adalah sangat penting bahkan memiliki ketergantungan antar keduanya. Banyak sekali pendeteksi kesehatan yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata dan mengharuskan menggunakan bantuan ilmu fisika. Berikut ini contoh pemanfaatan ilmu fisika kesehatan.

  1. Alat ukur kesehatan

Ilmu yang cukup sulit ini, selalu bermain dengan hitung menghitung serta penggunaan logika yang tepat. Salah satu ilmu fisika yang berperan dalam kesehatan adalah sebagai alat ukur. Di dalam dunia kesehatan, alat pengukur ini sangatlah penting. Dengan bantuan alat ukur ini, kita dapat mengetahui kesehatan seseorang. Ada banyak jenis alat ukur yang sering dipergunakan, seperti termometer suhu badan, pengukur aliran darah atau tensi dan masih banyak lagi fisika kesehatan lainnya. Alat alat tersebut sangat bermanfaat dan membantu para ahli kesehatan dalam mendeteksi kesehatan setiap pasien.

  1. Radiasi

Radiasi dengan ilmu fisika memang sangat berhubungan erat, bahkan radiasi menjadi satu bagian dari ilmu fisika itu sendiri. Pemanfaatan radiasi, bukan hanya untuk membuat nuklir saja namun di bidang kesehatan pemanfaatan sinar radiasi telah lama dipergunakan. Dalam fisika kesehatan, radiasi ini berfungsi mendiagnosa, terapi hingga penelitian dibidang kedokteran. Biasanya pemanfaatan alat kedokteran dengan radiasi ini diperuntukkan penyakit yang tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Seperti jantung, ginjal, kanker, otak, patah tulang dan lain sebagainya.

Dengan bantuan sinar X atau ronsen, hingga CT scan. Berbekal alat kedokteran tadi, para ahli kesehatan dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab terganggunya kesehatan kita. Misalnya saja dengan sinar X atau ronsen, kita dapat mengetahui bagian dalam tubuh kita seperti tulang. CT scan juga dapat memperlihatkan bagian otak kita yang tidak dapat terlihat dengan mata. Tanpa bantuan dari alat fisika kesehatan ini, para ahli kesehatan paling pandai pun tidak dapat memastikan kesehatan kita bila hanya berdasarkan ciri cirinya saja.

  1. Gelombang bunyi

Tidak hanya mengaplikasikan radiasi saja, fisika kesehatan juga menggunakan gelombang bunyi untuk dapat mendeteksi kesehatan. Dalam dunia kedokteran, gelombang bunyi ini dapat diaplikasikan melalui alat ultrasonografi atau yang sering dikenal dengan USG. Biasanya USG ini dipergunakan oleh para dokter untuk memantau perkembangan janin didalam perut sang ibu. Berbekal USG ini tentunya manfaat fisika kesehatan sangatlah terasa. Kelainan pada bayi dapat terdeteksi sejak dini dan dapat ditanggulangi secepat mungkin. Pemanfaatan ilmu fisika kesehatan tentang gelombang bunyi tidak hanya sebagai USG saja, namun alat pendeteksi denyut jantung serta stetoskop juga memanfaatkan gelombang bunyi ini. Para ahli kesehatanpun dapat dengan mudah mendeteksi kesehatan kita.

Dari kesekian peranan penting alat fisika kesehatan ini, pastinya kini Anda telah mengetahui betapa pentingnya alat kesehatan ini. Setiap alat kesehatan memiliki fungsi yang berbeda beda dan kesemuanya memiliki manfaat sebagai pendeteksi kesehatan kita. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat, terima kasih.