Penyebab Tubuh Kelelahan Setelah Berhubungan Intim

Penyebab Tubuh Kelelahan Setelah Berhubungan Intim

Apa penyebab tubuh kelelahan setelah berhubungan intim? Siapa saja pasti pernah mengalami kelelahan yang ekstrim setelah melakukan hubungan intim. Ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada pria. Nah, jika anda ingin tahu apa sebenarnya yang membuat fisik terasa lelah setelah melakukan aktivitas seksual, kami ingin berbagi informasinya untuk anda. Rasa lelah tersebut ada kaitannya dengan biokimia di dalam tubuh. Jadi setelah kita melakukan ejakulasi, tubuh akan merilis oksitosin serotonin, vasopressin, dan berbagai zat lainnya.

Perilisan prolaktin disebut-sebut bisa mempengaruhi kondisi pikiran. Saat selesai ejakulasi, akan ada perasaan gembira dan bahagia yang kita rasakan. Perilisan zat inilah yang mendorong munculnya rasa lelah, sehingga membuat anda ingin segera tertidur. Tapi jika sudah beristirahat cukup lama, biasanya energi tersebut akan datang kembali. Kadar prolaktin di dalam tubuh biasanya paling tinggi ketika kita tertidur. Penelitian juga menunjukkan bahwa hewan yang diinjeksi dengan zat kimia ini akan mudah merasa lelah. Jadi jelas, ada keterkaitan  yang sangat erat antara rasa lelah dan perilisan prolaktin di dalam tubuh.

Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah tidur. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mengembalikan stamina yang sudah terkuras habis. Masalah seperti ini tidak hanya terjadi ketika kita berhubungan intim dengan pasangan saja. Melakukan masturbasi pun punya efek yang sama. Asalkan terjadi ejakulasi, anda pasti akan merasa lelah setelahnya. Berbeda dengan pria, wanita biasanya bisa lebih lama mempertahankan stamina di atas ranjang. Ini karena mereka tidak memiliki periode refraktori. Periode refraktori merupakan fase dimana pria akan kesulitan mengalami orgasme setelah ejakulasi.

Jika sudah memasuki periode ini, yang sebaiknya dilakukan adalah beristirahat. Jika anda memaksakan diri untuk melanjutkan aktivitas tersebut, maka anda akan dilanda oleh kelelahan yang ekstrim. Wanita justru sebaliknya, dalam satu sesi seks mereka bisa mengalami orgasme beberapa kali dan masih punya cukup energi tersisa untuk melakukan aktivitas lain. Tapi tak jarang pula wanita mengalami kesulitan orgasme. Ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya stres atau masalah psikologis lain. Kemudian faktor lain yang mempengaruhi peluang orgasme adalah kesiapan tubuh.

Penyebab Tubuh Kelelahan Setelah Berhubungan Intim

image source: pinterest.com

Jika anda misalnya sedang kelelahan setelah seharian bekerja, wajar jika tubuh kesulitan untuk mencapai puncak kepuasan seksual. Yang perlu dilakukan adalah istirahat. Ketika energi tubuh sudah kembali normal, anda akan lebih mudah untuk mengalami orgasme. Meski rasa lelah sesudah seks berkaitan dengan perubahan biokimia di dalam tubuh, tapi anda tidak bisa begitu saja mengesampingkan faktor eksternal. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi rasa lelah di atas ranjang, misalnya saja konsumsi alkohol.

Seperti diketahui, alkohol secara umum bisa menurunkan hasrat seksual. Maka dari itu jika anda ingin melakukan hubungan intim bersama pasangan, sebaiknya kurangi konsumsi alkohol atau lakukan saat anda masih sadar / tidak sedang mabuk. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka tingkat kesadaran juga akan semakin rendah. Ini nantinya bisa berdampak pada aktivitas seksual yang dilakukan. Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan jantung dan hati. Jadi batasilah konsumsinya mulai dari sekarang.

Seks merupakan sesuatu yang adiktif. Mereka yang sedang on atau dalam mood bercinta biasanya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memuaskan pasangannya. Aktivitas yang intensif seperti ini pasti akan menguras tenaga sehingga rasa capek pun akan muncul. Semoga dengan pembahasan ini anda jadi tahu apa penyebab tubuh kelelahan setelah berhubungan intim.