Penyebab Miss V Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Penyebab Miss V Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Miss V merupakan organ yang sensitif. Maka dari itu, anda harus merawatnya dengan baik. Ada berbagai masalah yang mungkin muncul pada area tersebut. Ini biasanya ditandai dengan keluarnya lendir dan bau tidak sedap. Pertumbuhan bakteri yang tidak terkontrol adalah salah satunya. Ditambah lagi dengan pola makan yang tidak tepat, bau tidak sedap akan semakin menjadi-jadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab Miss V mengeluarkan bau tidak sedap.

Kurangnya perawatan

Miss V yang tidak dirawat dengan baik bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Maka dari, rawatlah organ intim anda dengan sebaik-baiknya. Jaga agar tetap bersih dan kering sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur lebih terkendali. Pakai underwear yang bernafas agar Miss V tidak mudah berkeringat. Keringat merupakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan mikroorganisme merugikan. Lakukan apa saja untuk membuat area ini tetap kering. Membasuh Miss V secara rutin juga bisa membantu. Pakailah produk yang memiliki PH aman untuk organ intim. Produk seperti ini juga biasanya sudah punya kandungan untuk menangkal mikroorganisme merugikan. Anda bisa membeli kemasan semprot, cair, atau semprot.

Infeksi jamur

Infeksi jamur kerap dialami oleh para wanita. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya lendir berlebih dari dalam organ intim. Tidak hanya itu saja, baunya juga sangat kuat. Penyebab utamanya adalah jamur Candida. Infeksi jamur sebenarnya bukan masalah yang sulit diatasi. Yang penting anda harus rutin melakukan perawatan supaya jamur tidak berkembang semakin banyak.

Gejalanya hampir sama dengan problem organ intim lain, diantaranya adalah rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar. Pengobatannya adalah memakai obat antijamur, bukan antibiotik sebab pengobatan untuk jamur dan bakteri berbeda. Anda bisa mencari obat anti jamur di apotek terdekat. Jika masalah terjadi dalam waktu lebih dari seminggu, segeralah hubungi dokter sebab masalah tersebut mungkin dipicu faktor lain.

Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual tidak bisa diremehkan. Ada beberapa jenisnya, tapi gonorrhea dan chlamydia termasuk yang paling sering diderita. Keduanya masalah ini bisa diobati asalkan anda sigap melakukannya. Jika terlambat, ini bisa menimbulkan komplikasi serius. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka sudah terinfeksi penyakit ini. Alasannya adalah karena gejalanya seringkali ringan atau tidak nampak sama sekali. Jika anda merasa ada yang tidak beres dengan organ intim, misalnya bau tidak sedap keluar atau merasa sakit saat buang air kecil, ini bisa menjadi pertanda infeksi menular seksual dan harus segera ditangani.

Bacterial vaginosis

Kondisi ini terdengar menyeramkan, tapi ternyata cukup umum di kalangan wanita. Bakteri merupakan penghuni organ intim, namun pada kondisi tertentu pertumbuhannya menjadi tidak terkendali. Wanita yang berada di usia produktif lebih rentan mengalami ini. Tidak hanya menimbulkan bau tidak sedap, tapi masalah ini juga bisa memicu rasa gatal dan perih. Pada beberapa kasus, penyakit akan hilang dengan sendirinya. Tapi jika anda mengalaminya dalam waktu yang lama, sebaiknya segera hubungi dokter sebab ini bisa mengindikasikan sesuatu yang lebih serius. Penanganan yang tepat mencegah terjadinya komplikasi.

Inflamasi pelvis

Infeksi menular seksual bisa berakhir dengan inflamasi pelvis jika tidak segera ditangani. Masalah ini bisa terjadi akibat infeksi gonorrhea atau chlamydia. Gejalanya meliputi keluarnya lendir dan rasa sakit di bagian perut. Inflamasi pelvis sering tidak terdeteksi hingga penderitanya merasakan sakit yang luar biasa. Masalah ini harus segera dituntaskan sebelum komplikasi lain terjadi, seperti sulit memiliki momongan. Itu tadi beberapa penyebab Miss V mengeluarkan bau tidak sedap.