Pentingnya Education Seksual

Pentingnya Education Seksual

Berbicara mengenai seks di Indonesia masih dibilang tabu karena jika berbicara mengenai seks maka yang terpikirkan pada benak sebagian orang adalah hubungan seks. Padahal yang dinamakan seks itu sendiri merupakan jenis kelamin yang diambil dari bahasa inggris SEX yang membedakan jenis kelamin pria dan wanita secara biologis. Oleh karena itu, banyak orang berpikiran bahwa membicarakan hal ini khususnya di Indonesia masih dibilang jarang dan bisa dikatakan buruk oleh masyarakat. Padahal education seksual merupakan salah satu cara bagaimana seseorang benar-benar berfikir untuk melakukan hubungan seks. Akan tetapi, kebanyakan orang membuat salah tafsir dimana edukasi ini dianggap mendorong para remaja melakukan hubungan seks.

Dengan kata lain, masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa membicarakan tentang seks pada education seksual merupakan suatu hal yang dianggapnya vulgar. Padahal mempelajari tentang seks sejak dini bisa mencegah seseorang melakukan hubungan seks dan juga bisa menjaga bagian-bagian penting pada tubuhnya untuk tidak disentuh oleh orang lain. Artinya disini akan diberikan berbagai gambaran tentang bahayanya melakukan hubungan seks diluar nikah dan efek negatif setelah berhubungan seks di usia dini. Oleh karena itu, kalian akan mendapatkan banyak manfaat dari edukasi ini.

Apa Itu Education Seksual?

Jika kalian masih belum paham apa yang dinamakan education seksual maka ada baiknya jika kalian mempelajarinya untuk kebaikan anda dan keluarga anda. Pendidikan seks merupakan suatu informasi yang berhubungan dengan persoalan seksualitas yang terjadi pada manusia secara jelas dan benar. Dengan demikian tidak akan terjadi perilaku seks menyimpang yang terjadi pada seseorang. Informasi-informasi yang bisa kita dapatkan disini melingkupi proses terjadinya pembuahan, kehamilan hingga terjadinya kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual dan aspek-aspek kesehatan, hingga kejiwaan dan kemasyarakatan. Dengan kata lain, ruang lingkup edukasi disini sangat luas tidak hanya berkaitan dengan hubungan seksual.

Selain yang diterangkan diatas, kalian juga bisa mendapatkan pendapat lain tentang education seksual dimana mereka mengatakan bahwa pendidikan ini merupakan suatu pengetahuan yang diajarkan untuk mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan jenis kelamin. Jenis kelamin disini maksudnya mencakup semua mulai dari pertumbuhan jenis kelamin baik pria maupun wanita. Hal itu juga berkaitan bagaimana fungsi kelamin sebagai alat reproduksi pada seseorang. Semuanya mencakup tentang menstruasi, mimpi basah, hingga munculnya birahi karena adanya perubahan hormon-hormon didalam diri mereka. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu yang penting untuk diketahui oleh seseorang untuk menjaga kehormatan mereka.

Untuk siapa education seksual itu?

Melihat pentingnya sex education ini untuk menjaga kehormatan seseorang sudah sepatutnya bahwa pendidikan ini diberikan kepada anak-anak yang sedang beranjak dewasa agar mereka bisa menjaga tubuh mereka sendiri. Education seksual bisa diberikan melalui pendidikan formal maupun informal agar mampu mencegah biasnya tentang pendidikan ini maupun pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dikalangan remaja. Hal itu dikarenakan pendidikan tentang seks ini bisa memberikana informasi tentang seksual bagi remaja dan memiliki kesadaran akan pentingnya memahami masalah seksualitas. Selain itu, pendidikan tentang seks juga bisa memberikan pemahaman masalah-masalah seksualitas remaja.

Faktor pentingnya education seksual

Setidaknya ada dua faktor mengapa education seksual ini sangat penting untuk remaja. Faktor pertama adalah anak yang baru tumbuh dan belum paham tentang sex education karena orang tua mereka tidak pernah memberikan pengetahuan tentang seks sehingga akan mengakibatkan para remaja merasa tidak bertanggung jawab dengan seks maupun kesehatan anatomi reproduksinya. Selain itu, pada faktor kedua adalah ketidak fahaman seorang remaja tentang kesehatan anatomi reproduksi mereka di lingkungan sosial dan masyarakat akan mengakibatkan hal-hal negatif yang bisa terjadi seperti tingginya hubungan seks diluar nikah hingga penularan virus HIV.

Oleh karena itu, education seksual ini sangat penting agar seorang remaja tidak terjerembab pada kasus pergaulan bebas sehingga pendidikan ini bisa sangat bagus untuk dimasukkan pada kurikulum sekolah menengah yang masih ada pada masa pubertas untuk mencegah remaja-remaja melakukan hal-hal negatif seperti seks bebas dan dampak negatif lainnya yang disebabkan ketidak fahaman tentang hubungan seks.