Pengobatan Alternatif Tanpa Efek Negatif

Pengobatan Alternatif Tanpa Efek Negatif

Sudah menjadi hal yang wajar jika suatu bangsa mempunyai kearifan lokal yang kaya akan manfaat. Sebut saja di Indonesia, berbagai macam suku dan bangsa dari berbagai daerah menyumbang khasanah tersendiri. Percampuran dan paduan tersebut tidak hanya menunjang dunia kebudayaan, tapi juga dunia pengobatan. Sebut saja praktek pengobatan alternative yang masih diminati di tengah-tengah kemajuan teknologi. Bukan tanpa alasan tentunya. Setidaknya, terdapat tiga hal mengapa masyarakat masih menggantungkan kesehatannya kepada jenis pengobatan ini.

Akupunktur

Pertama, pengobatan alternatif dirasa lebih murah daripada pengobatan modern dewasa ini. Sebut saja teknik akupunkttur dari China dan juga manfaat tumbuhan herbal. Dengan pasokan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan dasar pengobatan. Setidaknya bahan tersebut mudah didapatkan dan mempunyai khasiat tepat guna untuk penyakit-penyakit tertentu. Akupunktur merupakan metode untuk menyisipkan jarum ke tubuh. Secara ilmiah, hasil dari jarum akupunktur ini tidak diragukan lagi. Bahkan tidak jarang seorang dokter modern mempelajarinya untuk dikombinasikan. Pengobatan mode alternatif ini pula menjadi salah satu cara untuk merawat tubuh secara aman.

Mengapa pengobatan alternatif lebih aman? Dibandingkan dengan yang modern seperti kapsul. Pengobatan alternatif memberikan kejelasan pada dosis dan takaran sesuai perhitungan berat tubuh dan tinggi badan. Berkaca dengan beredarnya obat pelangsing tanpa instruksi pemakaian, dosis, dan kejelasan bahan baku. Terlebih, kita tidak diawasi oleh tenaga medis secara langsung. Bahkan varian obat yang ditawarkan pun dalam berbagai bentuk seperti cair maupun padat. Namun sayangnya, obat-obatan tersebut memberikan downside yang lumayan merepotkan. Yakni rasa addictive. Rasa ini menjadikan orang yang mengkonsumsi akan bergantung dan tidak bisa lepas. Pasalnya, saat rutin mengkonsumsi, maka pengendalian makan dapat ditekan. Pasca berhenti, tubuh tidak lagi dapat mengontrol pola makan yang selama ini ditekan.

Bekam

Alhasil, tubuh akan kembali mengembang kembali. Sedangkan akupunktur memberikan treatments tertentu dengan tusuk jarum di bagian perut. Titik ini dimaksudkan untuk menekan pola makan secara aman dan tidak meninggalkan jejak addictive. Saat ini, pengobatan alternatif model seperti ini telah disebar luaskan hingga daratan eropa dan amerika dan diformulasikan secara klinis. Belum lagi, akupunktur juga dapat dimanfaatkan di dunia kecantikan untuk melembutkan dan mengencangkan wajah lebih maksimal. Selesai dengan kilasan akupunktur, terdapat pula pengobatan masyhur lain yakni bekam.

Metode pengobatan ini ialah menghangat wadah seukuran gelas dan menempelkan ke bagian tubuh tertentu. Selanjutnya, tubuh yang ditempeli benda tersebut akan memerah dan membantu mengeluarkan darah kotor dengan cara menyilatnya. Faktanya bekam tidak dapat diklasifikasikan dari mana asalnya, beberapa Negara telah menggunakan metode ini sejak ratusan lalu dengan media yang berbeda-beda. Sebut aja Arab atau china yang menggunakan cawan. Adapun pengobatan alternatif di Indonesia seperti di Madura atau Jember, mereka menggunakan tanduk kerbau yang dikeringkan. Selanjutnya, tanduk tersebut juga dapat digunakan sebagai media pijit alternatif.

Bahan Obat

Saat modern ini, alat-alat bekam telah bertransformasi secara apik. Dengan ukuran-ukuran yang lebih bervariatif dan alat penyesuaian daya tempel udara. Tentu saja, metode ini patut dicoba supaya badan lebih sehat dan segar. Meskipun banyak pengobatan yang mampu memproduksi obat-obat terbaik, akan tetapi bahan obat pengobatan alternatif masih digandrungi. Faktanya, masyarakat selalu mempercayai bahwa selama tumbuhan alam digunakan sebagai obat, maka munculnya efek samping akan semakin kecil. Dengan alasan ini pula, pengobatan ala alternatif mendapatkan tempat terbaik di tengah-tengah genjarnya pemerintah mempromosikan rumah sakit terbaru.

Alasan terakhir ialah pelestarian. Dunia kesehatan lokal memang telah bertransformasi menjadi dunia teknologi tinggi dalam pengemasan. Hal ini menjadikan kita lupa dengan khasiat alam sekitar kita. Sebut saja nama-nama palawija di daerah sekitar kita. Kemungkinan kita telah lupa dengan jenis-jenisnya. Belum lagi pengobatan alternatif dengan manfaat kumis kucing, daun papaya, dan lain-lain. Dengan menjaga pengobatan lokal ini, kita dapat melestarikan khasanah-khasanah budaya tumbuhan sekaligus khasiatnya kepada anak cucu nanti. Dari pemaparan di atas, setidaknya kita telah melihat bagaimana khasiat yang tidak kalah dengan pengobatan modern masa kini. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melakukan perawatan dengan pengobatan metode alternatif?

Pengobatan alternatif masa ini telah dipadankan dengan teknologi terbaru dunia medis. Berbagai cara khasiat pun ampuh melawan penyakit tanpa efek samping.