Pengertian Dan Cara Pembayaran BPJS Kesehatan

Pengertian Dan Cara Pembayaran BPJS Kesehatan

Untuk mempermudah masyarakat dalam berobat, pemerintah Indonesia mengeluarkan produk yang bernama BPJS (badan penyelenggara jaminan social). BPJS memang sedang di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Supaya semua orang bisa mendapatkan kesehatan yang layak. Pasti banyak dari Anda yang tidak tahu mengenai apa itu BPJS. Anda hanya tahu nama BPJS, tanpa tahu secara keseluruhan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa informasi mengenai BPJS. Secara umum BPJS dibagi menjadi dua yaitu BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk saat ini saya akan fokus mengenai BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Apa itu pengertiannya, fungsi dan cara mendaftarnya.

Pengertian BPJS Kesehatan

Dulu BPJS bernama ASKES (asuransi kesehatan) yang dikelola oleh PT Askes Indonesia. Kemudian menurun UU No 24 tahun 2011 mengenai BPJS. PT Askes Indonesia diubah menjadi BPJS kesehatan yang dimulai sejak tanggal 1 Januari 2014. BPJS merupakan sebuah badan usaha milik Negara yang bertugas untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia. Program ini ditunjukan untuk PNS, veteran, TNI, Polri dan masyarakat umum. untuk bisa mendapat layanan BPJS kesehatan, tentunya Anda harus mendaftar dulu. Untuk karyawan sebuah perusahaan, Anda akan didaftarkan oleh pihak perusahaan Anda sendiri.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Ada dua cara untuk mendaftar BPJS yaitu secara online dan melalui kantor BPJS kesehatan. Untuk mendaftar BPJS online, Anda bisa masuk ke website BPJS-Kesehatan.go.id. sebelum mendaftar Anda harus menyiapkan beberapa syaratnya. Seperti kartu identitas, kartu keluarga, alamat email, kartu NPWP dan nomor hp. Kemudian Anda masuk ke website BPJS. Nanti website akan menampilkan persyaratan yang harus Anda penuhi. Bacalah semua persyaratan dengan seksama. Jangan sampai nanti setelah Anda sudah terdaftar, Anda menjadi kurang puas. Bacalah semua persyaratan satu persatu, supaya Anda mengetahui syarat dan ketentuan dari BPJS.

Selanjutnya masukan nomor kartu keluarga dan chapca yang terdapat di website BPJS kesehatan. Kemudian kliklah tombol inquery kartu keluarga. Centang semua pilihan anggota keluarga yang terdapat di website. Tahap selanjutnya isi lengkap semua formulir. Seperti NIK< nama lengkap, alamat, tanggal lahir dan lainnya. Anda juga harus menyiapkan foto berukurna 50 kb yang akan di upload pada website. Anda akan disuruh untuk memilih kelas. Ada kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Setiap kelas memiliki biaya dan fasilitas yang berbeda-beda. Masukan data rekening bank, nomor hp dan alamat email. Nanti Anda akan mendapatkan nomor virtual yang digunakan untuk pembayaran BPJS setiap bulannya.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Lewat Kantor BPJS

Cara daftar BPJS kesehatan yang kedua adalah melalui langsung ke kantor BPJSnya atau daftar secara offline. Syarat yang harus Anda siapkan antara lain KTP, kartu keluarga, buku tabungan, surat nikah, NPWP dan pasfoto 3X4. Anda langsung saja datang ke kantor cabang BPJS dan ambil formulir pendaftaran. Jika antrian terlalu panjang, Anda bisa mendownload formulir pendaftaran terlebih dahulu di rumah. Kalau perlu sudah diisi. Jadi Anda tinggal mengambil nomor antrian saja. Serahkan formulir pendaftaran ke petugas BPJS. Nanti Anda akan langsung mendapat nomor virtual. Anda diberi waktu 14 hari untuk membayar iuran BPJS di bank.

Selanjutnya Anda serahkan bukti pembayaran ke kantor BPJS kesehatan dan kartu BPJS Anda sudah aktif. Jika Anda seorang POLRI, ABRI TNI, atau PNS. Pembayaran setiap bulannya, akan langsung di potong dari gaji Anda setiap bulannya. Sedangkan untuk karyawan perusahaan, pembayaran iuran setiap bulannya akan dibayar oleh perusahaan Anda. Untuk cara pendaftarannya bisa mandiri atau kolektif., untuk karyawan perusaahan biasanya secara kolektif, langsung perusahaan sendiri yang mengurusnya. Anda hanya menyiapkan perlengkapan syaratnya saja.

Setelah Anda terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan, Anda harus membayar iuran setiap bulannya. Jumlah biayanya tergantung kelas yang Anda ambil. Anda harus membayar sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Untuk kelas 1 biayanya sekitar 80 ribu rupiah, kelas 2 51 ribu dan kelas 3 25 ribu rupiah. Jika Anda menunggak, akan ada denda tersendiri. Dengan menggunakan BPJS, akan mempermudahkan Anda dalam pengeluaran biaya pengobatan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.