Mr P Tidak Ereksi di Pagi Hari, Sudah Pasti Impotensi?

Mr P Tidak Ereksi di Pagi Hari, Sudah Pasti Impotensi?

Jakarta, Ereksi pagi hari atau morning erection merupakan hal yang wajar dialami oleh pria. Nah, apakah jika pria tak mengalami hal ini maka ia lantas bisa dikatakan mengidap impotensi?

Menurut androlog Cory Silverberg, ereksi pagi atau yang dalam dunia medis disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT) benar adanya sebagai hal yang wajar. Secara kesehatan pun, kondisi ini dikatakan sebagai respons fisiologis alami pria.

“Ereksi pagi merupakan fase akhir dari serangkaian ereksi spontan yang dialami pria sepanjang tidur malam,” tutur Silverberg.

Ia juga menuturkan bahwa rata-rata pria mengalami tiga sampai lima kali ereksi sepanjang tidur malam, dengan durasi masing-masing sekitar 25-35 menit.

Sempat dikatakan bahwa ereksi pagi terjadi karena kandung kemih yang penuh. Pasalnya kandung kemih penuh kerap menjadi salah satu penyebab mengapa penis ereksi saat dalam kondisi sadar. Menurut Silverberg, ereksi pagi berhubungan dengan hormon testosteron dan norepinefrin. Lantas apakah jika pria tak mengalami ereksi pagi tandanya ia impotensi?

Seksolog Dr Andri Wanananda, MS, dari Universitas Tarumanegara mengatakan tidak adanya ereksi spontan di pagi hari belum tentu impotensi. Menurut Dr Andri, Impotensi adalah istilah umum yang mencakup pengertian ejakulasi dini atau disfungsi ereksi.

Faktor lelah fisik dan stres dapat menghalangi terjadinya ereksi spontan pagi hari. Disfungsi ereksi terkait erat dengan masalah fisiologis atau psikologis.

“Ereksi pagi pada pria adalah petunjuk kebugaran seksual yang prima. Untuk itu cobalah lakukan latihan fisik secara teratur serta didukung oleh asupan gizi seimbang untuk mengembalikan ‘morning erection’ tersebut,” papar Dr Andri kepada detikHealth seperti ditulis pada Jumat (19/9/2014).

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply