Menjaga Hubungan Suami Istri Agar Tetap Harmonis

Menjaga Hubungan Suami Istri Agar Tetap Harmonis

Bagaimana cara menjaga hubungan suami istri? Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Seks merupakan salah satu hal penting dalam berumah tangga. Banyak masalah bisa muncul karena kurangnya kepuasan seksual yang dirasakan oleh suami maupun istri. Maka dari itu, perlu kesadaran diantara keduanya agar mau memperbaiki apa yang dirasa kurang. Hasrat seksual dan cinta adalah dua hal berbeda, tapi keduanya menunjang antara satu sama lain. Pengalaman seks pada setiap rumah tangga berbeda-beda. Banyak masalah mungkin muncul, tapi kami yakin semua bisa dicarikan jalan keluarnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga hubungan suami istri:

1. Berkomunikasi

Kurangnya komunikasi merupakan salah satu faktor penghambat dalam hubungan berumah tangga. Pasangan yang terlalu sibuk dengan urusan masing-masing bisa jadi pemicunya. Kita harus ingat bahwa pernikahan didasari atas rasa saling membutuhkan antara dua belah pihak. Jika keduanya terlalu sibuk dengan urusan masing-masing, maka esensi dari pernikahan itu sendiri seakan tidak ada artinya. Semua hal perlu dikomunikasikan, baik soal finansial, buah hati, termasuk seks. Jangan menganggap seks sebagai hal yang tabu sebab seks itu normal dan natural. Bahkan jika anda ingin berbicara sangat detil soal seks bersama pasangan, itu tidak masalah sama sekali.

2. Jangan terlalu banyak komplain

Mengkritisi kekurangan orang lain sangat mudah, tapi menyadari kekurangan diri sendiri yang sulit. Ketika berumah tangga, beberapa wanita tidak begitu memperhatikan penampilan mungkin karena terlalu sibuk mengurus anak dan pekerjaan rumah. Posisi suami sebagai kepala rumah tangga tidak lantas memberikan keleluasaan untuk mengkritisi penampilan pasangan. Mungkin ada satu dua hal yang perlu diperbaiki, namun sebaiknya sampaikan dengan sopan. Jangan terkesan memaksa agar pasangan tidak tersinggung. Keduanya harus menyadari bahwa menjaga kesehatan dan penampilan fisik bukan untuk diri sendiri saja, tapi juga untuk pasangan.

3. Ikuti terapi seksual

Untuk menjaga hubungan suami istri, menjalani treatment medis juga bisa dilakukan. Saat ini sudah tersedia berbagai macam terapi untuk disfungsi ereksi, masalah libido, orgasme, dan yang lainnya. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkunjung ke klinik profesional jika memang di dalam rumah tangga anda masih membutuhkan seks. Masalah seksual tidak hanya terjadi pada mereka berusia lanjut, tapi juga banyak dialami oleh pasangan yang masih aktif berhubungan intim.

4. Pakai alat bantu

Seks toys juga bisa membantu menjaga hubungan suami istri. Kepuasan seksual tidak hanya bisa didapatkan bersama pasangan, tapi juga bisa dilakukan sendiri. Seks toys dibuat untuk mereka yang ingin mencapai kepuasan seksual tanpa atau dengan pasangan. Tidak ada salahnya bagi pasangan untuk memakai seks toys demi mencapai kepuasan seksual. Ini hanya salah satu variasi dalam berhubungan intim.

5. Sadari perubahan degeneratif

Perubahan yang ada kaitannya dengan faktor usia pasti akan terjadi. Misalnya wanita yang sudah memasuki masa menopause sudah tidak bisa lagi memberikan keturunan. Selain itu, hasrat seksualnya juga akan turun secara signifikan. Tidak hanya itu saja, berbagai perubahan fisik juga semakin jelas terlihat, seperti payudara menjadi kendor, kenaikan berat badan, kulit keriput, dsb. Yang mengalami itu bukan hanya pasangan, tapi juga anda sendiri. Maka dari itu, sebaiknya hargai dan pahami apapun perubahan yang terjadi pada pasangan karena hal tersebut juga akan menimpa anda. Masalah yang sering terjadi pada pria misalnya disfungsi ereksi, sementara pada wanita kesulitan orgasme dan libido menurun.

6. Pahami konteks berbeda antara cinta dan nafsu

Orang bilang cinta dan nafsu itu bedanya tipis. Anggapan ini ada benarnya sebab hubungan rumah tangga didasari oleh kedua hal tersebut. Tapi seiring waktu, anda akan semakin paham perbedaan diantara cinta dan nafsu. Saat usia sudah semakin tua, yang tersisa hanyalah cinta. Anda mungkin tidak lagi aktif secara seksual, tapi rasa cinta justru bisa lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ini adalah hal yang sangat wajar sebab rasa saling memiliki bisa semakin dipupuk dengan adanya cinta. Saat masih menjadi pasangan muda, seks adalah topik yang penting untuk dibahas. Tapi jika pernikahan sudah memasuki usia 30 atau 40 tahun, topik perbincangan akan berubah dengan sendirinya. Ada banyak prioritas lain selain seks di usia senja. Itu tadi beberapa tips menjaga hubungan suami istri.