Menghindari Flu Di Musim Pancaroba

Menghindari Flu Di Musim Pancaroba

Faktanya, imun seseorang akan menjadi lebih buruk saat pergantian musim. Pergantian musim kemarau ke musim penghujan kerap membawa permasalahan kekebalan tubuh yang menurun. Kita sering menyebutnya sebagai pancaroba dimana tubuh tubuh kita sangat rentan mengalami rasa meriang bahkan kena flu. Menghindari flu akan mudah jika sejak awal kita menerapkan pola hidup sehat. Pun, mengkonsumsi minuman tradisional dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bandingkan dengan meriang, flu kerap menjadi momok tersendiri karena penyakit ini dapat menular melalui udara. Oleh sebab itu, menjaga tubuh untuk selalu prima dapat menjadi salah satu obat paling mujarab untuk menghindari flu.

Dengan perkembangan dunia pengobatan, menghindari flu tentunya hal remeh untuk dilakukan pasca menghirup udara yang terkontaminasi ke dalam tubuh. Hanya dengan meminum obat baik tablet ataupun berbentuk sirup dari apotek, flu dapat terobati dengan mudah. Pemikiran seperti itu hanya akan membuat diri kita tidak memiliki daya tahan karena hanya bergantung dengan obat-obatan. Salah satu cara aman untuk menghindari terkena flu ialah dengan menjaga daya tubuh untuk selalu fit dan juga melakukan langkah pencegahan.

Minuman tradisional

Minuman susu jahe tentu akrab ditelinga kita. Minuman ini biasanya disajikan diwaktu hangat. Dengan komposisi hula, susu, dan jahe secukupnya. Jahe menjadi bahan herbal ini tidak hanya menghangatkan tubuh, akan tetapi memberikan asupan gizi untuk meningkatkan kerentanan tubuh. Selain itu, masih ada fungsi susu untuk memberikan protein pada tubuh. Dengan tambahan gula, asupan glukosa kita akan ditambah untuk menghindari flu. Minuman tradisional serupa juga baik dikonsumsi seperti bajigur, bandrek, dan lain-lain.

Berolah raga

Dengan melakukan pola hidup sehat, tubuh akan terlatih untuk menghadapi cuaca tak menentu seperti pancaroba ini dan pastinya menghindari flu. Olahraga paling murah dan efektif ialah push up, scot jump, dan jogging. Ketiga hal tersebut dapat dilakukan rutin pada pagi hari sebelum melakukan aktifitas biasanya dan setiap sore atau malam. Meskipun olahraga ini tidak dilakukan setiap hari, setidak-tidaknya kita dapat melakukannya tiga kali dalam seminggu. Dengan keluarnya keringat dari pori-pori tubuh saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kotoran dari pori beserta sel tubuh yang tidak terpakai. Manfaat lain ialah kulit akan terasa halus karena keringat menjadi salah satu defend mechanism saat kulit kekurangan cairan.

Menggunakan masker

Masker memang bukan alat untuk menghindari flu, akan tetapi alat penutup mulut ini dapat bekerja secara efektif menghindari penyakit flu menular ke tubuh kita. Oleh sebab itu, kita harus selektif dalam memilih masker. Pertama, pastikan masker tersebut terbuat dari bahan yang memudahkan kita bernafas. Mengingat masker akan menutupi bagian hidung dan mulut kita. Kedua, penggunaan masker sekali pakai sebaiknya langsung dibuang tanpa harus dicuci kembali. Hal ini dikhawatirkan terdapat bakteri atau kuman yang menempel di masker akan menginfeksi diri kita. Terlebih, masker sekali pakai terbuat dari bahan kanfas yang mudah mengikat debu.

Hindari hujan

Dari beberapa pencegahan supaya terhindar dari flu, masih ada pula kiat yang patut dilakoni, yakni menghindari hujan. Hujan mungkin menjadi sahabat kita di waktu kecil, akan tetapi hujan tidak lagi akrab saat tubuh kita menjadi dewasa. Guna menghindari flu, kita sepatutnya membawa perlengkapan seperti payung dan jas hujan. Sebagai tambahannya, jaket wajib ada supaya tubuh kita tetap terjaga dari suhu dingin yang dapat memicu munculnya flu. Kiat di atas dapat kita terapkan dimusim-musim peralihan seperti ini supaya tubuh tetap sehat dan kinerja tidak terganggu oleh flu.