Mengenal Lebih Jauh Seputar Orgasme Pria

Mengenal Lebih Jauh Seputar Orgasme Pria

Orgasme merupakan istilah yang sering dipakai ketika seseorang mencapai puncak kepuasaan saat berhubungan intim. Seorang pria mengalami orgasme setelah mendapatkan stimulasi yang cukup. Ada berbagai perubahan yang terjadi di dalam tubuh, seperti perilisan hormon, kontraksi pembuluh darah, dan stimulasi sistem saraf. Kita akan mengenal lebih jauh seputar orgasme pria:

Testosterone adalah elemen terpenting

Testosterone merupakan hormon yang sangat penting bagi seorang pria sebab hormon ini meregulasi hasrat seksual. Produksinya terpusat di testis. Selain testosterone, testis juga memproduksi jutaan sel sperma setiap harinya. Sel-sel tersebut akan dikeluarkan bersama semen ketika melakukan ejakulasi. Ejakulasi merupakan salah satu tanda seorang pria sudah mengalami orgasme. Seseorang yang punya kadar testosterone rendah di dalam tubuhnya cenderung susah menerima stimulus yang diberikan. Itu pada akhirnya berujung pada sulitnya mencapai orgasme. Tapi jika kadar testosterone normal, anda akan terus merasakan dorongan seks.

Rangsangan sangat penting

Meski libido sedang tinggi, tapi rangsangan seksual tetap merupakan faktor terpenting. Rangsangan seksual bisa berupa gambar visual, audio, dan yang lainnya. Bahkan cerita bertema pornografi pun bisa membuat seseorang terangsang. Stimulasi yang diberikan akan membuat otak mengirim sinyal menuju tulang belakang, hingga pada akhirnya menimbulkan ereksi. Ereksi adalah kondisi dimana penis mengeras karena pasokan darah yang terus mengalir. Cepat-tidaknya penis ereksi tergantung dari seberapa excited anda terhadap stimulus atau rangsangan yang diberikan. Jika anda benar-benar sedang horny, penis bisa mengeras hanya dalam hitungan detik.

Titik puncak

Ada ketegangan di bagian otot ketika seorang pria mengalami orgasme. Fase ini berlangsung sekitar 30 detik hingga 2 menit. Otot-otot bisa bergerak secara tidak terkendali, diikuti dengan meningkatnya detak jantung secara drastis hingga ke level 150-175 bpm. Ketika sedang terangsang, penis tidak akan langsung mengeluarkan sperma. Jika anda mendapati cairan putih bening, itu bukan sperma, melainkan precum. Fungsinya adalah untuk mengubah PH uretra agar sperma bisa bertahan lebih lama.

Mengenal lebih jauh seputar orgasme pria 2

image source: womenshealthmag.nl

Perilisan sperma

Puncak dari orgasme pria adalah ejakulasi. Semen yang sebelumnya berada di dalam organ intim dirilis keluar dengan dorongan yang sangat kuat. Cairan tersebut keluar melalui uretra. Saat itu juga tubuh akan merasa seperti terbebas dan puas. Anda tentu sudah tahu bagaimana sensasi dari ejakulasi. Setelah sperma keluar, penis akan kembali ke posisi semula. Tapi ada pula yang bisa mempertahankan kondisi tersebut selama beberapa menit ke depan. Itu tergantung dari seberapa besar level stimulasi yang diberikan. Jika stimulus sangat merangsang dan anda masih punya banyak tenaga untuk ejakulasi kedua, maka penis bisa saja keras lebih lama.

Pria bisa mengalami masalah orgasme

Masalah orgasme bukan hanya milik wanita saja. Beberapa pria kesulitan untuk mempertahankan ereksi karena faktor psikologi. Contohnya adalah masturbasi berlebihan. Masturbasi yang terlalu sering bisa membuat setiap sesi berlangsung lebih lama. Itu karena tubuh sudah terbiasa dengan kondisi tersebut. Lama-kelamaan, anda akan kesulitan untuk mencapai orgasme. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengurangi frekuensi masturbasi. Ada banyak hal positif lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Berhenti dari aktivitas seks selama beberapa minggu atau bulan bisa membantu mengembalikan energi yang hilang tersebut. Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah libido rendah. Selain itu, anda juga isa memakai sex toys untuk memberikan stimulasi pada penis. Beberapa alat bantu seks memang dirancang untuk keperluan tersebut. Jika masalah sudah terlanjur parah, silakan berkonsultasi dengan terapis agar dibantu dicarikan solusinya. Semoga dengan pembahasan ini anda bisa mengenal lebih jauh seputar orgasme pria.