Mengapa Pria Tertidur Setelah Berhubungan Intim?

Mengapa Pria Tertidur Setelah Berhubungan Intim?

Tertidur setelah berhubungan intim adalah hal yang wajar. Alasannya adalah karena tubuh sudah terasa lelah. Tidur membantu mengembalikan tenaga yang sudah terkuras saat sesi bercinta. Jika anda ingin tahu mengapa pria tertidur setelah berhubungan intim, berikut ini adalah penjelasan ilmiahnya.

Perubahan kimia

Substansi kimia di dalam tubuh mengalami perubahan setelah kita mengalami orgasme. Ada zat yang disebut dengan prolaktin, dirilis ketika kita berhubungan intim. Nah, perilisan zat ini bisa membuat kita merasa mudah lelah. Itulah mengapa ketika seorang pria berhubungan intim dalam waktu yang lama, ia akan mudah tertidur sesudahnya. Wanita juga bisa mengalami hal yang sama. Tapi pada banyak kasus, wanita tidak mudah mengalami orgasme ketika berhubungan intim. Itu membuat tenaga mereka masih banyak tersisa ketika aktivitas seks berakhir. Dengan begitu, rasa kantuk juga tidak mudah datang.

Glikogen menurun

Alasan ilmiah lain mengapa pria mudah tertidur setelah berhubungan intim adalah karena setelah mencapai klimaks, konsentrasi glikogen menurun sehingga memicu kelelahan ekstrim. Pria secara umum memiliki lebih banyak massa otot, jadi mereka juga lebih mudah lelah dibandingkan dengan wanita. Sebenarnya ada banyak sekali zat kimia yang mempengaruhi kondisi ini, seperti prolaktin, oksitosin, endorphin, dll. Semuanya berperan di dalam mempengaruhi mood kita ketika bercinta.

Tidak ingin berbicara

Alasan lainnya adalah karena pria tidak tertarik berbicara setelah berhubungan intim. Berbeda dengan wanita yang suka mengobrol ketika selesai melakukan aktivitas seksual, pria lebih cenderung melewati momen tersebut dengan bersantai. Alhasil, mereka lebih cepat masuk ke fase rapid eye movement dan tertidur. Namun ini tidak dialami oleh semua pria sebab karakteristik setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa pria yang suka mengobrol selepas berhubungan intim. Jika anda memiliki pasangan seperti ini, maka kami yakin ia pasti bersedia meladeni obrolan anda.

Mengobrol setelah seks adalah hal yang sangat baik untuk memelihara keintiman diantara keduanya. Yang perlu diingat adalah seks lebih dari sekedar sarana untuk melampiaskan hasrat seksual, tapi juga bisa dipergunakan untuk semakin mempererat ikatan emosional diantara keduanya. Hubungan pernikahan merupakan hubungan yang dilandasi oleh cinta. Anda perlu memeliharanya dengan baik, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas komunikasi.

Mengapa pria tertidur setelah berhubungan intim 2

image source: boldsky.com

Kehilangan momen spiritual

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang apa itu seks tantra dan manfaatnya di dalam memelihara keharmonisan rumah tangga. Koneksi sepiritual sangatlah penting bagi pasangan suami-istri. Pada pria, ketika ia sudah mengalami orgasme, energi spiritual tersebut cenderung menurun secara drastic. Dengan hilangnya energi spiritual tersebut, mereka akan lebih mudah merasa lelah. Hal seperti ini tidak terjadi pada wanita sebab orgasme mereka biasanya lebih terkontrol dan munculnya tidak meluap-luap.

Menjaga pasangan tetap terjaga

Apa yang harus anda lakukan agar pasangan tidak segera tidur setelah berhubungan intim? Pertama, anda bisa memintanya untuk mandi sebab ini bisa menghilangkan rasa penat di tubuh. Mandi juga bisa menyegarkan fisik yang kelelahan. Kemudian, anda juga bisa membuatkannya makan malam atau cemilan sehat. Kalau ada yang dikerjakan, ia pasti enggan untuk segera tidur. Makan di malam hari boleh saja, yang penting hindari karbohidrat dan lemak agar tubuh tidak semakin melar.

Saran berikutnya adalah mengajaknya menonton acara TV favorit. Kebanyakan orang rela begadang ketika ada program favorit mereka tayang di TV. Anda bisa menghidupkan TV dan memperbesar volume agar rasa kantuknya hilang. Semoga dengan pembahasan ini anda jadi tahu mengapa pria tertidur setelah berhubungan intim. Kalau ia sudah kelelahan, sebaiknya biarkan saja ia tertidur. Jangan memaksanya terjaga sebab itu akan semakin menguras tenaga.