Manfaat Melakukan Hubungan Seks

Manfaat Melakukan Hubungan Seks

Kebanyakan dari kita melakukan seks karena terasa menyenangkan. Kita jarang berpikir bahwa seks bisa memberikan manfaat baik secara fisik maupun psikis. Tapi meski tidak anda sadari, manfaat seks sangatlah banyak. Semakin baik kehidupan seksual anda, semakin banyak manfaat yang bisa dirasakan. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan hubungan seks:

Merasa lebih bahagia

Faktanya hubungan intim bisa menjadi mood booster. Anda akan merasa jauh lebih baik dan positif setelah melakukannya. Meski kenikmatan bisa dirasakan secara fisik, tapi efek emosionalnya tidak bisa dikesampingkan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berhubungan seks tanpa kondom merasa lebih bahagian ketimbang mereka yang melakukannya dengan pengaman. Percaya atau tidak, tapi hubungan seks yang dilakukan tanpa pengaman akan terasa jauh lebih intim. Di dalam semen terdapat berbagai zat yang bisa meningkatkan mood, diantaranya adalah serotonin, endorphin, dan oksitosin. Itulah mengapa pada pasangan yang sudah resmi menikah, seks tanpa pengaman sangat disarankan.

Memperkuat sistem imun

Sistem imun tubuh bisa diperbaiki dengan konsumsi makanan bernutrisi. Olahraga juga sangat membantu. Nah, seks bisa dibilang sebagai salah satu bentuk olahraga karena membakar kalori dan membuat kita merasa lebih bugar setelah melakukannya. Kita disarankan untuk berhubungan seks secara rutin beberapa kali dalam seminggu. Ini akan membantu meningkatkan produksi immunoglobulin di dalam tubuh.

Kulit bersinar

Apa kaitan antara seks dan kecantikan kulit? Seks yang dilakukan dengan bersemangat bisa memperlancar peredaran darah. Seperti diketahui, peredaran darah yang lancar merupakan salah satu faktor penunjang kecantikan kulit. Darah membawa oksigen dan berbagai nutrisi penting lain ke seluruh tubuh. Jadi dengan meningkatkan frekuensi seks, kulit anda akan menjadi lebih cerah bersinar.

Efeknya terasa dalam jangka panjang. Orgasme bisa memicu perilisan endorphin dan beberapa hormon pertumbuhan lain. Peningkatan hormon tersebut di dalam tubuh sangat membantu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat paparan sinar matahari. Menurut sebuah studi, orang yang sering berhubungan seks rata-rata terlihat lebih muda dari usianya.

Menghilangkan stress

Stress adalah kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Tapi anda tidak usah khawatir sebab ada berbagai metode untuk meringankan stress. Seks adalah salah satu solusi untuk meringkan beban pikiran. Orang-orang yang aktif berhubungan seks umumnya lebih mampu dalam mengelola stress. Tekanan darah mereka juga relatif lebih rendah saat dihadapkan dengan situasi yang mencemaskan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk melakukan seks secara rutin. Anda akan mudah lupa dengan berbagai masalah saat berada di puncak kenikmatan.

Memperkuat hubungan

Hubungan yang sedang tidak harmonis bisa direkatkan kembali dengan sering-sering berhubungan seks. Salah satu manfaat seks adalah meningkatkan keintiman. Kontak fisik sangatlah efektif untuk mendekatkan seorang pria dengan pasangannya. Perbanyaklah waktu untuk foreplay karena pada sesi ini kita biasanya berciuman dan berpelukan secara intens. Bahkan memakai alat bantu seks pun tidak akan mengurangi keintiman kalian berdua.

Banyak yang beranggapan bahwa sex toys hanya cocok untuk memberikan stimulasi kepada diri sendiri atau self-pleasure. Faktanya tidak seperti itu. Anda tetap bisa memakai alat ini saat berhubungan dengan pasangan anda. Tubuh akan merilis oksitosin saat kita berada di puncak kenikmatan. Hormon ini berperan penting dalam proses bonding antar pria dan wanita saat sedang berhubungan intim. Maka dari itu, anda perlu meluangkan waktu untuk bercinta tidak peduli sesibuk apapun. Tujuannya apalagi kalau bukan membuat hubungan lebih harmonis. Sekian informasi seputar manfaat melakukan hubungan seks.