Manfaat Dan Akibat Kekurangan Gizi dan Kesehatan

Manfaat Dan Akibat Kekurangan Gizi dan Kesehatan

Ketahuilah Manfaat Dan Akibat Kekurangan Gizi dan Kesehatan. Ketika berbicara mengenai gizi, mungkin hal pertama yang akan muncul dibenak Anda adalah makanan dan minuman. Memang gizi banyak terdapat dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Dan dengan pula tubuh kita akan dapat tumbuh dengan baik, sehat dan bugar. Tubuh kita memang memerlukan banyak sekali zat yang bermanfaat seperti vitamin, protein, mineral dan zat penting lainnya. Mengapa penting? Sebab kesemua zat inilah yang akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Bila kita tidak mengkonsumsi gizi dalam jumlah yang seimbang, pastinya tubuh kita akan mengalami gangguan. Bahkan kekurangan gizi dapat berakibat fatal, pastinya Anda pernah mendengar mengenai gizi buruk bukan?

Pengertian Gizi

Dalam dunia medis, pengertian gizi adalah komponen zat pembangun tubuh manusia dan berguna mempertahankan atau memperbaiki jaringan tubuh agar tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya. Nah dari definisi ini pastinya Anda telah mengetahui keterkaitan antara gizi dan kesehatan. Jadi asupan gizi dalam sehari memanglah harus terpenuhi dengan baik. Zat yang termasuk dalam gizi ini dapat Anda temukan dengan mudah, karena kita mengkonsumsinya setiap hari. Seperti air, karbohidrat, mineral, lemak, protein dan juga vitamin.

Manfaat Gizi dan Kesehatan

  1. Penghasil energi

Manfaat gizi bagi kesehatan yang pertama adalah penghasil energi bagi tubuh. Makanan yang kita konsumsi akan dioleh oleh pencernaan dan organ tubuh kita menjadi energi. Dengan energi inilah manusia dapat melakukan berbagai aktifitas. Zat energi yang terkandung dalam gizi ini dapat diperoleh dari karbohidrat, lemak ataupun protein. Kita dapat mengkonsumsi nasi, ubi sebagai karbohidrat, daging, telur, tahu tempe sebagai lemak dan protein.

  1. Sebagai stimulun

Gizi dan kesehatan diketahui dapat berguna untuk mengatur reaksi biokimia dalam tubuh. Yang dimaksut disini adalah agar tubuh dapat berjalan cepat dan juga baik, maka diperlukan stimulun atau perangsang. Dengan stimulun ini kita dapat dengan cepat tanggap dalam koordinasi otak, mata dan juga gerakan. Biasanya vitamin yang paling diperlukan sebagai stimulun ini. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin.

  1. Pembentuk sel jaringan tubuh

Tubuh kita dipergunakan setiap hari bahkan tanpa henti, itu mengakibatkan sel jaringan dalam tubuh kita akan mengalami kerusakan. Bila sel jaringan rusak pastinya sudah tidak dapat dipergunakan lagi. Disinilah peranan penting bagi gizi dan kesehatan. Dengan mengkonsumsi 3 zat penting dalam gizi, maka sel jaringan tubuh kita yang baru akan cepat terbentuk dan menggantikan jaringan yang rusak tersebut. 3 zat penting ini adalah air, protein dan mineral.

Faktor Penyebab Gizi Buruk

Salah satu penyebab yang ditimbulkan bila kita tidak mencukupi asupan gizi setiap harinya adalah gizi buruk. Dan di bumi kita tercinta Indonesia ini, gizi buruk biasanya menimpa pada anak anak. Anak memang sedang berada pada masa pertumbuhan, tidak heran bila kebutuhan gizinya lebih besar daripada orang dewasa. Anak dengan penyAndang gizi buruk ini biasanya memiliki tubuh kurus, namun perut mereka buncit. Bahkan ada yang telah parah sekali hingga tidak dapat berjalan atau beraktifitas apapun. Apa saja faktor penyebab gizi buruk pada anak anak?

–      Ekonomi

Alasan utama yang sering menjadi kendala dalam pemenuhan gizi dan kesehatan anak adalah faktir ekonomi. Kekurangan biaya dalam memenuhi kebutuhan gizi anak menjadikan orang tua hanya memberikan makanan seadanya saja bagi anaknya.

–      Sanitasi

Sanitasi atau kurang bersihnya lingkungan, juga dapat menjadi penyebab gizi buruk ini. Makanan yang akan diberikan pada anak menjadi tidak higienis dan tercemar oleh kotoran yang akan dimakan sang buah hati.

–      Pendidikan

Kurangnya pendidikan dan pengetahuan bagi para orang tua juga menjadi faktor buruknya gizi dan kesehatan anak. Terkadang para orang tua ini terkesan asal asalan saja dalam menyajikan makanan bagi sang anak. Bahkan ada beberapa orang tua yang merasa acuh tak acuh untuk asupan gizi anak.

Itulah sedikit ulasan kita mengenai gizi dan kesehatan. Pentingnya gizi bagi kesehatan memang sangat erat kaitannya, bahkan keduanya tidak dapat terlepas. Bila tubuh ingin sehat, sebaiknya Anda mencukupi asupan gizi kita setiap harinya.