Ketika Hubungan Intim Terasa Tidak Nyaman

Ketika Hubungan Intim Terasa Tidak Nyaman

Ketika hubungan intim terasa tidak nyaman – seks seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tapi pada beberapa kondisi, kita tidak bisa menikmatinya secara maksimal. Jika anda tidak merasa nyaman ketika melakukan hubungan intim bersama pasangan, mungkin ada beberapa faktor penyebabnya. Kali ini kami akan membahas beberapa masalah teks yang bisa memunculkan ketidaknyamanan tersebut.

Miss V kering

Faktor pertama adalah Miss V yang kering. Vagina kering merupakan kondisi yang umum pada wanita. Salah satu penyebabnya adalah karena berkurangnya libido atau stimulasi yang kurang optimal. Jika tidak ada banyak pelumas di area kewanitaan, maka dengan sendirinya penetrasi akan sulit untuk dilakukan.

Menopause

Faktor lain yang juga tidak bisa dikesampingkan adalah menopause. Ketika seseorang mengalami menopause, tubuhnya tidak lagi memproduksi estrogen dalam jumlah besar. Ketika hormon ini di dalam tubuh konsentrasinya menurun, dinding vagina akan mudah menjadi kering, sehingga penetrasi juga lebih sulit dilakukan.

Kehamilan

Kondisi lain yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan adalah kehamilan. Wanita ketika hamil sebenarnya masih bisa melakukan hubungan intim dengan suami. Tapi banyak yang mengeluhkan rasa tidak nyaman akibat uterus yang terus membesar. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat perubahan hormonal di dalam tubuh. Jika anda mengalaminya, jangan memaksakan diri berhubungan intim. Kami yakin suami anda pasti mau mengerti kondisi anda.

Masalah psikologis

Jangan beranggapan bahwa faktor fisik saja yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Perasaan cemas, bersalah, atau takut juga akan mempengaruhi persepsi anda terhadap stimulasi yang diberikan. Jadi sebelum melakukan hubungan intim, pastikan semua pikiran negatif tersebut tidak menghantui anda. Pemakaian produk seperti pembersih organ intim juga perlu diperhatikan sebab beberapa setiap produk tidak dirancang untuk semua orang. Pilihlah pembersih yang memiliki ph yang sesuai dengan organ kewanitaan. Dengan begitu, anda tidak akan mengalami masalah ketika membersihkan miss v. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas seksual?

Ketika hubungan intim terasa tidak nyaman

image source: bulletinng.blogspot.co.id

Cari akar masalahnya

Yang pertama, anda perlu mencari akar penyebab masalah. Jika memang masalah tersebut terjadi akibat kondisi kesehatan yang menurun, segeralah periksakan diri ke dokter sebab mungkin ada kondisi tertentu yang memicu ketidaknyamanan tersebut. Kemudian, pakailah pelumas. Pelumas sebenarnya dihasilkan secara langsung oleh organ intim, tapi terkadang jumlahnya tidak mencukupi untuk melakukan penetrasi yang nyaman. Jika sudah begini, satu-satunya solusi adalah dengan mengaplikasikan pelumas dari luar. Ada berbagai variasi, seperti pelumas berbahan dasar air dan minyak. Pilih yang mana saja sesuai dengan kebutuhan.

Terapi hormonal

Tips berikutnya adalah terapi hormonal. Beberapa wanita terutama yang sudah memasuki masa menopause sangat sulit untuk mengalami orgasme. Jika ini yang terjadi, anda bisa meminta dokter untuk melakukan terapi estrogen. Tujuannya adalah meningkatkan konsentrasi hormon tersebut di dalam tubuh, sehingga anda bisa menikmati kehangatan di atas ranjang.

Eksplorasi

Yang juga penting adalah mencoba posisi-posisi baru. Terkadang ada beberapa posisi yang terlalu menekan, sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat penetrasi. Untuk menghindarinya, anda bisa melakukan eksplorasi dan mencoba posisi-posisi baru. Ada banyak gaya yang mungkin belum pernah anda coba sebelumnya. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik wanita yang tidak hamil maupun wanita yang sedang hamil. Khusus untuk wanita hamil, masalah posisi sangat riskan terutama jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua.

Pilihlah posisi yang nyaman untuk melakukan penetarsi. Jangan lupa juga berbicara kepada pasangan anda. Jangan menyembunyikan ketidaknyamanan tersebut sebab pasangan tidak akan tahu jika anda tidak menceritakanna sendiri. Tidak seharusnya anda menutupi hal-hal yang bersifat pribadi seperti ini apalagi jika sudah  berumah tangga. Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan ketika hubungan intim terasa tidak nyaman.