Kenali Jenis 6 Vitamin Untuk Kesehatan Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Kenali Jenis 6 Vitamin Untuk Kesehatan Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Vitamin adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak jenis vitamin yang ada. Namun paling tidak tubuh membutuhkan 6 vitamin utama yang harus selalu terpenuhi kadarnya bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin maka akan timbul berbagai macam gangguan yang menyebabkan kegiatan kita terganggu. Nah jenis vitamin untuk kesehatan apa sajakah yang sangat kita butuhkan? simak uraiannya dibawah ini.

6 Vitamin Penting Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin untuk kesehatan mata. Jenis vitamin untuk kesehatan yang satu ini baik untuk mata, anti aging/penuaan dini, anti malaria, meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat baik untuk ibu hamil guna memaksimalkan pengembangan janin. Tak hanya itu Vitamin A juga bisa berperan dalam mencegah adanya keratinasisasi jaringan pelapis seperti pada saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Anda bisa menemukan Vitamin A pada minyak ikan, hati, susu, daging, buah-buahan yang berwarna orange, dan juga sayuran. Nah jika anda kekurangan vitamin A akan terserang beberapa jenis penyakit seperti katarak, rabun dekat, rabun senja, kulit tidak sehat serta daya tahan tubuh yang menurun.

  1. Vitamin B komplek

Vitamin untuk kesehatan yang harus anda penuhi kebutuhannya adalah B komplek. Jenis vitamini ini meliputi vitamin B1, B2, B6 dan B12 serta asam folik dan kolin. Fungsi Vitamin B komplek antara lain sebagai co enzyme thiamin pyrosposfat yang mampu membentuk acetyl coenzyme dan asam piruvat dalam metabolism karbohidrat. Selain itu mampu memelihara permebialiatas dinding pembuluh darah sehingga mencegah penumpukan cairan dalam jaringan tubuh penderita penyakit beri beri. Mencegah terjadinya neuritir, mencegah terjadinya kontradiksi lambung atau memelihara nafsu makan.

  1. Viamin C

jenis vitamin untuk kesehatan tubuh yang wajib anda konsumsi harian adalah Vitamin C. jenis vitamin untuk kesehatan yang satu ini baik sekali untuk memelihara jaringan sel sel. Kekurangan vitamin c bisa menyebabkan lemahnya dinding kapiler darah sehingga mempercepat proses pendarahan. Tak hanya itu kekurangan Vitamin C juga bisa menyebabkan perubahan susunan tulang dan tulang muda, gusi dan gigi. Vitamin C bermanfaat dalam pembentukan sel jaringan tubuh, pembentukan collagen, atau protein dalam jaringan ikat dan membantu proses penyembuhan luka. Tak hanya itu Vitamin C juga berproses dalam metabolism kolesterol dan membantu penyerapan zat besi. Vitamin C ini diperoleh dari berbagai buah-buahan dan sayuran seperti tomat, jeruk dan berbagai sayuran lainnya.

  1. Vitamin D

Jenis vitamin untuk kesehatan yang satu ini merupakan jenis vitamin untuk memperkuat tulang. Vitamin D berfungsi sebagai antirachitis atau anti penyakit tulang yang disebabkan karena adanya proses varsifikasi pada tulang. Tak hanya itu Vitamin D memiliki banyak manfaat lain seperti memperbaiki penyerapan zat kapur dan fosfor dalam usus. Vitamin D dalam bentuk aktifa akan membentuk sejenis protein yang mampu mengangkut zat kapur oleh darah yang sering disebut dengan calcium binding protein. Tak hanya itu Vitamin D juga mengatur proses mineralisasi dan klasifikasi tulang sehingga menjadi keras.

  1. Vitamin E atau Tokolerol

Manfaat vitamin E bagi kesehatan banyak sekali. Bahkan vitamin untuk kesehatan yang satu ini mampu mengadakan keturunan. Penelitian medis membuktikan bahwa Vitamin E pada hewan mampu membuat hewan menjadi subur dan hewan yang kekurangan Vitamin E akan mandul. Oleh karena itu vitamin e sangat baik dalam proses regenerasi manusia baik. Selain itu Vitamin E juga sangat baik dalam proses penghambatan pembentukan sel sperma. Tak hanya itu Vitamin E juga sangat baik dalam mencegah terjadinya penyakit kanker paru paru.

  1. Vitamin K

Jenis vitamin untuk kesehatan yang satu ini mungkin asing. Padahal fungsinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin k sangat berperan dalam proses pembekuan darah. Vitamin ini merupakan faktor yang mempengaruhi proses pembentukan protrombine di dalam hati. jika anda mengalami kekurangan Vitamin K akan menyebabkan proses penyembuhan luka menjadi lambat. Karena darah sulit berhenti sehingga luka akan sulit untuk menutup. Vitamin ini selain sebagai pembeku darah juga berfungsi sebagai pencegah keguguran pada ibu hamil.