Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Wajib Anda Ketahui

Berbicara mengenai penyakit menular seksual (PMS) maka tidak jauh dari persimpangan hubungan seksual atau seks bebas karena adanya suatu akibat pasti ada penyebab. Penyakit ini juga sering disebut sebagai infeksi menular seksual karena disebabkan oleh tindakan seks yang tidak aman. Penyebaran dari penyakit ini juga bisa melalui darah, sperma, cairan vagina, atau cairan tubuh lainnya. Ada beberapa jenis penyakit menular seksual yang wajib anda ketahui agar anda bisa menghindari penyakit ini karena penyakit seksual ini bisa dikatakan penyakit yang cukup berbahaya dan ada beberapa yang saat ini masih belum ada obatnya sehingga anda wajib menghindari penyakit seksual ini.

Faktor penyebab penyakit menular seksual

Mengenai penyakit menular seksual ini, ada beberapa faktor mulai dari gaya hidup hingga keturunan. Salah satu faktor salah satu jenis penyakit menular seksual pada seseorang adalah hubungan seks tanpa kondom. Hubungan seks tanpa kondom bisa mengakibatkan tertularnya penyakit seksual terlebih jika anda melakukan dengan pasangan diluar nikah. Jika anda tidak menggunakan kondom, anda sama saja seperti mengundang virus, bakteri, atau parasit yang bisa menyerang alat reproduksi atau tubuh anda setelah berhubungan seks. Selain tidak menggunakan kondom, melakukan hubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan juga bisa mengakibatkan seseorang tertular penyakit seksual. Hal itu disebabkan ketidaktahuan Anda terhadap pasangan anda saat berhubungan seks apakah sudah tercemar virus atau belum.

Selain faktor tertulanya penyakit seksual dari hubungan seks seseorang juga bisa terkena salah satu jenis penyakit menular seksual karena faktor hidup yang tidak sehat. Hal ini bisa dicontohkan dengan pemakaian obat terlarang. Penggunaan obat terlarang khususnya yang menggunakan suntik akan beresiko untuk tertular jenis penyakit seksual karena penggunaan jarum suntik bergiliran bisa membuat seseorang tertular penyakit seperti HIV AIDS maupun hepatitis. Mengkonsumsi minuman keras juga menjadi faktor seseorang tertular penyakit seksual karena mengkonsumsi alkohol berlebih akan membuat kesadaran seseorang hilang sehingga mereka akan melakukan hubungan seks bebas di tempat lokalisasi.

Beberapa jenis penyakit menular seksual dan penyebabnya yang wajib diketahui

Ada beberapa jenis penyakit menular seksual yang perlu anda ketahui agar anda tidak tertular penyakit ini. Salah satu penyakit menular akibat seksual adalah gonore atau kencing nanah. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Gejala penyakit ini bisa dibilang tidak terasa dan penyakit menular ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Infeksi dari penyakit ini bisa berdampak pada bagian rektum, tenggorokan hingga mata. Untuk mengobati penyakit menular karena seksual ini anda harus minum obat antibiotik sesuai dosis dan jangka waktu yang dianjurkan agar penyakit tersebut bisa lenyap. Jika anda tidak melakukan perawatan dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan kemandulan.

Selain kencing nanah atau gonore, jenis penyakit menular seksual lain yang bisa anda temui adalah chlamidia (Klamidia). Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh bakteri klamidia trachomatis. Pada penyakit ini, beberapa orang tidak merasakan gejala sama sekali sehingga penyakit ini bisa menular tanpa disadari oleh seseorang yang sudah terinfeksi. Penyakit menular karena seksual ini bisa berbeda pada pria dan wanita dan untuk mendiagnosis jenis penyakit ini ada baiknya jika anda melakukan tes urin atau pengambilan cairan yang ada pada alat kelamin untuk mendeteksi penyakit klamidia ini.

Penyakit menular seksual juga bisa menyerang seseorang karena virus seperti HIV. HIV atau Human Immunodeficiency virus adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh. Jenis penyakit menular seksual akibat virus ini bisa tertular melalui hubungan seksual yang tidak aman, berbagi alat suntik atau jarum, ibu kepada bayinya hingga transfusi darah. Penyakit ini tidak memiliki gejala yang jelas sehingga anda wajib memperhatikan penyakit ini jika anda sering melakukan hubungan seks bebas. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda melakukan diagnosis serta konselingnya agar anda bisa mengatasi penyakit ini dengan benar.

Dengan demikian, mengetahui jenis penyakit menular seksual beserta penyebabnya bisa menjadi tameng untuk anda agar tidak terserang penyakit menular yang disebabkan oleh perilaku seks yang menyimpang dan bebas. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin tertular penyakit seksual tersebut ada baiknya untuk menghindari perilaku yang bisa mengakibatkan tertularnya virus atau bakteri penyakit seksual.