Inilah Jenis Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Inilah Jenis Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Ketika pergi ke rumah sakit, pasti Anda akan melihat alat kesehatan yang sangat banyak sekali. Mungkin Anda merasa tidak penting untuk mengetahui fungsi dari setiap fungsi alat tersebut. Padahal di zaman yang semakin modern ini, kita harus lebih tahu fungsi dari setiap alat kedokteran. Jadi ketika terjadi hal-hal yang terduga, Anda bisa mengetahui fungsinya. Jika berbicara mengenai alat kedokteran, Anda akan menemukan banyak sekali jenisnya. Dari yang bentuknya kecil sampai yang berukuran besar. Untuk menyelesaikan satu masalah kesehatan saja, terkadang harus menggunakan berbagai macam alat. Inilah berbagai jenis alat kedokteran beserta fungsinya.

Tensimeter

Pasti Anda sudah sering melihat alat kesehatan yang satu ini. Tensimeter digunakan mengukur tekanan darah. Sebelum Anda periksa ke dokter, pasti akan dicek tekanan darahnya terlebih dahulu. Buat Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, juga bisa memiliki alat ini, sehingga bisa mengecek tekanan darah Anda kapanpun. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensi meter digital. Tensi meter air raksa yang masih manual. Di Indonesia ada beberapa yang masih menggunakan jenis ini. tetapi di luar negeri penggunaan tensimeter air raksa sudah dilarang. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah tensimeter digital. Tensimeter digital lebih akurat dan lebih mudah digunakan.

Stetoskop

Ketika Anda periksa ke dokter, pasti selalu diperiksa dengan menggunakan stetoskop. Alat kesehatan ini berfungsi untuk memeriksa suara didalam tubuh kita. Dengan menggunakan stetoskop kita bisa mendengar suara usus, detak jantung, pernapasan dan masih banyak lainnya. Selain itu stetoskop juga bisa mengukur tekanan darah dari denyut nadi dan mengetahui kerja paru-paru. Ada dua jenis stetoskop yang sering digunakan yaitu stetoskop akustik dan stetoskop elektronik. Stetoskop akustik merupakan jenis yang paling banyak digunakan dan sering kita lihat. Cara kerjanya dengan menyalurkan suara dari dada ke tabung kosong yang disambungkan ke telinga pendengar. Untuk stetoskop elektronik digunakan untuk mendengar suara dengan tingkatan yang lebih rendah.

Termometer

Thermometer merupakan alat kesehatan yang paling mudah kita temui. Mungkin di setiap rumah pasti menyediakan minimal satu thermometer. Thermometer digunakan untuk mengukur suhu atau temperature badan. Alat kedokteran ini juga memiliki dua jenis yaitu thermometer air raksa thermometer digital. Cara penggunaan thermometer sangatlah mudah. Anda tinggal meletakkan thermometer pada ketiak atau mulut. Nanti Anda tinggal membaca angka yang ditunjukan oleh thermometer. Thermometer digital lebih mudah untuk digunakan karena angka suhunya sudah langsung terlihat.

Endoscopy

Endoscopy merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk melihat kelainan pada bagian tenggorokan dan alat pencernaan. Alat ini memang tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang. Hanya ahlinya saja yang boleh menggunakan alat ini. Pemeriksaan gangguan pencernaan dengan menggunakan endoscopy memiliki lebih banyak keunggulan. Seperti kelainan didalam rongga pencernaan akan terlihat lebih jelas lokasi dan jenisnya. Jadi dokter lebih tahu tindakan apa yang harus dilakukan dan resikonya lebih ringan dibandingkan harus operasi. Kita dapat langsung tahu hasil pemeriksaan dan biayanya lebih terjangkau dibandingkan dengan melakukan operasi.

Colonoscopy

Selain ada endoscopy juga ada alat kesehatan yang bernama colonoscopy. Seperti namanya, colonoscopy berfungsi untuk memeriksa pada bagian kolon atau usus besar. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan pada penderita gastroenterology. Colonoscopy berbentuk tabung panjang yang fleksibel. Tebalnya sama dengan jari kita dan memiliki sebuah sumber cahaya dan kamera pada ujungnya. Ujung colonoscopy akan dimasukkan pada anus dan dimasukkan secara perlahan sampai ke usus besar. Nanti hasil pemeriksaannya akan terlihat pada layar monitor komputer. Jadi dokter akan lebih tahu gangguan apa yang terdapat didalam usus.

Sebenarnya masih banyak sekali alat kesehatan yang digunakan dalam proses pemeriksaan. Dari yang harganya murah sampai yang harganya sangat mahal. Ada alat untuk mengukur tekanan darah, kadar kolesterol, gula dan masih banyak lainnya. Untuk orang awam thermomter dan tensimeter menjadi alat yang bisa dimiliki. Jadi Anda bisa melakukan pemeriksaan kapan saja. Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Alat kesehatan sangatlah banyak sekali. Setiap alat memiliki kegunaan masing-masing dalam bidang kedokteran.