Inilah Fakta Kesehatan Bagi Golongan Darah O

Inilah Fakta Kesehatan Bagi Golongan Darah O

Fakta kesehatan bagi golongan darah O. Darah yang mengalir dalam tubuh setiap orang ternyata berbeda beda, terutama dalam segi jenisnya. Hal ini dapat terjadi dikarenakan ada tidaknya zat antigen yang ditemukan di dalam sel darah merah. Tidak heran jika tubuh mampu mengenali setiap darah yang masuk didalam tubuh. Seperti halnya orang asing yang masuk kedalam rumah. Sel darah tubuh yang berbeda jika masuk kedalam tubuh maka akan diserang oleh sel darah tubuh yang asli. Mari kita bahas bersama untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai sel atau golongan darah.

Macam Macam Golongan Darah Dalam Kesehatan

  1. Golongan darah ABO

Macam macam golongan darah dalam kesehatan yang pertama adalah ABO. Penggolongan darah ini sudah sangat akrab ditelinga kita, karena memang yang paling umum diketahui. Akan tetapi tahukan Anda fakta kesehatan dari setiap golongan darah ini? Setiap golongan darah memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. Contohnya saja orang yang memiliki golongan darah A biasanya mempunyai antibodi melawan golongan darah B atau yang dikenal dengan anti B. Begitu juga sebaliknya bagi orang yang bergolongan darah B. Sedangkan golongan darah O memiliki zat anti A dan anti B. Beruntunglah bagi Anda yang memiliki golongan darah AB, karena tidak memiliki antibodi dalam darah. Sehingga pemilih golongan darah AB biasa disebut dengan penerima darah universal, darah A, B atau O semua dapat diterima oleh AB. Sedangkan golongan darah O disebut sebagai penyumbang universal. Darah O dapat diterima oleh semua kalangan darah baik itu A, B ataupun AB. Namun golongan darah O hanya dapat menerima dari sesamanya saja.

  1. Golongan darah Rh

Mungkin Anda pernah bertanya tanya, mengapa hasil tes penggolongan darah Anda memiliki tAnda positif atau negatif. Fakta kesehatan menyebutkan inilah yang dinamakan penggolongan darah sistem Rh. Golongan darah dengan Rh positif mampu menerima golongan darah Rh negatif. Sedangkan pemilik Rh negatif bila mendapatkan tambahan dari Rh positif akan mengalami reaksi transfusi darah.

  1. Golongan darah tipe minor

Fakta kesehatan menyebutkan bahwa darah memiliki 100 subtipe yang berbeda. Kesemua itu akan bersinggungan langsung dengan masalah transfusi darah. Ada yang tidak memiliki efek transfusi dan ada yang memiliki efek transfusi. Efek dari transfusi itu sendiri ada yang digolongkan ringan hingga berat. Namun jangan khawatir biasanya efek transfusi ini tidak akan mengancam jiwa dan dapat ditangani.

Gangguan Kesehatan Bagi Golongan Darah O

Selain penggolongan darah yang bermacam macam, ternyata telah banyak peneliti yang mengungkap fakta kesehatan mengenai gangguan kesehatan berdasarkan golongan darah. Dan kali ini kita akan membahas mengenai gangguan kesehatan bagi golongan darah O.

  1. Lebih disukai nyamuk

Pemilik golongan darah O, Anda harus lebih ekstra hati hati terhadap nyamuk. Selain membuat gatal nyamuk juga dapat menjadi hewan kecil yang membawa penyakit berbahaya seperti demam berdarah. Berdasarkan sebuah penelitian di Jepang, terdapat hasil bahwa pemilik golongan darah O dua kali lipat lebih disukai nyamuk daripada pemilik golongan darah lain. Namun golongan darah O, memiliki resiko terkena malaria lebih sedikit dibandingkan golongan darah lain.

  1. Lebih rentan stress

Stress merupakan peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Golongan darah yang berbeda ternyata berpengaruh juga dengan siklus hormon ini. Kadar hormon kortisol dalam darah O lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah lain, sehingga golongan darah O lebih rentan stress.

Cara Menjaga Kesehatan Golongan Darah O

Terlepas dari gangguan kesehatan yang dapat menyerang golongan darah O, cara menjaga kesehatan golongan darah O juga harus diperhatikan dengan baik. Bagi pemilik golongan darah O fakta kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa pantangan makanan untuk golongan darah O. Menurut fakta kesehatan pantangan makanan golongan darah O adalah daging babi, cumi cumi, soton, gurita, kodok, kerang, burung puyuh, yoguhrt. Agar kesehatan selalu terjaga, tidak hanya makanan saja yang menjadi perhatian. Olahraga juga harus dilakukan agar selalu sehat. Untuk pemilik darah O olahraga dengan cara yang cepat seperti aerobik, high impact dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda.

Sekarang bagaimana bagi Anda pemilik golongan darah O mengenai fakta kesehatan ini. Menjaga kesehatan sangatlah penting, bukan hanya bagi pemilik darah O saja. Agar senantiasa sehat, pola makan serta berolahraga menjadi kunci kesehatan kita yang utama.