Hobi Olahraga Ekstrim Yang Digandrungi

Hobi Olahraga Ekstrim Yang Digandrungi

Pada masa modern ini, manusia mempunyai kecenderungan bergantung dengan teknologi dalam berbagai urusan. Hal ini tentunya bukan tanpa resiko. Berbagai masalah seperti isu kesehatan jasmani dan psikologi pun terjadi. Terutama dalam bidang psikologi, manusia digiring untuk lebih tertutup dari dunianya. Oleh sebab itu, hendaknya kita memulai untuk mengetahui beberapa olahraga yang dapat kita jadikan sebagai alternatif baru. Sebab bisa jadi, ketika kita bergantung dengan gadget karena kita telah bosan dengan sensasi hobi-hobi olah raga yang hanya begitu-begitu saja. Di bawah ini adalah hobi yang tidak hanya cocok bagi yang telah mendedikasikan pada hobi olahraga, tapi juga cocok untuk rookie.

Parkour

Salah satu olahraga yang tidak membutuhkan biaya ekstra adalah parkour. Prinsipnya, olah raga ini adalah lari dan menghindar dengan cepat. Sehingga berbagai media seperti bangunan tua, tanam kota, dan gedung bertingkat dapat menjadi lahan berlatih. Atau dapat dinyatakan bahwa parkour adalah seni untuk bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efisien. Bagi pemula, beberapa saran ialah melakukan olah raga dasar seperti jogging, lari, dan melemaskan otot supaya dapat menerima tumpuan badan secara mendadak.

Bagi pecinta hobi olahraga ini, mereka telah menghabiskan porsi latihan pada ketahanan fisik. Pasalnya, cara berpindah ini meliputi beberapa gerakan ekstrim seperti melompat, salto, koprol, meluncur, dll. Lalu apa resikonya? Dalam olah raga, tentu terdapat resiko yang meliputi yang kerap terjadi. Cedera yang berpotensi ditimbulkan seperti gegar otak, kepala bocor, patah tulang, dll. Faktanya, ini hanya mengandalkan kekuatan manusia tanpa alat bantu apapun.

Cave Diving

Olah raga ekstrim selanjutnya ialah cave diving. Hobi olahraga ini pada mulanya hanya menjelajah daerah-daerah gua dan menemukan tempat baru sekaligus peninggalan di dalamnya. Akan tetapi, kontur dari gua yang beragam dan karakteristik menjadi orang-orang tertarik menjelajahnya. Termasuk menyelam di sungai-sungai dalam gua. Kegiatan ini tentunya sangat menantang karena tidak semua orang dapat menemukan pemandangan seindah ke sungai bawah gua. Untuk hobi olahraga terbaru ini, kita dituntut mempunyai badan yang fit dan prima untuk membawa seluruh perlengkapan, sekaligus mampu menyelam.

Snorkeling

Snorkeling dapat dibilang sebagai olah yang mahal. Mengingat, kita harus mencari spot terbaik untuk melihat tanaman bawah laut. Sebut saja beberapa daerah bertrumbu karang apik di Indonesia seperti Bunaken, Raja ampat, Wakatobi, Bali, Karimunjawa, dll. Kebanyakan dari spot bagi penggila hobi olahraga ini berada di daerah Indonesia timur. Untuk mencapai daerah tersebut, tentunya bukan barang mudah. Kita dituntut mempunyai badan yang sehat, bugar, mampu berenang, dan mengetahui biota laut. Hal ini sangat dibutuhkan karena beberapa biota laut yang lucu sebenarnya menyimpan toxin yang berbahaya, seperti ubur-ubur, stone fish, dan bulu babi. Oleh sebab itu, bagi rookie yang baru menginjakkan kaki untuk mencari pengalaman, kalian semua membutuhkan instruktur atau guide sebagai pengemong awal.

Paralayang

Menjajal daerah baru tentunya tidak melulu pindah dari satu cabang olah raga ke cabang lainnya. Mungkin salah satu dari kita bosan dengan hobi olahraga darat? Sebaiknya kita mulai melirik paralayang. Salah satu spot terapit yang dapat kita gunakan ialah di Yogyakarta di daerah Parangtritis. Daerah tersebut mempunyai daratan yang lumayan tinggi dan mengkover panorama terbaik Yogyakarta. Untuk melakoni hobi baru olahraga ini, kita dituntut untuk memahami bagaimana cara kerja paralayang ini dengan instruktur berpengalaman. Secara singkat dapat diamati bahwa prinsip paralayang hampir sama dengan terjun payung. Setidaknya terdapat kemudi untuk mengarahkan kiri dan kanan.

Terdapat equipment tambahan pula sebagai alat penyelaras udara sehingga kita dapat mendarat dengan aman. Kedua, kita tidak mempunyai phobia ataupun jantung lemah. Terakhir ialah kocek yang lumayan untuk menyewa perkakas untuk terbang. Dengan menjajal berbagai olah raga ini, beberapa manfaat akan kita dapatkan. Pertama, dengan mengumpulkan penggila hobi olahraga yang sama, maka kita semakin mempunyai jaringan pertemanan yang luas. Kedua, kita memiliki pengalaman dan ilmu baru. Ketiga, kita mampu mengendalikan emosi menjadi lebih stabil.

Hobi olahraga terutama ekstrim memberikan tantangan baru. Akan tetapi, tuntutan dasar olahraga ini haruslah dipenuhi seperti tubuh sehat, dan kematangan metal.