Hati

Hati – Hati Bahaya Depresi, Deteksi Gejala Depresi Sejak Dini

 

Masyarakat pada umumnya tidak terlalu awas terhadap bahayanya depresi yang terjadi pada diri mereka yang oleh karena itu ada baiknya bila Anda mendeteksi depresi. Berikut ini adalah beberapa gejala depresi yang umumnya dapat muncul pada diri Anda. Dengan mengenali lebih dini gejala – gejala ini Anda akan dapat terhindar dari bahaya yang muncul pada depresi. Depresi merupakan salah satu gangguan emosional yang dialami oleh manusia. Pada kondisi yang umum, manusia akan merasa lemah dan lesu yang mempengaruhi segala aktivitas dalam hidup mereka sedangkan pada kondisi yang parah, depresi dapat menyebabkan kematian pada seseorang. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui beberapa gejala yang menunjukkan kondisi depresi pada seseorang. Deteksi depresi secara lebih dini dapat menghindari diri Anda dari akibat buruk yang tidak diinginkan seperti depresi berlebih yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Gejala – gejala yang umumnya muncul pada orang yang depresi

Deteksi depresi dapat terlihat dari kondisi emosi seseorang. Perasaan – perasaan seperti lemah dan tidak berdaya dapat dikatakan sebagai salah satu gejala depresi. Perubahan mood yang drastis dari ceria menuju putus asa juga dapat dimasukkan dalam list pula. Depresi dapat menjelma menjadi sesuatu yang memberikan pengaruh yang buruk. Hal ini karena diri Anda akan merasa tidak berguna sehingga tidak memiliki semangat serta gairah untuk menjalani hidup. Kondisi emosi yang berubah menjadi lebih cepat marah dan tidak stabil secara emosi ini juga menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres yang terjadi pada diri Anda.

Perasaan dekstruktif ini membuat Anda kehilangan kendali atas diri Anda. Anda akan menjadi lebih agresif yang pada sisi lain juga akan menjadi begitu lemah dan nampak menyedihkan. Kondisi – kondisi seperti ini tidak akan terjadi tanpa adanya sebab – sebab tertentu. Penting bagi Anda untuk mengetahui sebab – sebab tertentu sehingga diri Anda dapat terhindar dari gejala ini dan tentunya deteksi depresi akan terlihat lebih jelas. Lantas apakah yang menjadi penyebab seorang mengalami depresi? Perasaan depresi ini tidak akan muncul begitu saja. Pasti ada sesuatu yang mempengaruhinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab seseorang mengalami depresi.

Sebab – sebab seseorang mengalami depresi

Kondisi untuk bisa mendeteksi depresi yang muncul pada diri seseorang dapat diketahui dari kondisi fisik seseorang. Umumnya orang yang depresi akan memiliki tubuh yang cenderung lebih lesu dan lunglai. Selain itu, pada kondisi yang ekstrim, tubuh akan menjadi lebih kurus secara alamiah. Hal ini disebabkan lebih pada kurangnya nutrisi pada tubuh. Ini disebabkan karena orang yang depresi cenderung lebih tidak selera untuk makan dan minum sehingga tubuh mengalami kekurangan cairan.

Selain dari kondisi penurunan berat badan yang berlebih, depresi juga bisa membuat berat badan seseorang menjadi lebih berat dari seharusnya yang terjadi secara drastis atau tiba – tiba. Selain dua hal tersebut, Deteksi depresi dapat juga dilihat dari kebiasaanya mereka. Amati apakah kebiasaan Anda berubah. Apakah Anda kehilangan minat pada hal – hal yang dulunya membuat Anda merasa senang? Jika demikian maka ada baiknya bila Anda segera mencari bentuk kesenangan yang baru. Menentukan hobi yang baru yang menarik bagi Anda akan membuat Anda terhindar dari gejala seperti itu.

Lantas apakah sebab yang membuat seseorang bisa terkena depresi. Penyebab depresi umumnya disebabkan oleh kondisi stress yang teramat berlebih. Tekanan pekerjaan yang terlalu menuntut dapat membuat Anda menjadi stress. Stress yang berkepanjangan akan berubah menjadi sebuah depresi yang akan menganggu kondisi tubuh serta kejiwaan Anda. Selain itu, perasaan sedih yang berlebih juga memberikan pengaruh yang signifikan pada diri seseorang. Bila Anda merasa begitu sedih terhadap sesuatu maka usahakan agar tidak terlalu larut dalam kesedihan tersebut karena kesedihan yang berkepanjangan akan berakibat pada depresi yang fatal. Deteksi depresi secara lebih dini dengan membuat diri Anda merasa terhibur ketika merasa sedih mampu membuat diri Anda menjadi lebih baik.

Ketika Anda tengah berada pada kondisi yang teramat buruk ada baiknya bila Anda segera mengatasinya. Ceritakanlah masalah yang Anda rasakan kepada orang lain. buat diri Anda menjadi lebih rileks dengan melakukan hal – hal yang menyenangkan yang membuat diri Anda merasa lebih bahagia. Mengetahui beberapa faktor deteksi depresi ini dapat menghindari diri Anda dari gejala yang tidak diinginkan. Lebih – lebih Anda tidak akan terkena depresi sehingga Anda akan dapat menjalani hidup yang menyenangkan.