Hal-hal Yang Bisa Menurunkan Hasrat Seksual

Hal-hal Yang Bisa Menurunkan Hasrat Seksual

Masalah seksual seperti menurunnya libido bisa dialami oleh siapa saja. Tapi yang jelas, kondisi tersebut bisa dihindari asalkan anda tahu cara mengantisipasinya. Bicarakan kepada pasangan agar ia tahu masalah sebenarnya. Menjalin komunikasi sangat penting untuk menjaga kelanggengan hubungan suami istri. Jika salah satu mengalami masalah, setidaknya yang lain bisa mengerti. Kita akan membahas tentang hal-hal yang bisa menurunkan gairah bercinta. Tujuan berhubungan intim lebih dari sekedar untuk mendapatkan keturunan. Ini juga merupakan faktor penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menurunkan hasrat seksual.

Tidak tinggal sendiri

Punya rumah pribadi memberikan keleluasaan lebih, termasuk dalam melakukan aktivitas seksual. Bayangkan jika rumah tidak hanya ditinggali oleh istri dan anak saja, tapi juga orang tua dan yang lainnya. Semakin banyak orang di rumah, semakin sulit untuk mendapatkan keintiman. Ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap hubungan suami istri. Mungkin anda segan untuk menimbulkan suara berisik saat berhubungan intim. Agar hal itu tidak terjadi, sebisa mungkin tempati rumah yang berbeda dari orang tua. Jika tidak ada orang di rumah, anda akan lebih leluasa melakukan apapun termasuk bercinta bersama pasangan.

Beban pekerjaan

Stress merupakan salah satu penyebab menurunnya hasrat seksual. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali. Jika anda merasa belakangan ini sedang tidak intim bersama pasangan, coba cari tahu apa penyebabnya. Kalau penyebabnya adalah beban pekerjaan, luangkan waktu untuk beristirahat. Sayangnya tidak semua orang memiliki beban kerja yang ringan.

Kebanyakan orang terutama yang tinggal di perkotaan punya beban kerja yang tinggi. Jika seperti ini kondisinya, setidaknya cari waktu untuk berlibur bersama pasangan. Quality time sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan. Mencari uang adalah sebuah kebutuhan, tapi tanpa hubungan yang harmonis, rumah tangga bisa hancur berantakan. Beberapa jenis pekerjaan seperti wiraswasta punya jam kerja yang lebih fleksibel. Jika anda menekuni profesi ini, sebaiknya luangkan lebih banyak waktu bersama pasangan.

Tempat tinggal

Tempat tinggal yang nyaman juga mempengaruhi gairah bercinta. Menurut sebuah survei, mereka yang tinggal jauh dari kebisingan umumnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk bercinta. Sebaliknya, pasangan yang tinggal di daerah yang bising dan panas mengalami penurunan frekuensi seksual. Apakah anda sudah memiliki tempat tinggal tetap? Kalau belum, sebaiknya cari tempat yang agak jauh dari keramaian.

Tempat tinggal yang strategis tidak harus berdampingan dengan jalan raya. Jarak beberapa kilo dari jalan besar sudah cukup untuk meredam suara bising kendaraan. Ada banyak lokasi di pinggiran kota yang bisa dipilih sebagai tempat tinggal. Atau beli properti di kompleks perumahan sebab kondisi lalu lintas umumnya lebih teratur pada tipe hunian seperti ini. Anda tidak perlu lagi berhadapan dengan lalu-lintas kendaraan yang bising.

Hadirnya anak

Punya anak memang sebuah anugerah, tapi mereka tidak kalah gaduhnya dari kendaraan apalagi jika punya saudara untuk diajak bermain. Jika punya anak terutama yang masih kecil, cari tahu jam tidurnya. Lewat jam tersebut, anak-anak biasanya sudah terlelap tidur. Buat kamar tidur mereka agak berjauhan jika anda merasa terganggu dengan suara mereka. Anak yang sudah besar biasanya tidak begitu berisik, tapi tetap saja bisa mengurangi kenyamanan saat bercinta bersama pasangan.

Usia rumah tangga

Hubungan intim di awal-awal masa pernikahan biasanya ‘on fire’. Tapi jika pernikahan sudah memasuki usia 5 atau 10 tahun, akan mulai terasa turunnya gairah bercinta. Ini adalah hal yang sangat wajar. Mungkin anda bosan dengan gaya yang itu-itu saja atau ada penyebab lainnya. Solusinya adalah cari gaya baru dalam bercinta, misalnya mengubah posisi, memakai lingerie, atau melakukannya di ruangan berbeda.

Tidak usah takut untuk bereksperimen demi kebaikan kalian berdua. Kemudian, anda juga perlu tahu bahwa hasrat seksual dipengaruhi oleh usia. Semakin tua, libido akan berkurang akibat perubahan hormon di dalam tubuh. Jika ini terjadi, bicaralah bersama pasangan. Bukan hanya anda saja, ia juga mungkin merasakan hal yang sama. Itu tadi hal-hal yang bisa menurunkan hasrat seksual.