Hal-hal Penting Menyangkut Libido Wanita

Hal-hal Penting Menyangkut Libido Wanita

Libido seseorang tidak selalu tinggi. Gairah seks juga bisa turun karena berbagai hal, seperti stress dan kelelahan. Kali ini kami ingin membahas hal-hal penting menyangkut libido wanita. Bagi anda yang sering bermasalah dengan hasrat seks, ada baiknya mengetahui fakta-fakta penting di baliknya. Dengan begitu, anda jadi lebih memahami dan tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang ada.

Libido meningkat seiring usia

Di masa-masa produktif, wanita cenderung lebih reseptif terhadap rangsangan seksual. Ini berlaku untuk siapa saja, bahkan pria sekalipun. Tapi ada masanya dimana libido menurun dengan sendirinya. Saat wanita memasuki kepala 3, kesuburannya akan menurun. Tapi ini masih tergolong usia produktif untuk berhubungan intim. Studi menunjukkan bahwa wanita yang berada di rentang usia 30 hingga 40 tahun masih sangat aktif soal seks, bahkan mereka sering punya fantasi liar yang tidak mereka dapatkan di usia-usia sebelumnya. Dorongan seks pun menjadi lebih besar. Ini pada akhirnya membuat frekuensi berhubungan intim lebih sering atau mereka lebih mudah mencapai orgasme.

Otak memegang peranan penting

Otak merupakan salah satu organ paling vital di dalam tubuh. Semua organ punya peran masing-masing, tapi otak mengatur aktivitas hampir semua organ di dalam tubuh. Bahkan hasrat seksual juga berkaitan secara langsung dengan kinerja otak. Perlu diketahui, ada beberapa daerah otak yang meregulasi hasrat seksual. Yang pertama adalah ventral striatum. Area ini secara otomatis akan terstimulasi jika ada rangsangan seksual dari luar.

Ada pula area yang disebut amigdala. Ukurannya memang tidak begitu besar, tapi ini berpengaruh terhadap rangsangan seksual yang kita rasakan. Berikutnya adalah hipotalamus yang bekerja jika kita merasakan stimulasi seks yang intens. Area ini merilis substansi yang disebut dopamin. Anda juga mungkin sudah tahu bahwa substansi ini bisa memberikan sensasi senang pada tubuh. Di bagian luar otak terdapat lapisan yang disebut cerebral korteks. Area ini berfungsi mengatur pikiran soal seks. Ini akan berdampak pada produksi hormon seks di dalam tubuh.

Konsumsi obatan-obatan

Bukan rahasia lagi jika obat-obatan tertentu bisa berpengaruh terhadap performa seks. Itulah mengapa anda perlu mencari informasi jika mengalami penurunan libido, sementara di saat yang sama anda juga sedang mengkonsumsi obat-obatan. Bisa jadi penurunan hasrat tersebut dipicu oleh pengobatan yang sedang dijalani. Obat hipertensi dan antidepressan hanya beberapa contoh obat yang bisa mempengaruhi hasrat seksual.

Banyak pikiran membunuh gairah seks

Fakta ini tidak terbantahkan. Tidak hanya soal seks, melakukan apapun terasa melelahkan saat kita sedang banyak pikiran. Saat stress, produksi hormon kortisol menjadi meningkat. Akibatnya, penerimaan kita terhadap stimulasi seksual menjadi menurun. Stress yang berkepanjangan tidak hanya berakibat buruk terhadap aktivitas seksual saja, tapi juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Maka dari itu, anda harus mencari solusi mengatasi stress agar tidak berkepanjangan.

Memang hampir tidak mungkin menghindari stressor sebab setiap hari ada saja masalah menghampiri. Tapi kita bisa belajar mengelola stress agar tidak sampai menggerogoti tubuh dan pikiran. Stress juga bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Pasangan kita tetap punya ekspektasi soal seks. Jika kita tidak bisa memenuhinya dalam waktu yang lama akibat stress, ini bisa mempengaruhi mood-nya saat berhubungan intim.

Relaksasi bermanfaat baik

Jika anda mengalami penurunan libido yang tidak wajar, cobalah melakukan relaksasi. Salah satu aktivitas yang bisa anda lakukan adalah yoga. Tidak mudah melakukan yoga, jadi anda perlu mencari instruktur atau melihat panduan video. Luangkanlah waktu satu satu jam setiap hari untuk melakukan aktivitas ini. Yoga bermanfaat bagi seks dan kebugaran tubuh. Selain itu, yoga juga memberikan efek relaksasi. Stress dan masalah lain yang mempengaruhi hasrat seks bisa diatasi jika anda rajin melakukan yoga. Inti dari yoga tidak hanya mengatur pola pernafasan, tapi juga melatih kekuatan tubuh lewat berbagai gerakan. Itu tadi beberapa hal-hal penting menyangkut libido wanita.