Faktor Hormonal Yang Ada Pada Pria Dan Wanita

Faktor Hormonal Yang Ada Pada Pria Dan Wanita

Faktor hormonal yang terjadi pada pria dan wanita tentulah berbeda. Dengan mengetahui faktor – faktor tersebut Anda akan terhindar dari gejala – gejala penyakit yang tidak diinginkan. Pun Anda akan mampu melakukan pencegahan yang diperlukan. Pada wanita umumnya terdapat perubahan hormonal yang terlihat lebih jelas dan lebih sering dibanding dengan pria. Malahan perubahan ini mempengaruhi beberapa langkah kehidupan yang dijalani oleh wanita seperti saat pertama kali menstruasi dan saat kehamilan. Sedangkan pada pria berubahnya hormon biasanya muncul saat menjelang dewasa. Pada kasus yang buruk, ia bisa menyebabkan terjadinya infertilitas pada pria. Semua ini akan dibahas secara lengkap dan sederhana di sini. Faktor hormonal yang terjadi pada pria dan wanita berbeda. Perubahan hormonal dapat mempengaruhi kondisi fisik serta emosi mereka. Pada kondisi buruk, dapat terjadi infertilitas.

Perubahan Hormonal pada Wanita Saat Menstruasi

Faktor hormonal yang terjadi pada wanita lebih sering dan lebih variatif salah satunya adalah saat tengah mengalami menstruasi. Saat wanita tengah mengalami menstruasi ia akan mengalami beberapa perubahan hormonal yang mempengaruhi kondisi fisik serta emosi mereka. Menstruasi merupakan kondisi alamiah yang sering terjadi pada wanita. Umumnya wanita yang tengah menstruasi memiliki emosi yang lebih tidak stabil sehingga dalam keadaan tertentu ia akan meledak-ledak marah atau bersedih hati hingga seakan depresi. Kondisi seperti ini merupakan hal yang normal yang dipengaruhi dari perubahan tadi.

Masa menstruasi yang dialami oleh wanita pun berbeda dari satu yang lainnya. Biasanya wanita akan mengalami menstruasi setiap 15 hari hingga 40 hari atau bahkan hingga 3 bulan. Masa menstruasi yang dialami pun beragam mulai dari yang paling singkat sekitar 2 hari hingga yang paling lama 15 hari. Saat wanita mengalami menstruasi yang disebabkan oleh faktor hormonal ini ada baiknya bila Anda menjaga selalu kondisi tubuh Anda. hal ini dikarenakan biasanya menstruasi dibarengi dengan proses yang menyakitkan yang disebabkan oleh kurangnya nutrisi serta mineral dalam tubuh. Oleh karena itu Anda harus selalu menjaga tubuh Anda agar tetap stabil dan sehat.

Perubahan Hormonal pada Wanita Hamil

Saat Wanita tengah hamil, ia pun akan mengalami beberapa perubahan hormonal yang ditunjukkan melalui perubahan fisik. Hal yang paling umum yang dialami oleh wanita hamil adalah rasa nyeri yang menjalar ke seluruh tubuh khususnya pada area pinggul. Selain itu, pada bagian – bagian tertentu tubuh akan menjadi lebih sensitif. Wanita hamil juga biasanya mengalami kondisi yang dinamakan dengan morning sickness yang membuat tubuh menjadi lebih lemah dan seringkali diiringi dengan mual. Hal – hal ini disebabkan oleh faktor hormonal yang berubah secara naluriah akibatnya adanya perubahan dalam tubuh yakni tumbuhnya janin dalam tubuh.

Selain itu, kondisi tubuh wanita yang hamil juga akan berbeda. Kondisi fisik yang berbeda biasanya juga dibarengi dengan perubahan emosi. Oleh karena itu, ada baiknya bila wanita yang sedang hamil selalu dijaga dan dirawat. Perhatian yang penuh dapat membuat dirinya menjadi lebih aman dan tentunya tidak mengalami stress yang berlebih. Kondisi ibu hamil yang baik dengan kejiwaan yang stabil akan memberikan pengaruh yang baik pula pada kondisi bayi yang tengah dikandung. Di sisi lain Faktor hormonal ini juga memberikan efek pada tubuh pula. Pada ibu hamil, kondisi fisiknya menjadi lebih ringkih.

Beberapa gejala yang umum dialami adalah seperti kram di area kaki. Jika hal ini terjadi maka Anda dapat mengompres kaki dengan air dingin yang dilakukan dengan cara berdiri dengan telapak kaki menempel pada area dasar air. Selain itu Anda bisa juga menggunakan lantai yang dingin sebagai sarana untuk meringankan gejala kram pada kaki Anda. Kondisi lain seperti mual dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang tepat dan bergizi. Gejala – gejala ini merupakan salah satu penyebab dari adanya perubahan pada Faktor hormonal pada wanita. Ada pula perubahan hormon yang terjadi pada pria.

Perubahan Hormon pada Pria

Perubahan hormon pada pria biasanya dimulai ketika ia mulai menginjak dewasa yang ditAndai dengan adanya perubahan pada kondisi fisiknya. Ini merupakan perubahan yang normal. Namun ada kalanya pria mengalami perubahan yang tidak normal yang disebabkan oleh faktor hormonal yang tidak stabil dan rusak. Hal seperti apabila tidak diatasi bisa mengakibatkan infertilitas. Infertilitas menghalangi pria untuk menjadi pria yang subur. Dengan kata ia merupakan kemandulan yang banyak ditakuti oleh para pria. Oleh karena itu untuk menghindari hal – hal semacam ini ada baiknya bila Anda berkunjung ke dokter dan melakukan cek kesehatan rutin.