Definisi Kesehatan Dan Jenis-Jenis Kesehatan

Definisi Kesehatan Dan Jenis-Jenis Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Mungkin setiap hari Anda sering mendengar kata kesehatan. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu definisi sebenarnya dari kesehatan. Apa si sebenarnya kesehatan, Seberapa pentingkah untuk tubuh kita. Apa saja jenis kesehatan. Buat Anda yang sering bertanya hal tersebut. Artikel ini merupakan artikel yang tepat buat Anda. Saya akan menjelaskan secara rinci mengenai definisi kesehatan. Banyak orang yang mengira kesehatan dan kata sehat memiliki arti yang sama. Padahal secara harfia kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda. Kesehatan memang terdiri dari kata dasar sehat, tetapi artinya berbeda dengan kata sehat. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dibawah ini.

Pengertian Kesehatan Menurut Undang-Undang

Apa definisi kesehatan menurut undang-undang. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari jiwa, badan, social yang membuat setiap orang bisa hidup produktif secara ekonomis dan social. Lalu selain pengertian kesehatan. Ada upaya kesehatan yang berarti setiap kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah. Lalu tenaga kesehatan ada;ah orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan dan memiliki keterampilan dan pengetahuan mengenai bidang kesehatan melalui sebuah pendidikan. Sedangkan sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan. Ada banyak sekali istilah dalam bidang kesehatan lainnya. seperti pemeliharaan kesehatan, pendidikan kesehatan dan lain sebagainya.

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

Selain definisi kesehatan menurut undang-undang. Ada pengertian kesehatan menurut who. Kesehatan menurut who adalah suatu keadaan fisik, social kesejahteraan dan mental dan tidak hanya ketiadaan kelemahan atau penyakit. Pada tahun 1986 dalam piagam Ottawa WHO mengatakan kesehatan adalah sumber daya bagi kehidupan manusia sehari-hari, bukan hanya tujuan hidup kesehatan. Kesehatan harus menekankan konsep hidup positif yang menekankan pada sumber daya pribadi dan social serta kemampuan fisik seseorang. Perngertian kesehatan menurut who ini memang lebih luas dibandingkan pengertian kesehatan menurut undang-undang.

Jenis-Jenis Kesehatan

Anda sudah tahu apa saja definisi kesehatan menurut WHO dan undang-undang. Sekarang Anda harus tahu apa saja jenis-jenis kesehatan. Secara umum kesehatan manusia dibagi menjadi dua yaitu kesehatan mental dan kesehatan fisik. Untuk membentuk tubuh yang sehat dan utuh. Kedua jenis kesehatan tersebut harus saling mendukung satu sama lain. Anda tidak bisa hanya bisa menjaga kesehatan fisik saja atau kesehatan mental saja. Anda harus membuatnya seimbang satu sama lain. Lalu apa pengertian kesehatan mental dan kesehatan fisik.

Kesehatan Mental

Definisi kesehatan mental atau jiwa adalah kesehatan yang dilihat dari kondisi kejiwaan atau mental seseorang. Masalah kesehatan mental berhubungan dengan masalah pikiran atau keadaan yang membuat stress. Kesehatan mental ini memang terkadang sulit untuk dilakukan. Apalagi keadaan hidup saat ini sudah sangat memusingkan. Oleh karena itu banyak sekali orang cepat yang merasa stress. Di Negara-negara maju seperti jepang, korea, Singapore, china dan lainnya. Orang yang kesehatan mentalnya sangat banyak. Mereka mudah stress bahkan sampai ingin bunuh diri. Kesehatan mental terganggu bukan berarti dia gila. Orang yang cepat marah, mudah dendam, selalu berpikiran negative juga termasuk orang yang kesehatan mentalnya terganggu. Oleh karena itu Anda harus bisa mengontrol kesehatan mental dengan baik. Misalnya selalu berpikir positif, berjalan-jalan, melakukan yoga dan lainnya.

Kesehatan Fisik

Selain kesehatan mental ada kesehatan fisik atau tubuh. Definisi kesehatan tubuh adalah kesehatan yang dinilai langsung dari kondisi fisik manusia. Jadi kesehatan fisik lebih mudah terlihat dan di identifikasi dibandingkan kesehatan mental. Kesehatan fisik yang baik berarti Anda terhindar dari berbagai macam penyakit dan luka. Untuk bisa mendapatkan kesehatan fisik yang baik lebih mudah dilakukan dibandingkan kesehatan mental. Misalnya dengan olahraga, menjaga pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat bisa membuat kesehatan fisik Anda semakin baik.

Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan kesehatan. Anda sudah tahu definisi kesehatan dan apa saja jenis kesehatan. Selain itu Anda sudah tahu seperti apa pentingnya kesehatan. Entah itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Anda harus menjaga kesehatan fisik dan mental dengan baik. Supaya hidup Anda lebih tenang dan bahagia. Didalam tubuh yang sehat pasti ada jiwa yang sehat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.