Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kelamin Wanita

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kelamin Wanita

Alat kelamin wanita merupakan organ intim wanita yang harus dijaga kesehatannya. Miss V menjadi organ yang sangat sensitif jadi rentan terkena berbagai penyakit oleh karena itu harus dilakukan perawatan yang benar untuk menjaga kesehatan kelamin wanita agar tetap bisa berfungsi secara optimal dan terhindar dari penyakit-penyakit yang mungkin bisa menimbulkan gangguan pada alat kelamin. Menjaga kesehatan kelamin wanita merupakan hal utama yang harus dilakukan agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kelamin wanita. Kebersihan dari kelamin itu sendiri akan memberikan pengaruh bagi kesehatan kelamin wanita, oleh karena itu perlu cara-cara berikut ini untuk tetap sehat dan bersih.

Selalu Membersihkan Miss V

Membersihkan kemaluan menjadi salah satu langkah untuk menjaga kesehatan kelamin bagi wanita. Membersihkannya pun dilakukan sesering mungkin karena hampir setiap hari kita sebagai wanita akan selalu berinteraksi langsung dengan miss V misalnya saat buang air baik yang besar maupun kecil. Pada saat tersebut akan ada kuman-kuman dan bakteri yang muncul sehingga setelah buang air kita harus membersihkan dengan membasuh menggunakan air bersih, caranya pun tidak bisa sembarangan, sebisa mungkin dilakukan dari depan menuju belakang dengan pelan-pelan. Jika kalian membasuhnya dari belakang kedepan akan sangat besar adanya bakteri yang akan menempel di vagina dan menjadi infeksi.

Membersihkan miss V juga perlu dilakukan saat setelah melakukan hubungan seksual. Hal ini akan berfungsi dalam membuang berbagai bakteri yang muncul saat berhubungan. Wanita juga akan selalu mengalami menstruasi setiap bulannya, sehingga untuk menjaga kesehatan kelamin wanitanya sering-sering mengganti pembalutnya karena pembalut sejatinya terdapat bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada miss V. Memilih pembalut yang aman juga perlu dipertimbangkan mengingat saat ini sudah beredar berbagai macam pembalut dengan bahan-bahan yang berbeda.

Dalam menjaga kebersihan miss V hindari memakai sabun yang biasa dipakai untuk mandi. Hal itu dikarenakan sabun mandi bisa membunuh bakteri baik di vagina. Sebaiknya menggunakan sabun khusus untuk membersihkan vagina agar tidak menimbulkan hadirnya penyakit. Selain itu menjaga kesehatan kelamin juga harus dilakukan dengan pemakaian kain khusus untuk miss V misalnya celana dalam yang digunakan sebisa mungkin yang berbahan nyaman dan juga menggunakan handuk sendiri yang di khususkan untuk membersihkan miss V wanita.

Selalu Mencukur Rambut Kelamin

Mencukur rambut pada kelamin juga termasuk menjaga kesehatan kelamin karena rambut yang ada disekitar miss V bisa menjadi sarang bakteri, bayangkan saja jika rambutnya tidak dicukur dan lebat sudah pasti bakteri akan senang bersarang disitu. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pencukuran jika dirasa sudah menganggu atau sudah lebat untuk meminimalkan bakteri datang dan bersarang yang nantinya malah membuat miss V kita menjadi gatal sampai infeksi dan timbul berbagai penyakit.

Selalu Makan Makanan Sehat

Hal yang paling mudah untuk selalu menjaga kesehatan kelamin adalah mengatur pola makan, sering kali wanita tidak menyadari akan pentingnya makanan terhadap kesehatan kelaminnya. Menyadarinya saat sudah terlanjur kena suatu penyakit yang ternyata disebabkan karena terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, makanan yang sehat berperan paling penting untuk kesehatan miss V seperti sayuran hijau, buah-buahan dan juga air mineral akan membantu mempertahankan miss V untuk selalu sehat dan terasa segar. Selain makan yang sehat juga harus diimbangi dengan rutin berolahraga, disamping menjaga kesehatan tubuh juga sekaligus menjaga kesehatan alat kelamin kita.