Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Memiliki berat badan berlebih pasti menjadi hal yang menyeramkan. Entah itu untuk wanita maupun pria. Memiliki tubuh gemuk membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit dan membuat penampilan tidak menarik. Ketika berat badan bertambah pasti Anda ingin sekali segera menurunkannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dari cara yang alami sampai cara praktis dengan sedot lemak. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan alami, lebih baik menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Anda bisa melakukan diet yang sehat. Jangan pernah melakukan diet yang ketat karena akan membuat tubuh Anda semakin rusak. Berikut ini beberapa cara sehat menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan. Cara sehat menurunkan berat badan bisa Anda lakukan dengan mudah, jika Anda niat yang tinggi dari dalam diri Anda.

 

Atur Pola Makan

Buat Anda yang sering makan sembarangan, cobalah untuk mengatur pola makan Anda. Makanlah secukupnya sesuai dengan kebutuhan di dalam tubuh Anda. Anda bisa tetap makan tiga kali sehari, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Porsi nasi bisa Anda kurangi dan perbanyak porsi lauk dan sayurannya. Anda juga bisa mengganti nasi dengan makanan berkarbohidrat lainnya. Seperti pasta, nasi merah, atau gandum. Karbohidrat yang terdapat didalam pasta, nasi merah dan gandum berbeda dengan karbohidrat yang terdapat di nasi. Konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak didalam nasi, akan membuat tubuh cepat gemuk. Perbanyaklah konsumsi sayuran, terutama sayuran hijau yang rebus. Kurangi konsumsi makanan yang berlemak dan mengandung minyak tinggi. Cara sehat ini sangat mudah untuk dilakukan.

Olahraga 30 Menit Perhari

Cara sehat menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan olahraga minimal 30 menit perharinya. Buat Anda yang tidak mempunyai banyak waktu, pasti sulit untuk berolahraga setiap harinya. Untuk menurunkan berat badan, Anda cukup melakukan olahraga 30 menit perharinya saja. Ini sudah cukup untuk membakar semua lemak didalam tubuh. Kalau pun tidak bisa, Anda bisa melakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu. Anda bisa jogging, jalan-jalan, senam, atau melakukan yoga. Ada banyak gerakan senam dan yoga yang bisa Anda lakukan sambil duduk dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Jadi ketika bekerja Anda masih tetap bisa berolahraga.

Awali Dengan Air Putih

Selalu air putih, air putih dan air putih. Air putih memang memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Air yang mudah didapatkan tapi memiliki sejuta manfaat. Salah satu cara sehat menurunkan berat badan adalah dengan mengawali hari dengan air putih. Pada pagi hari setelah bangun tidur, minumlah air putih minimal satu gelas, ini akan membantu menghilangkan racun didalam tubuh. Selain itu sebelum makan cobalah untuk konsumsi air putih. Konsumsi air putih sebelum makan, akan membuat perut menjadi kenyang. Jadi Anda tidak ingin makan dalam jumlah yang banyak. Minumlah air putih minimal 8 gelas perharinya.

Jangan Banyak Ngemil

Anda sudah mengurangi porsi makanan, tapi Anda masih banyak ngemil. Ini akan membuat cara sehat menurunkan berat badan Anda sia-sia saja. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi ngemil Anda. Terutama ngemil makanan yang mengandung banyak msg dan garam. Jangan ngemil makanan yang mengandung garam, minyak dan terlalu manis. Jenis makanan tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih gemuk karena akan tertimbun menjadi lemak. Jika ingin ngemil. Gantilah cemilan Anda dengan makanan yang lebih sehat. Seperti buah-buahan. Salad sayuran, salad buah dan masih banyak lainnya.

Jangan Balas Dendam

Banyak orang yang balas dendam ketika sedang diet atau menurunkan berat badan. Misalnya seminggu sekali makan enak sepuasnya atau setelah olahraga langsung konsumsi makanan yang banyak. Cara ini akan membuat cara sehat menurunkan berat badan Anda sia-sia saja. Jangan pernah balas dendam terhadap makanan ketika diet. Walaupun setelah makan banyak, Anda kembali ke diet lagi. Tubuh tidak bisa merespon dengan baik, sehingga tetap meningkatkan berat badannya. Jika ingin makan enak boleh saja, tapi dengan porsi yang normal.

Dalam cara sehat menurunkan berat badan yang paling penting adalah adanya kemauan yang tinggi dari diri Anda. Jika Anda tidak disiplin dan bertekat untuk menurunkan berat badan. Pasti Anda akan malas untuk melakukannya. Carilah motivasi untuk menurunkan berat badan. Berikan penghargaan untuk Anda ketika berhasil menurunkan berat badan. Jangan paksa diri Anda sampai tidak makan sama sekali. Tetaplah makan secara teratur tapi dalam porsi yang berbeda.