Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Struktur organ vital wanita memang bersifat khas. Saluran vagina senantiasa terbuka sehingga sangat mungkin bakteri atau bibit penyakit masuk dalam area tersebut. Oleh karena itu, seorang wanita yang telah beranjak dewasa wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan alat kelamin mereka. Mengapa demikian, karena saat wanita menginjak usia matang akan mudah sekali terserang penyakit reproduksi. Kesehatan alat kelamin wanita harus senantiasa dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Maka sedari remaja usahakan anda membiasakan diri untuk menjaga kesehatan dan kebersihan alat kelamin.

Membersihkan organ terdalam memang terkadang menyulitkan. Bila kita tidak memperhatikan bahan pembersih, maka bukan tidak mungkin alat kelamin anda akan terkena infeksi. Saat menjaga kesehatan reproduksi, wanita harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah kebersihan dari organ vital itu sendiri. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan alat kelamin wanita yang baik dan benar? Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Untuk menjaga kondisi daerah kewanitaan agar tetap sehat, maka biasakan untuk membersihkan alat kelamin setelah selesai buang air kecil maupun besar. Gunakan air bersih dengan jumlah cukup agar pembersihan maksimal. Cara berikutnya adalah dengan mencukur bulu kemaluan secara berkala. Pasalnya rambut halus tersebut merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri dan kutu. Nah, jika sudah ada bakteri yang bersarang maka kesehatan alat kelamin anda akan terganggu. Tentunya hal tersebut dapat membuat anda tidak nyaman. Anda bisa mencukur bulu halus tersebut minimal sebulan sekali.

Bagi anda para wanita, disarankan untuk menghindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat. Karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan alat kelamin. Lebih baik gunakan pakaian dalam yang sedikit longgar dan terbuat dari bahan katun. Bahan seperti ini sangat baik untuk menyerap getah dan keringat di area organ kewanitaan. Karena setiap bulannya para wanita dewasa mengalami siklus menstruasi, maka anda harus lebih ekstra menjaga kebersihan. Gantilah pembalut minimal dua kali sehari. Akan lebih baik lagi anda mengganti pembalut setelah empat jam pemakaian. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan kuman yang muncul pada kondisi ini.

Terkadang kita para wanita menggunakan sabun pembersih kewanitaan untuk menjaga kebersihan area intim. Namun, hindari penggunaan sabun kebersihan yang menggunakan bahan kimia. Pasalnya kandungan tersebut dapat membahayakan organ kewanitaan. Cobalah produk herbal yang lebih aman. Selain itu jagalah kelembaban organ kewanitaan agar jamur tidak mudah tumbuh. Tidak hanya menjaga kebersihan saja, namun perhatikan juga pH vagina agar tetap stabil pada kisaran 3,5 sampai 4,5. Pada pH tersebut bakteri baik akan mudah berkembang dan akan menjaga kesehatan alat kelamin anda.

Hal-hal Penting Dalam Menggunakan Obat Pembersih

Selain menjaga kebersihan alat kelamin wanita secara konvensional, tentu anda juga menggunakan sabun pembersih. Perlu anda ketahui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemakaian. Sebaiknya hindari penggunaan sabun sirih dalam jangka panjang. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem yang ada. Maksudnya adalah bisa saja bakteri baik di daerah intim akan terbunuh. Selain itu, hindari pula pembersih kewanitaan yang mengandung providone iodine. Bahan ini merupakan salah satu bahan yang menjadi pemicu reaksi dermatis. Jika anda menggunakan pembersih dengan bahan ini, anda akan merasakan gatal-gatal di area kewanitaan. Disamping melakukan perawatan sebaiknya anda juga melakukan pemeriksaan rutin untuk memeriksa kondisi abnormal. Dengan demikian kesehatan alat kelamin wanita anda benar-benar terjaga dengan baik.