Cara Menuntaskan Infeksi Jamur Pada Wanita

Cara Menuntaskan Infeksi Jamur Pada Wanita

Infeksi jamur pada wanita adalah masalah yang cukup serius dan bisa mengganggu kenyamanan saat bercinta. Infeksi jamur ditandai dengan rasa gatal dan keluarnya cairan berwarna putih dari organ intim. Penyebabnya tidak lain adalah Candida Albicans. Sebagian wanita pernah berhadapan dengan masalah ini dalam hidupnya. Tapi anda tidak perlu khawatir sebab saat ini ada berbagai macam treatment untuk memberantas jamur pada area kewanitaan.

Beberapa kondisi juga bisa mempercepat pertumbuhan jamur, diantaranya adalah HIV dan diabetes. Ada satu fakta yang perlu anda ketahui, yaitu bahwa penyakit ini tergolong normal dan lazim dialami oleh wanita. Area kewanitaan adalah lingkungan yang sensitif terhadap pertumbuhan mikroorganisme. Harus ada bakteri baik untuk menjaga keseimbangan PH. Bakteri yang dimaksud adalah Lactobacillus acidophilus. Gangguan PH pada organ intim bisa memicu tumbuhnya jamur. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Lalu, bagaimana cara menuntaskan infeksi jamur pada wanita?

Konsumsi probiotik

Perkembangan jamur bisa dicegah dengan mengkonsumsi probiotik secara rutin. Bakteri ini terdapat di dalam berbagai jenis makanan. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak pilihan, seperti buttermilk, keju, yogurt, dan susu kedelai. Berbagai makanan kemasan juga diformulasikan dengan probiotik. Anda hanya perlu membaca label pada kemasan makanan.

Biasanya disana tertera apakah makanan tersebut mengandung probiotik di dalamnya atau tidak. Mengingat probiotik tersedia dalam bentuk suplemen, anda bisa memilih cara ini agar lebih praktis. Beli saja suplemen probiotik, lalu minum sesuai dengan dosis yang disarankan. Selain tablet, probiotik juga dikemas ke dalam bubuk. Cara konsumsinya adalah dicampur dengan air, lalu diminum.

Makanan prebiotik

Berbeda dengan makanan probiotik, makanan prebiotik tidak secara langsung berisi bakteri baik di dalamnya. Tapi makanan ini tetap penting untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik tersebut. Ada banyak pilihannya, seperti pisang, madu, kacang polong, dan rami. Anda perlu mengkonsumsi sekitar 3 hingga 8 gram makanan prebiotik setiap hari. Sementara itu, hindarilah makanan berkadar gula tinggi sebab jenis makanan ini mudah merangsang pertumbuhan jamur.

Bawang putih

Mengapa bawang putih efektif untuk pengobatan infeksi jamur? Karena di dalamnya terdapat kandungan anti jamur. Silakan kombinasikan ini dengan pengobatan dari dokter. Untuk infeksi jamur ringan, dokter akan menyarankan anda lebih banyak memakai bawang putih karena alami dan tidak punya efek samping. Cara pakainya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mengupas 1 atau 2 biji bawang putih, lalu ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, usapkan langsung ke permukaan organ intim. Ini tidak hanya bisa menghambat pertumbuhan jamur, tapi juga bisa menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan.

Infeksi jamur parah pun bisa diobati dengan bahan alami ini. Tapi sebaiknya anda juga mengkonsumsi obat-obatan medis agar khasiatnya lebih terasa. Infeksi yang sudah parah ditandai dengan rasa gatal tak tertahankan dan lendir yang keluar terus-terusan. Untuk terapi, anda bisa mengiris halus beberapa siung bawang putih. Sebarkan secara merata pada organ intim pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya, angkat lalu cuci bersih area kewanitaan anda.

Cuka sari apel

Cuka sari apel juga termasuk bahan alami, jadi minim efek samping. Anda bisa memakainya dengan mencampurkan cuka ke dalam air bersih, lalu dimasukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke permukaan Miss V secara merata, tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi terapi 2 kali sehari agar jamur cepat berkurang. Encerkanlah dulu sebelum memakai sebab cuka sari apel punya keasaman yang tinggi dan bisa mengiritasi kulit. Itu tadi beberapa cara menuntaskan infeksi jamur pada wanita.