Cara Menjaga Kesehatan Wanita Secara Seksual

Cara Menjaga Kesehatan Wanita Secara Seksual

Seks bukanlah hal yang tabu dan tidak seharusnya menjadi perbincangan yang tabu sebab dengan mempelajarinya, kita jadi lebih mengenal organ reproduksi dan mengetahui masalah-masalah apa saja yang seringkali terjadi. Kesehatan wanita secara seksual perlu mendapatkan perhatian serius. Seperti halnya pria, wanita juga menghadapi masalah klasik seperti keputihan, penyakit menular seksual, libido rendah, dsb. Semuanya butuh penanganan yang berbeda. Misalnya saja problem orgasme. Beberapa wanita mengalami kesulitan untuk mencapai kepuasan seksual.

Beberapa wanita hanya melakukan seks sebagai rutinitas dalam berumah tangga. Seks seharusnya menjadi pengalaman menyenangkan bagi anda, bukan malah sebaliknya. Kesulitan mencapai orgasme bisa dialami oleh siapa saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa melakukan self-stimulation atau masturbasi. Masturbasi adalah hal yang normal. Jangan merasa aneh atau takut jika ingin mencobanya. Problem klasik lainnya adalah kehilangan hasrat seksual. Setiap orang punya tingkat libido yang berbeda. Tidak jarang wanita kehilangan nafsu seksual saat sudah memasuki usia tertentu. Kondisi ini juga kerap diikuti dengan kesulitan mencapai orgasme. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi, seperti stress, sakit fisik, kebosanan, dsb.

Masalah lainnya adalah penyakit menular seksual, sering mengintai mereka yang suka bergonta-ganti pasangan. Tidak ada yang salah dengan berhubungan seks, tapi jika suka melakukannya dengan banyak orang, anda harus paham dengan semua resikonya. PMS atau Penyakit Menular Seksual adalah momok menakutkan bagi banyak orang. Bukan hanya HIV/AIDS saja yang masuk ke dalam kategori ini, tapi juga herpes, gonorea, sifilis, dll. Untuk menghindarinya, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan memakai pengaman saat berhubungan intim. Namun jika anda tetap setia dengan satu pasangan, penularan penyakit seksual tidak perlu terlalu dikhawatirkan.
Lalu, apa saja tips untuk menjaga kesehatan wanita? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Berolahraga secara rutin

Olahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun kaitannya dengan kesehatan seksual, aktivitas ini bisa memperbaiki vitalitas tubuh. Melakukan olahraga 20 menit dalam sehari terbukti bisa menjaga keterangsangan seksual. Olahraga melatih otot-otot tubuh yang mana berkaitan langsung dengan aktivitas seksual wanita. Efek positifnya sangat banyak, termasuk bisa menghilangkan stress, mencegah obesitas, penuaan dini, dll. Tubuh yang sering dilatih juga terlihat lebih kencang dan seksi. Ini secara tidak langsung akan mendongkrak sex appeal / daya tarik seksual anda.

2. Jaga kesehatan organ intim

Menjaga kesehatan wanita tidak sulit. Mulai dengan membasuh organ kewanitaan memakai sabun antiseptik. Kebanyakan masalah pada organ intim terjadi akibat perkembangbiakan jamur dan bakteri. Dengan menghambat pertumbuhan organisme merugikan tersebut, area kewanitaan akan menjadi lebih sehat. Namun harap perhatikan bahwa tidak semua bakteri bersifat merugikan. Ada pula yang disebut sebagai bakteri baik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan organ intim. Kemudian, pakai pakaian dalam yang terbuat dari katun sebab bahan ini menyerap keringat dan membantu mencegah kelembaban. Lingkungan lembab mendorong pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur. Jika pertumbuhannya tidak terkendali, masalah seperti keputihan bisa muncul dengan mudah.

3. Check up rutin

Seperti disampaikan di awal, tidak ada yang tabu dengan seks serta organ reproduksi. Jangan pernah takut pergi ke dokter jika mengalami masalah pada organ intim. Dokter bisa memberi saran dalam berbagai hal, termasuk meningkatkan kesuburan dan gairah seksual. Dokter juga bisa memberi tips aman bagi mereka yang aktif secara seksual dan suka berhubungan dengan pasangan yang berbeda. Pemeriksaan rutin bisa mengantisipasi munculnya penyakit menular seksual. PMS bisa diobati, jadi jika diketahui lebih awal, prosesnya akan lebih cepat dan mudah.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi

Makanan adalah bahan bakar bagi tubuh. Apa yang masuk ke tubuh akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Khusus untuk menjaga kesehatan wanita, anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan berikut. Yang pertama adalah yogurt. Makanan ini bisa membantu memerangi infeksi jamur pada organ intim. Di dalamnya terdapat kandungan probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh. Asam lemak omega-3 juga baik untuk dikonsumsi karena bisa menjaga kondisi mood.

Ada banyak pilihan makanan yang kaya omega-3, diantaranya adalah ikan mackerel, hering, sarden, tuna, dan salmon. Berikutnya, anda bisa mengkonsumsi produk kedelai yang kaya akan fitoestrogen. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan aktivitas estrogen di dalam tubuh. Selain itu, berbagai masalah seperti Miss V kering juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan ini.