Cara Meningkatkan Kepercayaan Pasangan

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pasangan

Menjadi orang yang bisa dipercaya tidak mudah. Tapi ini bisa dilakukan dengan melatihnya. Anda harus belajar bagaimana memberikan kepercayaan kepada orang di lingkungan sekitar anda. Ini dengan harapan supaya mereka bisa membalasnya dengan memberikan kepercayaan kepada anda. Hal ini tidak hanya penting di ruang lingkup pergaulan saja, tapi juga dalam hubungan percintaan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kepercayaan pasangan?

1. Jaga kepercayaannya

Hal terburuk yang mungkin terjadi dalam sebuah hubungan adalah kehilangan kepercayaan dari pasangan. Seseorang biasanya akan kehilangan kepercayaannya setelah dibohongi berkali-kali. Jadi sebelum sampai di titik tersebut, belajarlah untuk menghargai dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan. Ia tentu berharap yang terbaik dari anda. Kepercayaan tidak hanya soal perasaan saja, tapi juga mencakup banyak hal, seperti materi, pekerjaan, pergaulan, dsb. Lalu, bagaimana caranya menjaga kepercayaan? Caranya adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak pasangan anda inginkan. Ini memang tidak mudah, tapi bisa dilatih.

2. Tunjukkan kekurangan

Sudah seharusnya sebuah hubungan dilandasi penerimaan terhadap kelebihan dan kekurangan pasangan. Jangan hanya mau yang baik-baiknya saja sebab tidak ada yang sempurna. Selain menerima kekurangannya, beritahu juga agar ia mau menerima semua kekurangan anda. Karakter orang itu berbeda-beda. Terkadang ada kekurangan yang mudah kita terima, ada pula yang sulit. Tapi apapun itu, pada akhirnya anda tetap harus belajar menerima semua kekurangan pasangan meskipun terasa sulit. Dalam hubungan percintaan, apalagi yang sudah menjadi suami-istri, tidak ada alasan lagi bagi masing-masing untuk menyembunyikan sesuatu. Ungkapkan saja semuanya agar nanti pasangan tidak merasa kaget setelah menyadari semua kekurangan anda.

3. Minta maaf jika salah

Ini juga merupakan salah satu cara penting meningkatkan kepercayaan pasangan. Minta maaf lebih sulit daripada berterima kasih. Itu karena kita punya ego di dalam diri yang sulit untuk ditaklukkan. Beberapa orang sudah terlatih untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan sejak kecil. Tapi ada pula yang kesulitan melakukannya hingga beranjak dewasa. Dalam setiap permasalahan di dalam sebuah hubungan, pasti ada pihak yang benar dan salah. Jika seandainya anda berada di pihak yang salah, maka tidak ada alasan untuk tidak meminta maaf. Tidak melakukannya perlahan bisa mengikis rasa percaya pasangan terhadap anda. Maka dari itu, jangan segan untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf jika telah melakukan kesalahan. Ini merupakan jalan untuk membina hubungan yang lebih baik.

4. Jangan mudah men-judge negatif

Ada istilah don’t judge a book by its cover. Memberikan tanggapan pribadi terhadap masalah yang menimpa pasangan memang mudah. Tapi jika masalah tersebut menimpa diri anda, tentu akan sangat menyakitkan jika ada orang yang berkomentar semena-mena terhadap permasalahan tersebut. Jika pasangan menghampiri anda untuk menyampaikan keluh kesah, jangan mudah terpancing emosi meskipun masalah tersebut menyakiti perasaan anda. Seseorang yang sering mengalami penolakan atau mendapatkan komentar negatif saat menyampaikan masalah bisa kehilangan kepercayaan dirinya. Jika ini terjadi di dalam hubungan percintaan, komunikasi bisa terputus karena salah satu pihak tidak bisa menghargai pasangannya. Belajarlah menjadi pendengar yang baik, jangan hanya mau didengarkan saja.

5. Patuhi janji

Apakah anda punya kebiasaan ingkar janji? Ini merupakan salah satu faktor penyebab mengapa seseorang bisa kehilangan kepercayaannya terhadap anda. Jika menjanjikan sesuatu kepada pasangan, maka penuhilah. Misalnya anda berjanji untuk hadir dalam candle light dinner yang sudah dirancang, maka sempatkanlah hadir meskipun pekerjaan di kantor sedang menumpuk. Atau misalnya anda berjanji untuk membersihkan rumah hari minggu. Bangunlah lebih awal untuk menuntaskan pekerjaan tersebut. Jangan biasakan diri membuat janji dan mengingkarinya. Kebiasaan ini tidak hanya bisa berdampak buruk untuk hubungan percintaan anda, tapi juga hubungan anda bersama teman-teman. Kuncinya adalah jangan buat janji yang tidak bisa ditepati.

6. Mau berubah

Kehilangan kepercayaan dari pasangan bisa saja terjadi. Ia mungkin jadi sulit lagi percaya dengan semua perkataan anda. Jika sudah begini, memperbaikinya akan sangat sulit. Tapi dengan kesabaran, ia mungkin bersedia memberikan kesempatan kedua bagi anda. Tapi catatannya untuk kali ini anda benar-benar harus mau berubah. Jika kembali mengulangi kesalahan dulu, berikutnya akan lebih sulit untuk membuatnya percaya lagi. Semoga tips untuk meningkatkan kepercayaan pasangan tadi bisa membantu anda.