Berbagai Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Berbagai Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat penting dikonsumsi setiap hari sebab ada banyak manfaat yang diberikan kepada tubuh. Makanan bernutrisi penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh, tulang, dan otot. Yang termasuk makanan bergizi antara lain makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Lemak pun sebenarnya penting, tapi takarannya perlu dibatasi. Konsumsi lemak berlebih akan membuat berat badan naik dengan mudah. Selain itu, lemak juga tidak baik untuk kesehatan kardiovaskuler. Ada beberapa macam lemak, yang tergolong buruk adalah lemak jenuh dan lemak trans. Lemak trans bisa ditemukan pada makanan seperti daging serta makanan yang diproses.

Lemak trans berdampak pada naiknya kolesterol jahat di dalam tubuh dan menurunkan kolesterol baik. Lemak jenuh berbeda dengan lemak trans, tapi banyak orang bingung membedakan keduanya. Lemak jenuh bisa ditemukan di dalam produk susu seperti keju dan mentega serta daging-dagingan. Tidak peduli berapa usia anda, mengkonsumsi makanan sehat adalah hal yang sangat penting. Kebiasaan ini sebaiknya dimulai sejak dini. Manfaatnya bisa dirasakan setelah mengikutinya selama beberapa bulan. Selain kesehatan meningkat, bobot tubuh juga akan terjaga.

Yang terpenting dari pola makan sehat bukan hanya asupan nutrisinya saja, tapi juga porsinya. Makan sehat memang penting, tapi jika porsinya berlebihan, ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Beberapa jenis makanan mengandung kalori relatif lebih sedikit. Anda bisa fokus mengkonsumsinya jika tidak ingin bobot tubuh melonjak drastis. Berikut ini adalah beberapa manfaat makanan bergizi:

1. Menjaga berat badan

Seperti disampaikan sebelumnya, makanan sehat sangat bervariasi dan jumlah kalorinya juga berbeda. Daripada mengkonsumsi makanan berlemak yang punya banyak efek negatif bagi kesehatan, akan lebih baik jika anda menggantinya dengan makanan berserat. Makanan berserat selain mengandung kalori yang terjaga, juga membuat perut cepat kenyang. Dengan begini selera makan anda menjadi lebih terkontrol. Ini perlu menjadi bagian dari menu harian anda jika ingin mencapai berat badan ideal.

Ada berbagai jenis makanan berserat yang bisa dikonsumsi, seperti gandum, jagung, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur, dsb. Buah juga baik untuk menjaga berat tubuh sebab kandungan kalorinya tidak terlalu besar. Mengkonsumsi buah tidak akan cepat menaiknya berat badan anda. Semua buah sehat, tapi kandungan nutrisinya berbeda. Jangan sampai tubuh mengalami malnutrisi karena tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Daging juga penting sebab kandungan protein di dalamnya tergolong tinggi. Pilihan makanannya antara lain ikan, unggas, udang, kerang, dsb.

2. Menambah daya ingat

Siapapun yang tidak ingin mengalami pikun usia dini perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi. Makanan sehat memberikan suplai gizi kepada organ-organ tubuh, termasuk otak. Memori otak jika tidak sering dilatih bisa menurun, tapi makanan juga punya kontribusi besar. Makanan yang kaya vitamin B6 dan B12 baik untuk memelihara kesehatan otak dengan menjaga kadar homosistein di dalam tubuh. Kelebihan zat ini di dalam tubuh bisa meningkatkan resiko dementia. Sumbernya ada banyak, seperti biji-bijian, sayur berwarna hijau, serta sereal fortified. Omega-3 juga bisa membantu, zat ini bisa didapatkan dari salmon dan tuna.

3. Menjaga mood dan menghilangkan stress

Karbohidrat merupakan sumber serotonin, zat yang penting untuk menjaga kondisi mood. Karbohidrat kompleks bahkan lebih baik karena juga bisa membantu menstabilkan gula darah. Ada banyak yang bisa dikonsumsi, seperti ikan, yogurt, dan ayam kalkun. Sementara itu, jika ingin mengontrol kondisi pikiran atau mencegah stress, silakan pilih makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Vitamin C dan magnesium juga bisa membantu menjaga kestabilan emosi dan mengurangi stress.

4. Mencegah penyakit berbahaya

Mengkonsumsi makanan bergizi juga bisa menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit berbahaya. Banyak orang saat ini meninggal akibat serangan jantung dan komplikasi diabetes. Kedua penyakit ini berkaitan erat dengan pola makanan yang tidak sehat. Masalah jantung seringkali dipicu konsumsi makanan berkadar garam dan lemak tinggi. Ini bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan memicu serangan jantung dan stroke. Sementara itu, diabetes disebabkan oleh konsumsi makanan berkadar gula tinggi.

Soft drink misalnya memiliki kadar gula yang tinggi, padahal minuman ini sangat disukai oleh banyak orang. Untuk menghindari penyakit, anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya lemak monounsaturated dan polyunsaturated. Kedua jenis lemak ini bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti minyal kanola, minyak zaitun, alpukat, dsb. Sementara itu, biji-bijian merupakan sumber utama serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.