Berapa Sih Frekuensi Bercinta yang Normal dalam Seminggu?

Berapa Sih Frekuensi Bercinta yang Normal dalam Seminggu?

Jakarta, Berbicara soal hubungan ranjang, salah satu yang kerap dipertanyakan pasangan suami istri adalah frekuensi mereka bercinta dikategorikan normal, terlalu jarang, atau terlalu sering. Pada dasarnya, berapakah frekuensi bercinta yang normal?

“Pada pasangan yang belum lanjut usia, berhubungan intim sekali atau dua kali seminggu sudah termasuk kategori normal. Jika Anda melakukannya lebih juga tak masalah,” tutur terapis seks dari Sydney Sex Therapy, Amanda Robb.

Asalkan, dikatakan Robb kondisi fisik dan psikis kedua belah pihak bugar dan tidak ada masalah. Sebab, jika suami atau istri sedang tidak bugar, misalnya sedang sakit atau stres, hal ini akan berdampak pada kepuasan bercinta pasutri.

Jika frekuensi bercinta terbilang jarang, Robb menekankan tak ada masalah dan bukan berarti rumah tangga Anda tidak wajar. Sebab, keintiman antara suami dan istri tak melulu harus dengan berhubungan seks.

“Banyak faktor yang memengaruhi gairah bercinta seseorang. Bagi pasutri, jika mereka bisa tetap intim dan bahagia hanya dengan menghabiskan waktu berdua, itu tidak masalah kan?” kata Robb.

Senada dengan Robb, kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (14/10/2014), seksolog dr Andri Wanananda MS mengatakan hubungan intim yang sehat harus dilakukan ketika kondisi suami atau istri dalam keadaan bugar, atas kehendak bersama, serta tidak mengganggu rutinitas sehari-hari.

“Meskipun memang pada pasangan lansia frekuensi bercinta tentu amat jarang. Tapi yang penting diperhatikan, saat bercinta suami atau istri harus bugar secara seksual di mana kebugaran ini ditentukan oleh kebugaran jasmani dan psikis,” tegas dr Andri.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply