Beragam Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan

Hampir semua orang tahu manfaat sayuran untuk kesehatan. Sayuran banyak macamnya, sehingga kita bisa memilih mana saja yang disukai. Asupan sayuran dibutuhkan setiap harinya. Jangan hanya makan daging saja hanya karena enak. Sayuran jika diolah dengan rempah-rempah juga pasti akan terasa enak. Usahakan beli sayur segar, namun jangan lupa mencucinya hingga bersih agar bebas dari pestisida dan zat-zat berbahaya lainnya. Selain menyehatkan, sayur juga murah. Harganya relatif lebih rendah daripada daging, tapi kandungan nutrisinya tidak kalah. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus mengkonsumsi sayuran untuk kesehatan:

1. Bergizi tinggi

Sayur punya kandungan nutrisi tinggi yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu mencegah munculnya penyakit-penyakit serius. Ini karena di dalamnya ada banyak kandungan penting seperti potassium, folat, magnesium, Vitamin A, C, K, dan yang lainnya. Sayur juga mengandung banyak serat. Seperti yang kita tahu, serat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, serat juga sangat baik untuk program diet. Dengan kandungan kalori yang rendah, sayur adalah pilihan yang tepat bagi anda yang ingin menjaga berat badan. Konsumsi sayur bisa menghindarkan anda dari penyakit serius seperti stroke dan penyakit jantung. Sayuran segar lebih baik daripada sayur yang sudah diproses.

2. Sumber vitamin dan mineral

Sayur merupakan sumber utama vitamin dan mineral. Di dalamnya terdapat Vitamin B kompleks yang penting untuk menjaga pertumbuhan tubuh serta kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Fungsi lainnya adalah untuk merangsang produksi hormon serta membantu pengolahan karbohidrat yang masuk ke tubuh. Sayuran yang banyak Vitamin B-nya adalah sayur hijau, jamur, buncis, serta kentang.

Potassium juga terdapat di dalam sayur, fungsinya adalah untuk menjaga tekanan darah. Defesiensi zat ini bisa menyebabkan masalah pada ginjal. Jadi konsumsilah sayuran seperti seledri, bayam, dan tomat karena di dalamnya terdapat potasium. Beberapa sayuran juga mengandung Vitamin C yang tinggi. Zat ini berperan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan akar dari berbagai masalah kesehatan. Selain, konsumsi Vitamin C yang memadai juga bisa membantu memperbaiki kinerja tulang, gigi, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Sayuran yang banyak Vitamin C-nya antara lain bawang merah, ubi jalar, dan paprika merah.

3. Menjaga berat badan

Kalori di dalam secangkir sayuran hanya 25 kalori. Ini jauh lebih rendah daripada kebutuhan kalori harian. Nah, jika anda ingin mempertahankan berat badan atau menurunkannya, sebaiknya memasukkan sayuran ke dalam menu makanan harian. Jadikan ini sebagai makanan ringan daripada mengkonsumsi snack atau yang lainnya. Snack sama sekali tidak mengenyangkan, selain itu kandungan kalorinya juga tinggi. Maka tak heran mereka yang suka ngemil menemui kesulitan untuk mengontrol berat badan. Sayur bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Anda bisa mencari ide masakan di buku resep atau mencarinya di internet. Mengolahnya bisa dengan dikukus, direbus, ditumis, atau dimakan mentah seperti salad.

4. Tidak berat di kantong

Daging memang enak, tapi harganya cukup memberatkan kantong. Apalagi menjelang momen seperti lebaran, harga daging biasanya akan melonjak drastis. Sayuran punya harga lebih murah dari daging, jadi tidak ada salahnya untuk membatasi konsumsi daging dan memperbanyak sayuran. Selain merasakan efeknya pada keuangan anda, kesehatan anda juga akan menjadi lebih baik. Ajari seluruh anggota keluarga untuk suka dengan sayuran. Sayur tersedia di pasar-pasar tradisional maupun swalayan. Tidak susah sama sekali untuk menemukannya.

5. Ada banyak ragamnya

Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditemukan di pasar, seperti toge, brokoli, bayam, sawi, kangkung, kol, kentang, terong, daun singkong, dsb. Semuanya bisa diolah menjadi masakan bercitarasa lezat. Rasa sayur berbeda-beda. Jadi jika ada anggota keluarga yang tidak suka sayur karena menganggap rasanya membosankan, cobalah mengolah jenis sayur yang lainnya.

Ada banyak sekali resep berbahan dasar sayur yang bisa anda coba. Namun begitu, sebaiknya tidak menyetok terlalu banyak di dalam kulkas karena sayur cepat layu. Beli secukupnya saja untuk beberapa hari. Jika sudah habis, silakan datang lagi ke pasar untuk membelinya. Nah, sekarang anda tahu betapa besarnya manfaat sayuran untuk kesehatan. Mulai dari sekarang biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan sehat ini setiap harinya.