Beberapa Hal Penting Seputar Terapi Seks

Beberapa Hal Penting Seputar Terapi Seks

Tidak ada yang perlu ditakutkan dari terapi seks. Jika anda punya ekspektasi negatif soal terapi yang satu ini, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut. Terapi seks merupakan salah satu cara mencari solusi terkait permasalah seks yang dihadapi. Banyak masalah seks seperti libido rendah dan sulit orgasme terjadi akibat faktor psikis. Terapis bisa membantu anda mengidentifikasi masalah tersebut. Seks adalah hal yang sangat natural, jadi profesi sebagai pakar seks juga tidak seharusnya membuat anda takut. Kami ingin mengungkap beberapa hal penting seputar terapi seks.

Sama seperti konseling

Jika anda pernah mengikuti konseling sebelumnya, seharusnya anda sudah siap untuk mengikuti terapi seks. Silakan datang langsung ke kantor terapis dan bicarakan permasalahan yang dihadapi disana. Setiap orang memiliki permasalahan yang berbeda-beda, jadi perlu pendekatan personal agar terapis bisa memahami problem anda.

Terapi seks dilakukan oleh mereka yang sudah mendapatkan training memadai dalam bidang rehabilitasi permasalahan seks. Berkaitan dengan hal tersebut, pasien biasanya akan diminta untuk memberikan informasi sedetil-detilnya seputar kehidupan seks mereka. Informasi tersebut diperlukan agar terapis bisa mengidentifikasi masalah secara tepat.

Banyak berbicara aspek emosi

Seperti konseling pada umumnya, terapis akan banyak menyinggung aspek emosi dan psikologis. Tidak bisa dipungkiri, seks memang berkaitan erat dengan emosi. Banyak orang mengalami penurunan performa seks dan libido akibat stress berkepanjangan. Disini tugas terapis diperlukan untuk mencari tahu faktor-faktor yang berkontribusi terhadap masalah seks yang sedang pasien hadapi.

Anda mungkin akan diminta untuk mengungkap apa yang anda rasakan ketika ingin berhubungan intim dengan pasangan. Apakah ada perasaan bosan atau enggan, kemudian apakah komunikasi berjalan lancar atau tidak. Komunikasi merupakan dasar dari terapi seks. Jika anda tidak bersedia mengungkap kehidupan seks anda secara detil, terapis akan kesulitan untuk menemukan akar permasalahannya.

Beberapa hal penting seputar terapi seks 2

image source: ozlemustunyurt.com

Diberikan tugas

Konsultasi hanya merupakan salah satu sesi treatment. Untuk selanjutnya anda tetap perlu melakukan berbagai saran yang diberikan oleh terapis. Salah satunya adalah melakukan latihan untuk meningkatkan fokus. Latihan tersebut biasanya dilakukan secara bertahap, dimulai dengan menyentuh bagian-bagian tubuh, masturbasi, dll. Tujuannya adalah untuk mengembalikan sensitivitas yang dulu pernah dimiliki.

Sensitivitas terhadap stimulasi seringkali menjadi permasalahan utama. Stress dan usia merupakan 2 faktor yang sangat berpengaruh terhadap kondisi ini. Anda perlu melatih diri untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap rangsangan seksual. Jika sudah berhasil meningkatkan gairah seks, anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan mengajak pasangan berhubungan intim.

Tidak harus datang berdua

Selama ini ada anggapan bahwa untuk menjalani terapi seks, suami dan istri harus datang bersama ke tempat praktek. Ini tidak benar sebab tidak semua orang dalam status menikah. Beberapa sudah bercerai atau belum pernah menikah sama sekali. Apapun status anda, konsultasi seks tetap bisa dilakukan. Tapi bagi mereka yang sudah menikah, memang sangat disarankan untuk datang berdua sebab masalah seks di dalam rumah tangga bukan hanya tanggung jawab salah satu pihak saja, melainkan berdua. Perkenalkan pasangan anda kepada terapis dan konsultasikan semua permasalahan bersama-sama.

Tidak perlu buka baju

Terapi seks tidak seperti tes medis yang mengharuskan anda membuka baju untuk memeriksa bagian tubuh. Secara garis besar, terapi seks merupakan konsultasi. Anda akan diberikan berbagai pengarahan, tapi biasanya tidak disertai dengan kewajiban untuk melepas pakaian. Nah, itu tadi beberapa hal penting seputar terapi seks. Ini bukan merupakan solusi wajib bagi setiap pasangan. Tapi bagi anda yang sudah putus asa menghadapi semua permasalahan yang ada, tidak ada salahnya datang dan mengobrol dengan terapis.