Baru Lahir, Eh Bayi Ini Sudah Punya Dua Gigi Depan

Baru Lahir, Eh Bayi Ini Sudah Punya Dua Gigi Depan

Wales, UK, Setelah putrinya lahir, Chloe Pullen berencana akan langsung memberinya ASI eksklusif. Namun ia kaget bukan kepalang ketika mengetahui putrinya sudah memiliki dua gigi depan. Padahal biasanya gigi bayi baru akan tumbuh di usia 4-7 bulan.

Chloe melahirkan anak keduanya, Rose Esme melalui operasi caesar di University Hospital of Wales, Cardiff. Saat sadar, suaminya, Daniel langsung mengabarkan kepadanya bahwa bayi mereka lahir dalam keadaan sudah memiliki gigi utuh. Chloe pun terkaget-kaget dibuatnya.

“Katanya para bidan tak pernah melihat seorang bayi yang sudah memiliki gigi (saat lahir) sebelumnya. Semua orang yang mendengar kabar ini langsung mendatangi bangsal kami untuk melihatnya,” kisah Chloe seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (21/9/2014).

Meskipun agak kebingungan, namun kedua pasangan ini merasa bersyukur Rose lahir dengan selamat. Tak lupa mereka memotret kedua gigi si kecil lalu mengirimkannya ke teman-teman dan keluarga mereka.

“Giginya sudah terlihat utuh, hanya saja lebih kecil dari gigi pada umumnya,” imbuh Chloe.

Menurut keterangan dokter, kondisi yang dialami Rose biasa disebut dengan ‘natal teeth’ atau gigi yang telah muncul ketika bayi dilahirkan. Dan ‘natal teeth’ memang cukup langka karena hanya terjadi pada satu dari 2.000-3.000 bayi.

Biasanya ‘natal teeth’ muncul di atas gusi bawah dan memiliki struktur akar yang masih sederhana sehingga belum begitu menancap dengan kuat. Uniknya, ini bukanlah pengalaman pertama di keluarga Chloe. Ternyata ibu dari Chloe atau nenek Rose juga lahir dengan satu gigi depan.

Gigi Rose pun akhirnya dicabut oleh dokter tiga hari pasca kelahirannya. Sebelum dicabut, Rose hanya diberi makan dengan menggunakan botol susu.

Dokter mengatakan mereka perlu segera mencabut gigi Rose karena dikhawatirkan gigi-gigi itu akan tertelan bila nantinya bisa lepas dengan sendirinya. Gigi ini juga dapat melukai lidah si bayi ketika menyusui dan membuat sang ibu kesakitan kala memberikan ASI-nya.

Beruntung ketika melakukan IMD (inisiasi menyusui dini), Chloe tak merasakan sakit pada puting maupun payudaranya. Rose pun tampak tak terganggu. Namun setelah dicabut, barulah Chloe dapat menyusui putrinya dengan nyaman dan penuh kasih sayang.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply