Bahaya Rokok Mengancam Nyawa

Bahaya Rokok Mengancam Nyawa

Merokok adalah aktifitas muda-mudi yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Kini penikmat rokok rupanya semakin hari terus meningkat tanpa mempedulikan bahwa rokok dapat mengancam keselamatan hidup secara perlahan. Tahukah Anda bahwa bahaya rokok dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada organ dalam tubuh manusia dan apabila hal tersebut telah terjadi maka upaya untuk sembuh sangatlah kecil. Diketahui bahwa di dalam 1 batang rokok saja terdapat kandungan zat yang sangat mematikan yaitu sekitar 3.000 zat kimia. Namun hanya sebagian saja zat kimia yang dapat dikenali yaitu ada sekitar 700 zat kimia. Untuk Anda yang ingin tahu zat bahaya apa saja yang terdapat di dalam rokok serta apa saja bahaya rokok untuk kesehatan maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Zat Berbahaya Pada Rokok & Pengaruhnya Untuk Tubuh

Zat kimia rokok yang sangat berbahaya ada Acrolein yang merupakan zat cair tanpa warna. Zat ini memiliki kandungan alkohol yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. kemudian ada Karbon Monoxida yang merupakan gas tanpa bau. Ketika zat karbon ini masuk ke dalam tubuh maka hemoglobin akan membawa zat tersebut menuju ke seluruh otot tubuh. akibatnya seseorang akan mengalami kekurangan oksigen sehingga sulit bernafas. Kemudian ada Nikotin yang merupakan zat minyak tanpa warna. Zat ini dapat membuat seseorang menahan rasa lapar dan akibatnya sangat buruk untuk kesehatan.

Bahaya rokok sangat jelas terjadi akibat adanya zat Ammonia yang merupakan gas tanpa warna. Zat ini terdiri atas hidrogen dan juga nitrogen yang baunya cukup tajam. Zat ini dapat masuk ke dalam sel tubuh dengan sangat mudah dan apabila sudah masuk ke dalam aliran darah maka dapat membuat seseorang menjadi pingsan atau bahkan koma. Kemudian ada Formic Acid yang merupakan zat cair tanpa warna namun memiliki bau yang cukup tajam. Zat ini dapat bergerak dengan bebas dan leluasa untuk dapat membentuk lepuh. Dan ada Hydrogen Cyanide yang merupakan zat tanpa warna, tanpa bau, dan juga tanpa rasa. Zat ringan ini sangat mudah terbakar dan didalamnya terdapat banyak kandungan racun yang apabila masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kematian.

Bahaya merokok untuk tubuh juga dapat terjadi akibat adanya zat Nitrous Oxide yang merupakan gas tanpa warna. Apabila gas ini dihisap maka keseimbangan seseorang menjadi kurang dan timbulah rasa sakit. Kemudian ada Formaldehyde yang merupakan gas tanpa warna namun berbau tajam. Gas ini merupakan bahan pengawet dan dapat digunakan untuk membasmi hama namun tidak baik di konsumsi oleh manusia. Kemudian masih ada Phenol yang merupakan zat campuran kristal yang di produksi oleh zat organik seperti arang dan kayu. Zat ini dapat menghalangi fungsi enzim dan dapat terikat di dalam protein.

Juga ada kandungan Acetol yang merupakan zat pemanas aldehyde. Ada Hydrogen Sulfide yang merupakan gas berbau keras yang sangat mudah terbakar. Gas ini dapat mencegah kerja oxidasi enzim yang di dalamnya terdapat zat besi berupa pigmen. Kemudian masih ada Pyridine yang merupakan zat cair tanpa warna namun berbau tajam. Zat ini adalah alkohol yang dapat membunuh hama dan tidak baik di konsumsi oleh manusia.

Kandungan berbahaya lainnya yang terdapat di dalam rokok adalah Methyl Chloride yang merupakan zat campuran hidrogen dan karbon. Ini merupakan zat beracun yang dapat membius. Kemudian ada Methanol yang merupakan zat cair ringan yang sangat mudah untuk menguap dan terbakar. Jika masuk ke dalam tubuh maka zat ini dapat menyebabkan kebutaan dan kematian. Kemudian ada zat kimia bernama Tar yang merupakan zat cair berwarna hitam atau coklat tua yang diperoleh dari stilasi arang atau kayu. Zat ini dapat menyebabkan terjadinya kanker pada paru paru.

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui dari bahaya rokok. Pada bungkus rokok juga sudah tertera dengan sangat jelas bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan. Dengan adanya slogan tersebut harusnya penikmat rokok benar benar memperhatikan bahwa rokok dapat menyebabkan kematian dan asapnya tidak baik jika dihirup oleh orang orang di sekitar yang bisa di katakan sebagai perokok pasif. Oleh sebab itu hentikan kebiasaan buruk merokok mulai saat ini dan lebih sayangi kesehatan tubuh Anda.

Bahaya rokok untuk kesehatan tubuh sangat banyak sekali. Dengan merokok maka seseorang tersebut akan membunuh nyawanya secara perlahan. Dan oleh sebab itu segera hentikan aktifitas buruk tersebut.