Bagaimana Cara Memelihara Libido Saat Menopause

Bagaimana Cara Memelihara Libido Saat Menopause

Menopause merupakan masa yang setiap wanita pasti alami. Di satu sisi, banyak wanita merasa senang mengalami menopause sebab mereka tidak perlu lagi berurusan dengan mestruasi dan kehamilan. Tapi di sisi lain, memasuki menopause berarti kita harus siap dengan berbagai perubahan fisik dan hormon di dalam tubuh. Salah satu dampak yang paling terasa adalah hasrat seksual menurun secara drastic. Anda mungkin tidak seenergik dulu di atas ranjang. Menurunnya hasrat seksual bisa berdampak pada dinamika hubungan anda bersama pasangan. Bagaimana cara memelihara libido saat menopause?

Pertama, cari tahu dulu penyebabnya. Salah satu yang berperan besar adalah perubahan hormon di dalam tubuh. Adalah fakta bahwa produksi hormon cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Jika kadar estrogen di dalam tubuh menurun, ini akan mempengaruhi berbagai aspek fisik dan seksual. Misalnya anda akan kesulitan mengalami orgasme. Selain itu, vagina juga menjadi mudah kering. Masalah lain yang sering muncul adalah adalah rasa sakit ketika melakukan penetrasi. Rasa sakit tersebut dipicu oleh kurangnya produksi lendir di area organ intim.

Solusi untuk masalah ini adalah mengaplikasikan pelumas dari luar karena itu satu-satunya cara untuk memudahkan penetrasi. Rasa sakit yang muncul sering dijadikan alasan bagi wanita untuk mengurangi bahkan berhenti berhubungan intim. Di usia senja pria biasanya masih punya cukup tenaga untuk melakukan aktivitas seksual. Tapi ketika pasangannya tidak bisa mengimbangi karena mengalami rasa sakit rasa, ini bisa berdampak pada hubungan keduanya. Menopause juga bisa menimbulkan masalah lain seperti berkeringat di malam hari dan kelelahan. Banyak juga yang mengalami kenaikan berat badan selama periode tersebut. Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Terapi medis

Salah satu terapi yang bisa dicoba adalah injeksi ekstrogen ke dalam tubuh, misalnya saja lewat ring, tablet, atau cream. Wanita juga perlu mengaplikasikan pelumas saat berhubungan intim. Pelumas dirancang secara khusus agar memudahkan pria memasukkan penis ke dalam vagina. Selain itu, pelumas biasanya aman untuk area kewanitaan, jadi tidak usah takut memakainya.

Bagaimana cara memelihara libido saat menopause

image source: 17h43.com

Saling menerima

Ketika wanita tidak mampu memenuhi kebutuhan seksual pasangannya karena alasan medis, maka pria perlu mengerti kondisi tersebut. Tapi anda juga bisa mencoba terapi medis kalau mau. Menerima kekurangan masing-masing baik untuk kebaikan bersama. Jika keduanya sering berselisih paham karena tidak kompatibel soal seks, ini bisa menimbulkan keretakan dalam rumah tangga. Komunikasikanlah semuanya dengan pasangan untuk menghindari konflik.

Terus berhubungan intim

Yang juga penting adalah melakukan seks secara rutin. Meskipun ada rasa tidak nyaman, tapi jika seks berhenti begitu saja, ini justru bisa membuat vagina menjadi semakin ketat dan sulit untuk dimasuki. Pada akhirnya, memulai hubungan intim akan terasa lebih sakit dari sebelumnya. Anda juga perlu melakukan konseling dengan terapis. Konseling dibutuhkan bagi pasangan usia lanjut terutama mereka yang memiliki masalah intimasi. Menurunnya libido pada wanita merupakan proses yang natural. Jika pria sulit menerimanya, terapis perlu turun tangan langsung untuk menjembatani keduanya. Inti dari konseling adalah mencari jalan keluar dengan saling memahami kondisi masing-masing.

Pupuk rasa cinta

Pondasi dasar membangun rumah tangga adalah nafsu dan cinta. Ketika anda baru menikah, kedua rasa ini biasanya hadir dalam porsi yang sama besar. Tapi seiring waktu, seks akan mulai terasa berkurang frekuensinya dan rasa cinta terasa lebih dominan. Ini merupakan sesuatu yang wajar dan untuk menyikapinya, anda perlu lebih mendekatkan diri secara personal. Kami yakin ketika usia pernikahan sudah memasuki usia yang matang, masih ada banyak rasa cinta tersisa di antara keduanya. Banyak yang justru mengalami rasa cinta yang lebih kuat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Itu tadi bagaimana cara memelihara libido saat menopause.