Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Keluarga?

Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Keluarga?

Keluarga merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Keluarga sering menjadi tempat kita mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Sebuah keluarga terdiri atas ibu, ayah, dan anak-anak. Kesehatan bagi semuanya sangat penting. Jika anda ingin memelihara kesehatan keluarga, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, anda perlu mencari tahu riwayat kesehatan keluarga. Beberapa penyakit bersifat herediter atau diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Kita harus tahu ada diantara anggota keluarga yang membawa faktor resiko tersebut.

Misalnya jika keluarga anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka dengan mengetahuinya anda bisa mengambil langkah-langkah preventif agar penyakit ini tidak terjadi pada keturunan selanjutnya. Mencari riwayat penyakit di dalam sebuah keluarga tidak hanya bisa dilakukan dalam ruang lingkup terkecil atau di dalam keluarga inti saja, tapi juga bisa diperluas ke orang tua, kakek, nenek, serta generasi sebelumnya. Jika tidak ada riwayat penyakit serius, memelihara kesehatan keluarga tetap perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Periksakan kondisi kesehatan secara rutin

Check up rutin perlu dilakukan terutama jika anggota keluarga sudah memasuki usia kepala 4 karena faktor usia erat kaitannya dengan munculnya penyakit. Semakin tua, kemungkinan penyakit serius bersarang di dalam tubuh semakin besar. Dengan melakukan check up rutin, anda bisa melakukan tindakan preventif atau kuratif agar penyakit tidak semakin serius. Pemeriksaan kesehatan juga perlu untuk anggota keluarga yang kecil. Anak-anak perlu mendapatkan imunisasi sejak dini agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, kondisi kesehatan mereka juga perlu dipantau secara berkala.

2. Mendaftar asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan keluarga. Baik ayah, ibu, maupun anak-anak bisa dimasukkan dalam coverage asuransi agar nanti lebih siap jika mengalami sakit serius. Biaya pengobatan saat ini sangat mahal. Jika mengandalkan gaji saja, mungkin anda akan kesulitan menyiapkan dana jika suatu saat ini ada anggota keluarga yang mengalami sakit serius. Premi asuransi memang cukup tinggi terutama untuk asuransi yang bersifat unit link, tapi manfaatnya jauh lebih besar daripada nilai yang dibayarkan. Dengan memiliki asuransi, biaya pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Prosesnya bisa melalui kartu cashless atau reimbursement (ganti rugi). Asuransi kesehatan yang disertai dengan investasi bisa menjadi alternatif jika anda ingin mendapatkan benefit lebih dari polis yang dipegang. Namun sebagai kompensasi, anda harus membayar lebih untuk mendapatkannya.

3. Mencuci tangan

Menjaga kesehatan keluarga bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti mencuci tangan. Ada banyak hal negatif yang bisa terjadi jika tangan sering kotor. Makan dengan tangan kotor bisa menimbulkan sakit perut karena bakteri dan organisme merugikan lain masuk ke dalam saluran pencernaan. Kuman dan bakteri bisa ditemukan dimana saja. Tangan kita bersentuhan dengan berbagai hal setiap harinya. Untuk menghindari penyakit akibat kuman dan bakteri, ajari seluruh anggota keluarga untuk mencuci tangan setiap kali makan atau setelah melakukan aktivitas kotor seperti bermain dengan hewan.

4. Makan 4 sehat 5 sempurna

Mencukupi kebutuhan nutrisi tidak sulit sebab makanan sehat bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, jagung, ubi, gandum, dsb. Lauk-pauk juga ada banyak pilihannya, seperti ikan, daging, tahu, tempe, telur, kerang, cumi-cumi, dsb. Lauk-pauk adalah sumber protein yang diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak serta menjaga vitalitas.

Kemudian buah dan sayur juga penting sebab ini merupakan sumber vitamin dan mineral. Buah dan sayur-mayur banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Jadi sebenarnya tidak susah jika anda ingin menjalani pola makan sehat. Namun begitu, perlu digarisbawahi bahwa beberapa jenis makanan mengandung zat-zat negatif seperti lemak trans dan kolesterol. Cari opsi yang lebih sehat atau batasi konsumsinya agar kesehatan anda dan keluarga tetap terjaga.

5. Ajak keluarga beraktivitas di luar

Untuk menjaga kesehatan keluarga, anda juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berolahraga setiap minggu atau kapanpun ada waktu luang bersama. Aktivitas yang bisa dipilih ada banyak, seperti bersepeda, berenang, hiking, jogging, dll. Selain menjadi sarana untuk menjaga vitalitas tubuh, aktivitas juga bisa secara langsung mempererat hubugan persaudaraan diantara semuanya. Berolahraga bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan sebab kita bisa saling bertukar pikiran dan bersenda gurau sembari mencari keringat.